KRL Commuter Line Mendadak ‘Ngomong’ Bahasa Jepang, Benarkah?

KRL Commuter Line Ex-Tokyo Metro 6000 Chidoya Line

Apa jadinya apabila anda hendak menuju Ennichisai 2019 menggunakan KRL Commuter Line dan tiba-tiba saja kereta yang anda tumpangi tiba-tiba saja bisa berbahasa Jepang? Kejadian tersebut mungkin jarang terjadi.

Kejadian unik tersebut diunggah oleh warganet Zen Maichiru dari grup C-Base. Kejadian tersebut terjadi saat seseorang tengah menumpang KRL Ex-Tokyo Metro 6000 menuju ke Stasiun Mangga Besar.

That's bug announcer 😂 Tokyo Metro Announcer again on Tokyo Metro 6000 hahaha.. end of announcer this true 🤣Pokoknya ini announcer kgk bakal paham klo bukan orang yg udh fasih bahasa Jepang mah kwkwkwkinframe : Tokyo Metro 6000 to Mangga Besar StationSource : Group chat of C-base (Sora Kaezaki)Ini cuma editan dan just for fun aja yah..jgn dibawa serius 😂

Posted by Zen Maichiru on Saturday, 15 June 2019

Pengumuman yang disampaikan dalam bahasa Jepang tersebut sesungguhnya hanyalah pengumuman mengenai stasiun pemberhentian berikutnya. Kejadian ini sendiri membuat sejumlah warganet angkat bicara. Misalnya Syahrudin Ifari, ia menyebutkan bahwa kereta bekas Tokyo Metro tersebut masih ‘terhubung’ dengan Jepang melalui GPS.

“GPS disana masih konek sama disini kejadian nya persis kaya saya di 05005 lintas loop JNG sampe LED nya pun ikut2-an GPS sono” tulisnya di kolom komentar.

Selain itu, warganet Irfan Muhammad menerjemahkan arti dari pengumuman tersebut:

Kereta ini hanya berhenti di Stasiun ōtemachi, kasumigaseki, omote sandō, yoyogi uehara.
Stasiun selanjutnya, Kita Senju, Kita Senju
STASIUN MANGGA BESAR

Sejumlah komentar warganet lain turut menyemarakan kolom komentar tersebut.

“Bayangin pas lu tidur,tiba-tiba suara announcernya gitu. Kan kaget tiba-tiba pindah ke jepang.”

“”wah bahasa apa ini!!!, Kereta antek asing nih !?!!” Yhahahaha”

“Gapapa biar penumpangnya berasa kyk plesiran di Japan naek densha”

Kejadian ini sendiri sebelumnya pernah terjadi pada tahun 2014, dimana KRL dengan model yang sama mengalami bug yang serupa. Dilansir dari Detikcom, kereta Commuter Line yang tengah menuju Sudimara itu tiba-tiba saja berbicara dengan bahasa Jepang, para penumpang di dalam kereta tersebut pun tertawa.

“Banyak yang tertawa sekaligus bingung karena pengumumannya pakai bahasa Jepang,” ujar Bonnie Triyana saat diwawancarai oleh Detikcom (8/9/2014).

Walaupun begitu, ternyata video yang diunggah oleh Zen Maichiru tersebut hanyalah hasil editing semata alias palsu! Hal tersebut dapat diketahui dari potongan audio yang tidak sinkorn, suara mesin kereta yang berbeda, dan volume suara yang tidak imbang.

Kendati demikian, perlu kita ketahui bahwa kereta-kereta ex-perusahaan kereta Jepang tersebut masih memungkinkan adanya kejadian serupa. Jadi, selamat mencari bug diantara banyak KRL Commuter Line!

KRL Commuter Line Ex-Tokyo Metro 6000

KRL Tokyo Metro seri 6000 ini merupakan kereta berjenis electric multiple unit yang dioperasikan oleh perusahaan kereta bawah tanah Tokyo Metro. Kereta ini sendiri digunakan pada jalur Chidoya sejak tahun 1971. Kereta ini sendiri diproduksi sejak 1968 dengan total 36 set dan 353 unit dibuat oleh Kawasaki Heavy Industries dan lainnya.

Di Jepang sendiri, kereta seri 6000 ini telah pensiun dari jalur Chidoya sejak 11 November 2018. Walaupun begitu, kereta ini sendiri ‘masih perkasa’ di jalur KRL Commuter Line berkat pembelian sejumlah kereta bekas dari Jepang ke Indonesia.