Mahasiswa Bina Desa UPN Jatim Adakan Sosialisasi Digital Marketing

Digital Marketing menjadi hal esensial dalam membangun UMKM yang kuat. Mahasiswa Bina Desa UPN Jatim dalam hal ini memutuskan untuk sosialisasi.

Bina Desa Digital Marketing UPN Veteran Jatim Jawa Timur

Mahasiswa Bina Desa Program Studi Manajemen UPN Veteran Jatim menyelenggarakan kegiatan sosialisasi terkait pentingnya memasarkan produk melalui digital marketing.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu, 4 Oktober 2023 di Rusunawa Penjaringan Sari Kota Surabaya. Sosialisasi ini dihadiri oleh pelaku UMKM Kampung Kue dan Bapak Lurah Penjaringan Sari.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat para pelaku UMKM harus dapat beradaptasi guna mengembangkan bisnis mereka, terutama dengan penggunaan Digital Marketing sebagai media pemasaran UMKM.

Sosialisasi dilaksanakan dengan mengundang Bapak Muhammad Ilham Naufal S.A., MBA sebagai pengisi materi sosialisasi Digital Marketing dengan latar belakang dunia bisnis dan pemasaran berbasis digital sekaligus dosen manajemen UPN Veteran Jatim yang sangat sesuai dengan tema kegiatan.

Kelurahan Penjaringan Sari, khususnya Rusunawa Penjaringan Sari, dikenal sebagai Kampung Unggulan Kue di Surabaya karena banyak penduduknya memiliki bisnis kue basah yang dibuat sendiri.

Karena kurangnya pemahaman, pelaku UMKM masih jarang menggunakan media sosial, media digital, dan e-commerce. Selama ini, mereka hanya bergantung pada pelanggan tetap dan memproduksi sesuai pesanan.

Oleh karena itu, diperlukan pemahaman lebih lanjut tentang teknik pemasaran produk dalam media online yang dapat menjangkau lebih banyak pelanggan sehingga dapat menghemat waktu dan biaya.

Bina Desa Digital Marketing UPN Veteran Jatim Jawa Timur

Dalam upaya untuk membangun kesadaran pelaku UMKM terkait pentingnya memasarkan produk melalui media digital. Kelompok Bina Desa Penjaringan Sari mengadakan kegiatan sosialisasi ini dengan tujuan untuk membangun awareness bagi pemilik UMKM Kampung Kue terkait pemanfaatan teknologi digital sebagai media pemasaran produk.

Beberapa topik penting dibahas dalam sosialisasi ini, termasuk definisi digital marketing, keuntungan dari digital marketing, klasifikasi jenis-jenisnya, dan contoh penggunaan digital marketing sebagai alat dalam pemasaran produk.

Pelaku UMKM yang hadir pada saat itu menanggapi kegiatan ini dengan positif. Dengan mengadakan sosialisasi tentang pemasaran digital ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bagaimana menggunakan media digital untuk mengoptimalkan pemasaran produk.

Dengan begitu, memungkinkan UMKM Kampung Kue untuk terus berkembang dan dikenal lewat Digital Marketing yang disosialisasikan oleh mahasiswa Bina Desa UPN Veteran Jatim ini.

Penulis: Pravria Farah Zain, Manajeman UPN Veteran Jawa Timur


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.