Beranda » Tips Bijak Menggunakan Sosial Media, Menghindari dan Mencegah Hoax

Tips Bijak Menggunakan Sosial Media, Menghindari dan Mencegah Hoax

Nawala Karsa akan memberikan tips cara menggunakan internet dan sosial media dengan bijak agar kita semua bisa menghindari dan mencegah penyebaran berita bohong atau Hoax.

Zaman modern seperti saat ini, informasi bisa kita dapatkan dengan mudah di internet. Terlebih dalam hal berita terkini dan terpopuler. Informasi di dunia internet sangatlah luas dari berbagai negara. Berita-berita tersebut pasti di share atau dibagikan ke beberapa aplikasi sosial media seperti Facebook, Twitter, Whatsapp dan lain-lain.

Ada beberapa pihak tidak bertanggung jawab memberikan informasi dengan tidak benar dan jauh dari apa yang sebenarnya terjadi. Dan ada pula para netizen memanfaatkan kesempatan ini mengirim hal berbau SARA dan Hoax.

Informasi seperti itu bisa dengan mudah menyebar dikalangan netizen. Dan pada akhirnya kebenaran pun tertutupi dengan kebohongan. Tim Nawala Karsa akan memberikan tips-tips agar para pembaca dan netizen sosmed di Indonesia dapat lebih bijak menggunakannya.

Jangan ada berita bohong atau Hoax, hate speech, dan SARA yang bertujuan tidak baik bagi semua orang. Mari kita mulai saja tips-tips menurut tim Nawala Karsa.

Tips Bijak Sosial Media 1: Pahami Dulu Isi Berita

Tips Sosial Media Menghindari Mencegah Hoax
Memahami isi berita perlu dilakukan (Source: Wikihow)

Tips sosial media yang pertama ini sering kami temukan. Salah satu kebiasaan buruk netizen Indonesia di sosial media adalah kurangnya minat membaca. Maksud saya disini adalah banyak netizen Indonesia tidak membaca berita sampai habis.

Bahkan ada pula yang hanya puas dengan membaca judulnya saja yang rata-rata bersifat click bait. Baca sampai selesai dan pahami dulu isi beritanya biar kita tidak salah informasi dari apa yang sebenarnya terjadi.

Tips Bijak Sosial Media 2: Jangan Terpancing Emosi

Orang sabar dicintai Tuhan, makanya cepat mati (Source: Twitter)

Tips yang ke-2 ini berhubungan dengan sebelumnya. Salah satu reaksi berantai saat seseorang membaca sebuah berita tanpa memahami terlebih dahulu isi dan maksud di dalamnya. Tidak pula dari mereka terpancing emosi karena adanya perbedaan pendapat satu sama lain. Tetap tenang dan berpikir jernih apapun berita yang kalian baca.

Tips Bijak Sosial Media 3: Cari Berita yang Sama dari Sumber Lain

Tips Sosial Media Menghindari Mencegah Hoax
Perlu ada koreksi berita dari berbagai sumber untuk mengetahui kebenaran informasi yang dibaca (Source: Wikihow)

Ada banyak situs berita yang bisa didapatkan di internet. Mereka memiliki tujuan yang sama, yaitu memberikan informasi berita terkini kepada para pembaca.

Tapi harap diingat bahwa ada beberapa pihak yang sering membuat berita-berita yang tidak benar atau Hoax. Terkadang mereka juga melebih-lebihkan berita tersebut agar mendapatkan rating tinggi dan bisa menaikkan jumlah pembaca. Biasanya yang  seperti ini sering muncul di sosial media seperti Facebook, Twitter dan Whatsapp.

Pastikan kalian melakukan koreksi dan memeriksa berita dari sumber lain. Agar kita bisa mengetahui fakta sebenarnya berita tersebut tanpa perlu khawatir termakan Hoax.

Tips Bijak Sosial Media 4: Jangan Share Konten Kekerasan

Tips Sosial Media Menghindari Mencegah Hoax
Pasti ada aturan jelas mengenai konten kekerasan di tiap sosial media

Setiap ada berita membahas kejadian teroris atau kekerasan berujung dengan pembunuhan yang disertakan video, netizen seakan-akan berlomba-lomba share video tersebut. Padahal sudah ada aturan mengenai postingan seperti ini. Membagikan berita ataupun postingan berbau kekerasan dan pembunuhan sangatlah tidak baik.

Harap diingat bahwa diantara banyak netizen, terdapat anak-anak dibawah umur yang menggunakan sosial media. Kita sebagai orang yang lebih tua menyadari hal ini. Jangan merasa dengan mengirim seperti video kekerasan, kalian sudah dianggap hebat, psikopat atau edgy.

Tips Bijak Sosial Media 5: Jangan Merasa Dirimu Adalah Manusia Paling Sempurna

Tips Sosial Media Menghindari Mencegah Hoax
Orang akan merasa kesal dengan sikapmu yang seakan merasa manusia paling sempurna (Source: Wikihow)

Saya dan tim Nawala Karsa sering menemukan beberapa netizen yang merasa dialah manusia paling sempurna di dunia. Sering sekali mereka memberikan caption atau keterangan terhadap berita yang mereka bagikan.

Dan rata-rata mereka hanya bisa mengatakan what if, jika saya ataupun berkomentar dengan kritikan negatif terhadap seseorang yang merasa dirinya bisa melakukan lebih dari itu. Harap diingat bahwa tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Setiap orang memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Dengan bekerja sama kita bisa menutupi kekurangan itu.

Tips Bijak Sosial Media 6: Menghargai Pendapat Orang Lain

Menghargai pendapat orang lain bisa mencegah terjadinya perselisihan satu sama lain (Source: Wikihow)

Sering sekali netizen Indonesia berselisih jika sudah berbeda pendapat. Jika sudah berbeda sedikit saja, seakan-akan satu kampung mulai rusuh. Cobalah untuk menghargai pendapat orang lain meskipun itu berbeda dari jalan pemikiran kalian. Jelaskan baik-baik dengan lawan bicara dan gunakan kata-kata halus tanpa memancing emosi mereka.

Tips Bijak Sosial Media 7: Tetap Jaga Hubungan Tali Persaudaraan

Contoh adegan kebiasaan netizen mem-bully di Sosmed (Source: WikiHow Image Macros Indonesia Facebook)

Tips terakhir sosial media ini merupakan hal yang paling sering saya dan Tim Nawala Karsa temukan adalah cyber bully. Biasanya cyber bully terjadi saat mereka menjelek-jelekkan suatu subjek ataupun objek, seperti bentuk fisik, budaya, agama yang dianut ataupun cara penampilan seseorang. Bahkan netizen sering melakukan cyber bully di akun sosial media yang bukan orang asli Indonesia.

Cobalah untuk menjaga hubungan tali persaudaraan kita satu sama lain. Bukan hanya orang Indonesia bahkan kepada orang-orang yang tidak berasal dari negara kita. Jangan buat malu nama Indonesia karena kalian sering melakukan cyber bully terhadap orang luar.

Itulah tips bijak dalam menggunakan internet dan sosial media yang bisa kami berikan kepada kalian. Semoga dengan ini netizen Indonesia bisa lebih bijak menggunakan internet dan juga di sosial media. Apalagi saat musim Pemilu sudah mulai dekat. Kurangi hal-hal yang bisa memecah belah hubungan tali persaudaraan kita satu sama lain.

Loading...