Beranda » embedded content » Catat! Ini Cara Mudah Mengakses Tik Tok Saat Diblokir!

Catat! Ini Cara Mudah Mengakses Tik Tok Saat Diblokir!

Apa Kabar, Tik Tok?

Pemblokiran terhadap Tik Tok oleh Menkominfo Rudiantara lantaran terdapat banyak konten negatif untuk anak-anak dalam aplikasi tersebut menuai banyak pujian dari masyarakat karena dianggap hampir tidak memberi dampak positif sama sekali.

Pemblokiran terhadap aplikasi berbasis streaming seperti ini sebelumnya juga pernah terjadi pada Bigo Live karena masalah yang sama, namun pihak Bigo merespon cepat dengan memperkerjakan 40 orang untuk membersihkan konten-konten negatif mereka. Namun pihak menkominfo masih belum mendapat tanggapan dari pihak Tik Tok mengenai ketersediaan mereka untuk mengikuti hal yang sama seperti Bigo Live, setidaknya untuk saat ini.

Lalu bagaimana caranya agar kamu tetap bisa k̶e̶t̶e̶m̶u̶ ̶b̶o̶w̶o̶ menggunakan Tik Tok agar tetap eksis di sosial media ? Ikuti cara-cara berikut ini!

 

Gunakan VPN

Virtual Private Network atau disingkat VPN adalah teknologi untuk melindungi pengguna internet menggunakan tunneling sehingga data-data yang terkirim maupun yang diterima tidak dapat dilihat oleh orang yang tidak berwenang.Yang kamu perlukan hanyalah mendownload aplikasi VPN ke smartphone atau pc kalian kemudian menjalankan VPN tersebut. Salah satu VPN terkenal pada platform android adalah Turbo VPN, kamu bisa menggunakan aplikasi tersebut secara gratis dan tanpa batasan bandwidth walaupun kamu harus melihat sebuah iklan saat pertama kali menjalankan aplikasi VPN tersebut.

Perlu diingat bahwa ada beberapa aplikasi VPN yang bukan saja tidak melindungi data penggunanya, tapi juga menjual data tersebut ke pihak lain demi uang semata seperti yang dilakukan oleh Hola VPN, kamu bisa melihat sendiri bahaya Hola VPN melalui situs http://adios-hola.org/

 

Mengganti DNS


Secara dasar, Domain Name System atau disingkat DNS merupakan direktori dimana proses untuk mencari alamat akses terhadap sebuah website dimulai. Namun sayangnya, tidak semua DNS mau melindungi data pengguna mereka sendiri, bahkan banyak yang menjual data penggunanya sendiri demi uang seperti Hola VPN.

1.1.1.1 merupakan DNS dari CloudFlare yang bukan hanya cepat namun juga menjamin keamanan data kamu dalam berselancar di internet.

Sisi baiknya, kamu tidak perlu membuang kuota untuk mengunduh aplikasi VPN dari Playstore maupun Appstore, namun kamu harus melakukan konfigurasi terhadap DNS melalui langkah-langkah berikut :

  1. Buka settings.
  2. Cari tab Wireless & Networks, klik tombol Wifi.
  3. Klik tombol opsi atau tahan kotak dimana koneksi wifi sedang berjalan hingga opsi Modify Network muncul.
  4. Klik Modify Network, kemudian klik Advanced Option.
  5. Cari tab IP settings, lalu ubah opsi DHCP menjadi IP Static.
  6. Ubah kolom DNS 1 menjadi 1.1.1.1 dan kolom DNS 2 menjadi 1.0.0.1
  7. Simpan konfigurasi tersebut.

 

Pindah Ke Luar Negeri


Tentunya keluar negeri adalah cara paling ampuh agar kalian bisa lepas dari ̶k̶e̶k̶a̶n̶g̶a̶n̶ pemblokiran yang dilakukan oleh Menkominfo, selain itu kamu juga bisa liburan sambil menambah bahan untuk diedit di Tik Tok.

Namun, apabila kalian pergi ke luar negeri, kalian berkemungkinan besar tidak dapat mengakses konten Tik Tok Indonesia. Sebab, sistem Tik Tok sendiri menggunakan Region-based. Apabila kalian berada di negara Jepang, maka konten Tik Tok yang muncul hanyalah konten Tik Tok dari Jepang itu sendiri. Jadi pikir-pikir lagi ya kalau mau ke luar negeri demi Tik Tok!

 

Penulis : Adam Anggoro
Editor : Naufal Alfarizy

Loading...