Hololive Umumkan Virtual Youtuber Mano Aloe Berhenti

Naufal Alfarizy
Mano Aloe Virtual Youtuber Hololive
FOTO: Hololive / Mano Aloe

Melalui sosial media resmi, Hololive resmi mengumumkan bahwa Virtual Youtuber Mano Aloe resmi dihentikan atau ‘graduate’ dari agensi asal Jepang tersebut lantaran masalah pribadi.

Keluar lantaran masalah sebelumnya

Mano Aloe Virtual Youtuber Hololive
Surat pernyataan dari COVER Corp terkait berhentinya Mano Aloe | FOTO: Hololive

Virtual Youtuber generasi kelima tersebut sebelumnya sempat melakukan kesalahan, yang menurut COVER Corp melanggar perjanjian non-disclosure atau NDA mereka. Setelah itu, ia dilarang melakukan streaming selama dua minggu sejak Senin (17/8/2020) lalu.

Kendati demikian, Mano Aloe mengaku tidak dapat melanjutkan karirnya sebagai Virtual Youtuber. “Ia (Mano) memutuskan bahwa ia tidak siap secara fisik atau mental untuk melanjutkan aktivitasnya,” tutur Tanigo Motoaki, CEO COVER Corp dalam surat pernyataan tersebut.

Mano Aloe sempat lupa hapus video Live2D miliknya

https://www.youtube.com/watch?v=kXsyY4bbyPI&feature=emb_title

Aloe mengaku bahwa ia sebenarnya telah memperlihatkan model Live2D nya sebelum debut resminya pada hari sabtu (15/9). Ia mengatakan bahwa ia mengadakan stream percobaan di TwitCasting. Walaupun sudah mendapatkan izin dari pihak manajernya, namun Aloe tidak menghapus video tersebut setelahnya, yang mengakibatkan tersebarnya konten tersebut ke beberapa orang.

Tentu saja ini merupakan kesalahan yang mungkin terlihat sepele namun berdampak besar karena bisa jadi, menunjukan aset atau model sebelum debut resmi adalah pelanggaran dari perjanjian yang telah disepakati bersama.

Pelecehan online oleh penonton kepada pacar asli Mano Aloe

 

Melalui video tersebut, Aloe juga membahas insiden di mana seorang pria yang diduga adalah pacarnya oleh beberapa penonton, dilecehkan secara online. Ia mengatakan bahwa ia telah putus dengan pria tersebut dan meminta para penonton untuk tidak menghubungi pria tersebut.

Aloe juga memberitahu bahwa ia menerima telepon dari orang tak dikenal dan meminta penontonnya untuk tidak melakukan hal demikian lagi.

Aloe mengatakan bahwa ia akan mencoba merenungkan diri selama masa istirahat. Ia berharap ia bisa belajar dari kejadian tersebut dan bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

Cover Corp ambil langkah tegas

Agensi Hololive Meminta Maaf Perihal Izin Hak Cipta

Perusahaan Cover juga membuat pernyataan maaf di Twitter pada hari Senin (17/9) terkait kejadian ini. Dalam cuitan tersebut, mereka mengatakan bahwa selain Aloe beristirahat selama dua minggu, mereka juga akan memperkuat struktur organisasinya.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa Hololive selalu penuh dengan hal-hal yang menarik. Sebelum kasus Mano Aloe, terjadi insiden menghilangnya video-video dari kanal YouTube Vtuber Hololive yang ternyata penyebabnya adalah masalah hak cipta di mana pihak perusahaan tidak mengurus masalah tersebut. Menghilangnya video-video Hololive dari publik adalah langkah perusahaan untuk melindungi kanal para Vtubernya sehingga bisa tetap berdiri.