Usada Pekora, Virtual Youtuber Hololive dikenal dengan sifatnya yang cenderung licik, chaotic, serta sableng layaknya kelinci dalam buku cerita. Namun tahukah kalian kalau sifat seorang Usada Pekora ternyata sama dengan arti kata “Peko” dalam bahasa Jawa?

Peko dalam Bahasa Jawa

Mungkin kalian pernah mendengar kata “peko” atau “pekok” dalam dialog seseorang. Kata tersebut dianggap kata gaul. Kata “peko” sendiri ternyata bersasal dari bahasa Jawa yang memiliki beberapa arti diantaranya “bodoh, gokil, aneh, nyelenyeh.

Kemudian kata tersebut juga memiliki makna bahwa orang yang peko adalah orang yang susah diberi nasihat, cenderung semaunya sendiri, susah diatur. Kata “peko” sendiri tidak selalu berarti negatif. Kadang, bisa dijadikan bahan candaan, seperti yang dilakukan Usada Pekora.

Hubungannya dengan Usada Pekora?

Jika melihat arti kata diatas, maka kita bisa melihat bahwa Usada Pekora adalah orang yang cenderung “peko”. Dalam stream-nya, kita bisa melihat bagaimana Usada Pekora dengan otak “jenius” miliknya melakukan berbagai cara agar bisa mencapai tujuan yang dia inginkan. Salah satu contohnya adalah ketika ia menantang Noel Shirogane balapan Getting Over It.

Dalam stream tersebut, Usada Pekora tahu bahwa kemungkinan menangnya cukup kecil. Maka dari itu, Pekora menyerang Noel dengan apa yang dia sebut perang psikologi. Pekora meminta penontonnya untuk datang ke stream Noel dan membuat Noel menjadi panik sehingga memperlambat perkembangannya.

Kemudian beberapa stream gim Minecraft-nya dimana Pekora kadang suka membuat jebakan untuk anggota Hololive lain. Tentu saja belum lengkap kekacauan Usada Pekora tanpa ketawa khas nya yang menurut para penggemar cukup menggambarkan Pekora yang chaotic.

Wah, ternyata kata Peko dalam bahasa Jawa memiliki arti yang sama dengan sifat Usada Pekora. Tetapi kalo tidak peko, bukan Pekora namanya. Peko-Peko-Peko-PEKO!

Nawala Karsa NK Kurio