Spesial Ennichisai 2019: Sebuah Siang Bersama Enka Girls

Sabtu ini (22/6) adalah hari pertama gelaran Ennichisai 2019. Pada hari pertama ini, kami tidak hanya berkesempatan untuk mengamati padatnya jalanan kawasan Blok M Square oleh para pengunjung dan ramainya suasana di sekitar Little Tokyo, namun kali ini kami juga berkesempatan menghadari konferensi pers sejumlah artis yang diundang ke Ennichisai, termasuk di antaranya Enka Girls.

Sekadar informasi saja, Enka Girls atau Enka Joshi Luminas-Gumi merupakan grup idol perempuan yang  mengangkat genre enka, yaitu genre musik balada khas Jepang yang populer pada era Showa. Dengan menggabungkan genre enka dengan electro pop dan membuat lagu bergaya kekinian, Enka Girls berharap agar genre musik enka dapat disenangi juga oleh anak-anak muda masa kini.

Pada tahun ketiganya berpartisipasi dalam Ennichisai, Enka Girls terlihat sangat bersemangat sepanjang konferensi tadi. Mereka sangat senang kebudayaan Jepang dihargai dan disenangi di Indonesia. Mereka juga amat senang karena diberi kesempatan untuk menghibur pengunjung Ennichisai lagi tahun ini.

Dalam konferensi pers tersebut, mereka berbincang mengenai banyak hal. Selain tentang budaya Jepang di Indonesia, Enka Girls membahas mengenai pertunjukan tahun ini di Ennichisai, anggota baru, hingga mimpi dan cita-cita mereka. Kira-kira, apa sih, yang menjadi jawaban mereka dari pertanyaan tersebut? Ini dia hasil liputan kami.

Q (Penanya): Ada nggak sih, penampilan yang berbeda dari kalian untuk tahun ketiga ini?

R (Risa, salah satu anggota Enka Girls): Yang jelas, yang berbeda dari tahun ini, membernya bertambah. Ada lima orang member baru.

 

Q: Apa perbedaan antara Enka Girls dan Eguru (sub-tim project girlband ini)?

R: Perbedaannya terletak di konsep dan juga lagu yang ditampilkan nanti. Eguru diproduseri oleh Ellegarden, jadi nuansanya akan lebih ke arah pop-rock.

 

Q: Apa impian yang ingin kalian capai saat ini?

R: Impian terbesar kami saat ini adalah kami ingin sekali tampil di Inbox (acara musik pagi di salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia).

 

Q: Adakah kota yang ingin kalian kunjungi selain Jakarta?

R: Bandung, Depok, dan Yogyakarta. Kami sendiri ingin pergi ke Bali.

 

Q: Apakah Enka Girls punya penampilan yang berbeda di panggung Ennichisai tahun ini?

R: Kami ingin mencoba perform sambil memutar-mutar handuk supaya bisa lebih seru dan penonton juga semakin bersemangat melihat kami.

 

Q: Apakah kalian punya project baru saat ini?

R: Dia (menunjuk Minami) ingin tinggal di Indonesia. Didoakan saja, ya, agar tercapai.

 

Q: Apa perasaan kalian bisa tampil di Ennichisai lagi tahun ini?

R: Rasanya seperti pulang kampung, karena kami sangat suka dengan Indonesia. Kami juga senang karena banyak orang di Indonesia menyukai budaya Jepang.

Sekian dulu wawancara dengan Enka Girls. Terima kasih kepada pihak panitia Ennichisai 2019 yang telah memberi kesempatan pada kami untuk dapat menghadiri acara ini dan dapat berbincang sejenak dengan Enka Girls. Melihat senyum para anggota girlband pada hari Sabtu ini, rasa-rasanya atmosfir menjadi sejuk di tengah-tengah cuaca yang panas.