Beranda » Opini » Creator Gambar: Drama Redraw Dan Aturan Dalam Jual Beli

Creator Gambar: Drama Redraw Dan Aturan Dalam Jual Beli

Baru-baru ini, dunia Facebook dikejutkan (lagi) dengan drama redraw yang tidak mengenakkan bagi para creator atau artist dalam seni gambar. Salah satu pemilik akun FB berinisial AH dengan bangganya menjualbelikan karya gambar redraw miliknya. Gambar miliknya ini merupakan hasil redraw atau jiplak dari karya creator/artis gambar yang ada di internet. Para netizen pun mulai murka dan beramai-ramai memberikan kritik pedas terhadap AH.

Pada kesempatan kali ini, kami Nawala Karsa akan mencoba menjelaskan secara netral mengenai tindakan yang dilakukan oleh AH. Apakah tindakan menjualbelikan gambar redraw AH diperbolehkan atau tidak? Yuk kita cari tahu bersama.

Redraw Adalah Pengalaman Pertama Dalam Hobi Menggambar

Bagi kalian yang belum tahu, redraw adalah istilah untuk teknik menggambar dengan mengambil contoh dari gambar milik orang lain. Atau secara singkatnya redraw itu meniru gambar orang lain. Saya masih ingat dulu ketika masih polos hobi menggambar karakter waifu anime, saya sering meniru gambar yang ada di internet. Jadi setiap orang yang memiliki hobi menggambar atau bahkan saat ini sudah menjadi seorang creator seni gambar terkenal pasti pernah melakukan redraw dulu saat masih baru mengenal dunia ini.

Mengenai AH

Drama Redraw

Dari hasil pantauan kami, AH sepertinya seorang wibu yang memiliki hobi menggambar.  Nampaknya AH memiliki hobi menggambar dalam teknik redraw atau bahasa lokalnya jiplak. Namun yang paling sangat disayangkan dari hobi dia ini adalah hasil gambar redraw miliknya dijual beli kepada klien. Bukan itu saja. AH dengan bangganya memamerkan karya redraw di channel Youtube miliknya.

Drama Redraw Muncul Ke Permukaan

Kasus redraw yang dilakukan oleh AH akhirnya mulai muncul ke permukaan dan diketahui oleh banyak netizen. Bahkan sampai saat ini, AH nampak masih merasa bangga dengan tindakan jual beli redraw yang dia lakukan. Meskipun sudah banyak orang menjelaskan secara baik-baik kepada AH bahwa tindakan dia adalah salah, tapi dia tetap bersikeras menganggap usaha dia adalah benar.

Kesalahan AH Dalam Drama Redraw

Kami sudah mencoba bertanya kepada beberapa netizen hingga creator mengenai tanggapan mereka terhadap tindakan jual beli karya redraw oleh AH. Pastinya banyak mereka yang kesal dan marah terhadap AH. Jadi, apa saja kesalahan AH dengan jual beli karya redraw miliknya?

1. Ilegal

Drama Redraw

Satu hal yang pasti adalah menjualbelikan karya gambar redraw tanpa seizin pemiliknya adalah ilegal. Berarti siapa saja yang melakukan ini bisa dengan mudah kena kasus jika pemilik gambar yang ditiru menuntut masalah ini ke jalur hukum. Meskipun dengan berbagai alasan yang diucap oleh tersangka (dalam hal ini si AH) tetap saja pasti akan kena jeratan hukum pidana.

2. Hukum Agama

(Source: DevianArt)

Tindakan yang dilakukan AH ini sama saja seperti mencuri. Seperti yang kalian ketahui sendiri, mencuri sudah pasti dianggap merupakan perbuatan tidak terpuji. Dan dalam agama, perbuatan mencuri merupakan tindakan yang paling tidak disukai oleh Tuhan. Di agama manapun yang namanya mencuri sudah pasti merupakan perbuatan tidak benar meskipun zaman sudah modern.

3. Etika

Diantara para creator seni gambar, AH sudah melakukan etika yang tidak baik dalam bidangnya. Melakukan redraw cukup hanya sebatas belajar saja. Tidak perlu sampai menjualnya bahkan sampai mempromosikannya secara sengaja tanpa izin pemilik gambar yang dijadikan referensi. Kalau mau mencari profit, cobalah membuat karya hasil diri sendiri.

4. Keras Kepala

Drama Redraw

Meskipun sudah diperingatkan kepada para netizen, AH tetap keras kepala dengan memamerkan karya redraw-nya. Bahkan dia dengan santainya menganggap saran dari netizen merupakan salah satu bacotan yang gak penting menurutnya. Harus kuakui, teknik redraw AH memang bagus. Tapi alangkah baiknya jika dia mengembangkan lebih bakat menggambar yang dia miliki dan mencoba untuk membuat karya sendiri daripada redraw.

Dari pemantauan kami, nampaknya AH masih belum tahu banyak aturan dalam dunia creator atau artis seni menggambar. Mulai dari hak cipta, etika ataupun dalam mencari profit di bidang menggambar. Saat ini sudah mulai ada pergerakan anti redraw yang dilakukan oleh AH. Semoga saja drama ini cepat selesai sebelum diketahui banyak oleh orang di luar Indonesia.

Categories Opini

Leave a Comment

Loading...