Nintendo Berencana Bentuk Data Transfer Antar Konsol Switch

Harga yang cukup menarik
Harga yang cukup menarik

Nintendo telah berencana untuk mengenalkan sistem Data Transfer yang memudahkan kamu memindahkan save game maupun data game itu sendiri dari Nintendo Switch ke Nintendo Switch Lite terbaru.

Dilansir dari CNET melalui IGN, presiden direktur Nintendo of America Doug Bowser menyebut bahwa para pemain akan memiliki kemampuan untuk memindahkan data game maupun data simpan game ke device lain. Bowser sendiri belum menyebut sistem seperti apa yang tengah Nintendo rancang, namun ia menyebut bahwa masih banyak lagi fitur yang akan dihadirkan, tetapi hal tersebut nantinya akan hadir sendiri.

Sistem Data Transfer di Nintendo sendiri jarang sekali terdengar, namun dengan kabar tersebut, hal ini dapat menjadi harapan bahwa perusahaan asal Jepang tersebut telah memikirkan bahwa sejumlah pengguna Switch akan berganti device ke Switch Light, atau bahkan memiliki dua konsol tersebut diwaktu yang bersamaan.

Nintendo sendiri sempat dikabarkan akan merilis konsol ini pada Maret lalu. Walaupun begitu, realisasi konsol tersebut baru terjadi para Juli 2019.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan mengenai konsol ini ini, baik dari perbedaan dengan produk utama nya yaitu Nintendo Switch ataupun dalam hal game Nintendo Switch itu sendiri.

1. Tidak ada Joy-Con

Controller yang berbeda dengan Nintendo Switch

Controller pada nintendo Switch Lite sedikit berbeda dengan Produk utamanya Nintendo Switch, yaitu tidak ada nya Joy-Con, karenanya controller ini sudah menyatu langsung dengan konsol portable ini. Directional Pad pun diganti menjadi + Control Pad. Karena ini versi Lite, controller ini tidak memiliki fitur Getar dan IR Motion Camera.

2. Tidak bisa dihubungkan dengan TV

Nintendo Switch Lite tidak bisa terhubung ke TV

Nintendo Switch Lite tidak bisa anda hubungkan ke TV seperti mode Nintendo Switch yang biasa disebut “Dock Mode” , bisa disimpulkan produk ini mengusung konsep yang benar benar portable / handheld device.

3. Fitur online yang tidak berubah

Anda masih bisa bermain dengan Nintendo Switch biasa

Di video diperlihatkan anda masih bisa bermain dengan pengguna Nintendo Switch biasa, jadi tidak ada yang berubah di bagian fitur online. Dengan ini pengguna Nintendo Switch Lite dan pengguna Nintendo Switch masih bisa melakukan kegiatan mabar.

4. Ukuran yang lebih kecil

Ukuran yang lebih kecil dibandingkan nintendo switch

Bisa dilihat di perbandingan ukuran yang tertera di website nintendo, ukuran ini lebih kecil dibandingkan nintendo switch biasa. Dengan mengecil nya ukuran konsol ini, hal ini berarti layar yang tentunya lebih kecil dan bentuk yang lebih Compact.

5. Berharga di kisaran 19,980 Yen

Harga yang cukup menarik

Konsol portable ini dihargai sebesar 19,980 Yen dijepang. Bila dikonversi ke rupiah, Nintendo Switch mungkin dihargai sekitar 2 Juta – 2.5 Juta. Harga ini tentu harga yang menarik bila dibandingkan dengan Nitendo Switch yang dihargai 3 – 4 Jutaan saat ini di Indonesia.

Produk ini akan dirilis pada tanggal 20 September 2019, masih ada sekitar 2 Bulan untuk anda menabung. Mengenai info lebih lanjut anda bisa melihatnya disini.