Review YouTube Premium, Akhirnya Datang Juga!

Seno Triadi

Kemarin, pengguna YouTube sudah bisa menikmati akun premium yang telah dibuka di Indonesia. Selain Indonesia, negara tetangga lainnya pun telah mendapatkan akses bebayar ini seperti Malaysia, seperti yang dilansir oleh SoyaCincau.

YouTube Premium ini sudah lama tersedia di layanan video streaming YouTube sejak 2015, namun hanya tersedia di Amerika Serikat, benua Eropa dan beberapa negara lainnya. Melalui layanan bebayar ini, Kamu dapat menonton berbagai video berkualitas dengan gratis mencoba selama tiga bulan, kemudian membayar Rp. 59.000 per bulan setelahnya.

Fitur apa aja yang ditawarkan YouTube Premium?

  • Skip iklan dan main video dalam background!

Dalam akun premium ini Kamu tidak perlu menunggu sekian detik atau terinterupsi ketika  menonton video di YouTube dari iklan. Iklan-iklan tersebut disediakan melalui Google AdSense terpasang otomatis di YouTube dan diputar sendirinya. Kamu tidak perlu merasa risau hal ini jika sudah berlangganan jasa premium ini dan bisa langsung menonton video favoritmu.

Begitu juga jika Kamu menonton lewat gawaimu, cukup menekan tombol Home dan video-mu tetap akan berjalan seperti biasa.

  • Bisa donlod video!

Untuk pengguna smartphone, Kamu dimanjakan oleh fitur download yang dapat Kamu gunakan untuk menonton video dikemudian waktu. Resolusi yang ditawarkan pun sesuai dengan format videonya, jadi yang bijak unduh videonya, ya!

  • Akses ke YouTube Music Premium!

Dari detikHot menungkapkan bahwa YouTube akan membawakan platform musik mereka ke Indonesia, agar pengguna dapat menikmati musik-musik pilihannya. Tidak jauh berbeda dengan Spotify, YouTube Music bisa kamu langgan seperti halnya Premium, jika berniat akan memisahkan akun musik dengan layanan premium.

YouTube Music Beda dengan Spotify?

DIbandingkan dengan Spotify, YouTube Music memudahkan akses ke pengguna seperti Kamu agar dapat mendengar lagu-lagu dari artis favortimu. Persamaannya, adalah jika Kamu belum berlanggan akan ada beberapa iklan yang diputar secara otomatis di kala memutar daftar playlist-mu. YouTube Music pun harus dinyalakan terus tanpa berganti ke aplikasi lainnya, yang mungkin membuat Spotify sedikit lebih unggul karena dapat memainkan lagu tanpa melakukan hal tersebut.

Apa aja yang kita dapet?

Dari akun premium tersebut, selain fitur tertulis diatas, Kamu juga bisa menonton beberapa video yang sebelumnya tidak bisa kamu tonton. Hal ini dikarenakan beberapa kanal resmi korporat membatasi penonton sesuai wilayah dan user privilege yang diharapkan mengurangi pembajakan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.  Video-video tersebut dilabel sebagai Premium agar memisahkan beberapa konten eksklusif setiap videonya.

Kamu pun bisa menonton YouTube Originals, sebuah serial orisinil buatan beberapa YouTuber besar ternama, disajikan dalam berbagai genre. Mulai dari action, drama, komedi, pengetahuan hingga dokumenter, beberapa seri tersebut bisa Kamu tonton sesuai seleramu.

Tanggapan netizen?

Layaknya Kita, netizen di media sosial pun mengomentari kehadiran YouTube Premium di Indonesia hari ini. Bagaimana perasaan mereka?

akhirnya… ga ada lagi atta halilintar yg muncul tiba-tiba saat lagi asik youtubean :’)

Untuk kualitas suara masih lebih jernih Spotify, lebih powerfull.

Cuman gtu doang layanan premium nya, standar aj udh ckup kok awkwkwk

Masih gaada tanda2 kapan Instagram Music masuk Imdonesia ya?

YouTube Premium dan YouTube Music sudah tersedia d platform YouTube Indonesia. Kamu bisa berlangganan akun Premium Rp. 59.000 atau hanya YouTube Music dengan harga Rp. 49.000. Harga mungkin bisa berubah tergantung lokasi tempat kamu mengakses YouTube-mu. Akan ada gratis selama tiga bulan percobaan biar Kamu nyaman atau tidak memakai jasa tersebut, jadi jangan ketinggalan ya!

Sumber: detikHot, SoyaCincau


Hai, NawaReaders dan OtaCool! Jangan lupa untuk akses terus Nawala Karsa untuk informasi pop kultur dan teknologi terkini, serta Indonesian Otaku untuk dosis harian wibu kalian!