Beranda » address » Penjualan Manga di Jepang Meningkat 1,9% pada Tahun 2018

Penjualan Manga di Jepang Meningkat 1,9% pada Tahun 2018

All Japan Magazine and Book Publisher’s and Editor’s Association (AJPEA) merilis laporan pada 25 Februari bahwa diperkirakan dari penjualan manga baik fisik maupun digital meningkat 1.9% di tahun 2018. Total penjualan mencapai 441.4 miliar Yen (sekitar 56 triliun Rupiah) di tahun 2018, dibandingkan dengan 433.0 miliar Yen (sekitar 55 triliun Rupiah) di tahun 2017.

Keterangan pada gambar, diagram biru adalah buku edisi jilid (tankōbon). Diagram jingga adalah majalah manga fisik. Diagram hijau adalah manga digital edisi jilid. Diagram merah adalah majalah manga digital.

Manga edisi jilid (tankōbon) tercatat meraup 158.8 miliar Yen (sekitar 20 triliun Rupiah; 4.7% menurun dibanding tahun sebelumnya), sementara majalah manga turun ke 82.4 miliar Yen (sekitar 10.5 triliun Rupiah; menurun 10.1%). Manga digital edisi jilid ditotal 196.5 miliar Yen (sekitar 25 triliun rupiah; meningkat 14.8%) dan majalah manga digital mencapai 3.7 miliar Yen (sekitar 471 miliar rupiah; meningkat 2.8%).

Manga digital menyumbang 44.9% dari total penjualan di tahun 2018. Perkiraan total dari penjualan digital ini belum termasuk pendapatan iklan dari aplikasi gratis maupun berbayar.

AJPEA telah merilis laporan pada tahun 2017 bahwa perkiraan penjualan fisik dari manga berjilid menurun sebesar 12% dari Januari hingga November di tahun itu.

Sumber: ANN

Manga Digital Menjadi Pilihan Terbaik Pembaca

Tampilan halaman depan situs Mangamon, penyedia manga digital legal yang sudah dilisensi di Indonesia.

Manga digital bisa dikatakan menjadi pilihan terbaik bagi para pembaca manga saat ini. Jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, penjualan manga digital selalu bertambah, dan manga fisik selalu menurun penjualannya. Tidak bisa dipungkiri, dengan perkembangan teknologi yang ada, manga digital bisa dikatakan bukan lagi pilihan alternatif, tapi pilihan utama para pembaca. Seperti yang sudah dikabarkan, manga digital menyumbang 44.9% dari total penjualan di tahun 2018. Bahkan perkiraan total dari penjualan digital ini belum termasuk pendapatan iklan dari aplikasi gratis maupun berbayar.

Di Indonesia pun sudah tersedia sebuah wadah untuk menyediakan manga digital legal, yaitu Mangamon. Mangamon adalah toko komik digital terbesar di Indonesia, yang bekerja sama dengan penerbit Elex Media Komputindo dan m&c!. Tidak hanya menyediakan komik dari penerbit Gramedia Group itu, mereka juga mempunyai beberapa judul yang langsung dilisensi oleh Mangamon. Di sana, kamu bisa membaca beberapa judul manga dari penerbit seperti Shogakukan dan Shueisha.

 

 

Loading...