Beranda » address » Wah! Ada Fakta Mengejutkan Dibalik Spesifikasi Oppo Find X!

Wah! Ada Fakta Mengejutkan Dibalik Spesifikasi Oppo Find X!

Oppo, sebuah anak perusahaan dari perusahaan BBK Electronics yang fokus pada bidang fotografi smartphone (atau cameraphone), akhirnya kembali mencoba untuk mengundi nasib mereka di ranah high end sembari tetap berusaha menjaga slogan Cameraphone mereka dengan Oppo Find X.

Oppo Find 7, seri terakhir dari Find yang dirilis pada Maret 2014

Sebelumnya, Oppo hanya memproduksi smartphone menggunakan SoC mid-end saja. Find 7 merupakan smartphone flagship terakhir dari seri Find yang menggunakan Snapdragon 801, sedangkan Oppo F7 sebagai mid-end tertinggi dari oppo hanya mengusung MediaTek Helio P60 yang hanya mampu mencetak skor sebesar 140.000 saja pada antutu. Keberadaan Snapdragon 845 yang menjanjikan skor hingga 245.000 pada antutu merupakan angin segar bagi pengguna yang tidak bisa kompromi pada performa smartphone mereka.

Kamera tersembunyi

Mengikuti tren bezel-less yang dipopulerkan oleh iPhone X dan curved edge milik Samsung Galaxy S8/S9, Oppo Find X berusaha tampil beda dengan menyembunyikan kamera depan sehingga tidak ada notch atau poni sama sekali pada cameraphone ini. Walaupun inovasi tanpa poni atau notch-less ini sudah didahului oleh Vivo NEX, namun Oppo Find X menggunakan mesin (motorized) yang secara otomatis akan terbuka saat aplikasi yang membutuhkan fitur kamera terdeteksi oleh sistem.

Banyak pihak yang khawatir akan kerusakan pada mesin yang menggerakan kamera tersembunyi tersebut. Oppo mengklaim bahwa mesin tersebut telah melewati uji buka-tutup hingga 300.000 kali, yang diperkirakan akan tercapai pada penggunaan harian selama 5 tahun kedepan, hal ini tentunya membuat Find X tidak memiliki proteksi terhadap air seperti smartphone flagship pada umumnya. Fingerprint scanner pun tergantikan oleh 3D face scanner yang dinamai “O-Face” oleh Oppo. Selain itu, tidak terdapat mekanisme manual baik untuk membuka ataupun untuk menjaga agar kamera tidak tersembunyi secara otomatis.

Kamera

Bukan cameraphone jika tidak bicara mengenai kamera, Oppo menyematkan kamera depan mereka dengan image sensor Sony IMX 576 dengan resolusi sebesar 25MP dengan aperture/bukaan f/2.0. Pada kamera belakang terdapat 2 buah lensa dengan Sony IMX 519 pada resolusi 16MP dengan aperture/bukaan f/2.2 dan Sony IMX 376 pada resolusi 20MP dengan aperture/bukaan f/2.0.

Kamera belakang ganda pada Oppo Find X

Walaupun memiliki image sensor yang cukup mumpuni, baik kamera depan ataupun kamera belakang pada Oppo Find X tidak mampu menangkap video super slow-motion 960FPS seperti yang ada pada Sony XZ1 dan XZ2 maupun Samsung Galaxy S9. Framerate tertinggi yang dapat dicapai adalah 24FPS pada resolusi 1080p atau Full HD, dan 240FPS untuk slow-motion pada 720p atau HD.

Disamping ketertinggalan tersebut, Oppo menyajikan Omoji yang memiliki fungsi yang sama seperti Animoji pada Apple dan Samsung, yaitu fitur yang dapat membuat emoji baru menggunakan muka penggunanya sendiri.

Layar

Selain kamera, layar yang diusung Oppo Find X merupakan salah satu nilai jual yang tidak bisa dilewati. Saat ini Oppo Find X dengan ukuran 6,46 inci dan rasio layar 19.5:9 merupakan smartphone dengan screen to body ratio terbesar dengan angka 93.8%, angka ini jauh melebihi Samsung S9 dengan 83.6% maupun iPhone X dengan 82.9%.

Tampilan layar OLED pada saat kamera depan sedang terbuka

Panelnya pun menggunakan OLED yang memiliki tingkat kecerahan, akurasi warna, dan respons yang jauh lebih baik daripada IPS LCD pada smartphone lain. Rumor yang beredar mengatakan bahwa panel OLED tersebut dipasok oleh Samsung, walaupun masih belum jelas sampai sejauh mana color coverage yang dapat dijangkau oleh panel Oppo Find X.

Walaupun kedalaman resolusi layar Oppo Find X “hanya” mencapai Full HD+, yaitu 2.340 x 1080 pixel yang menghasilkan ppi sebesar 401 saja, setidaknya masih cukup tajam untung dilihat pada jarak penglihatan normal.

Spesifikasi Teknis Lainnya

Selain sensor sidik jari yang digantikan dengan 3D camera, Oppo Find X juga memangkas jack headphone 3.5mm, sehingga aktifitas charging dan mendengarkan musik tidak bisa dilakukan secara bersamaan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Oppo Find X mengandalkan Snapdragon 845 yang merupakan SoC flagship 2018. Sedangkan kapasitas memorinya mencapai 8GB untuk RAM dan 256GB (versi standar) atau 512 (versi Lamborghini) untuk penyimpanan internal, sayangnya tidak tersedia slot Micro SD untuk memori eksternal.

 

Sedangkan softwarenya sendiri menggunakan ColorOS yang tampilannya mirip dengan GraceUX milik samsung dan iOS milik Apple. ColorOS sendiri juga sudah berbasis Android 8.1 Oreo, sehingga pengguna langsung dapat menikmati fitur-fitur terbaru dari Android.

Spesifikasi hardware secara lengkap dapat diliat pada tabel di bawah ini

Harga Dan Ketersediaan Barang

Dilansir dari kompas.com Oppo Find X aslinya dijual seharga £999 atau 16.3 juta dan £1699 atau 28 juta dalam konversi rupiah. Namun, harga pasti Find X bisa jadi lebih murah daripada versi eropa jika melihat kebiasaan Oppo menjual produk-produk mereka selama ini. Find X secara resmi akan dijual di Indonesia melalui pre-order pada juli 2018, sedangkan stoknya menyusul pada agustus 2018.

Itulah fakta-fakta menarik dari Oppo Find X yang telah kami rangkum untuk anda.

Loading...