Beranda » Kominfo » VTuber AZKi Sukses Adakan One-man Live Keempatnya “REPEAT THiS LiFE WiTH U”

VTuber AZKi Sukses Adakan One-man Live Keempatnya “REPEAT THiS LiFE WiTH U”

Pertunjukan langsung penyanyi solo virtual VTuber AZKi yang keempat kalinya, REPEAT THIS LIFE WiTH U menjadi pertunjukan VTuber langsung terbesar dengan sukses!

Pertunjukan langsung yang diadakan September lalu di ENTAS yang terletak di jantung popkultur otaku, Akihabara. Kemudian dilanjutkan dengan perilisan album pertamanya yang berjudul without U pada November(04/09) lalu di Theater Harevutai yang terletak di Ikebukuro dengan penampilan yang bertajuk REPEAT THiS LiFE WiTH U menunjukan pesatnya perkembangan VTuber AZKi dalam setahun terakhir.

Dari ENTAS yang berada di Akihabara sebagai tapak tilas ketiga pertunjukan langsung yang pernah diadakan oleh VTuber AZKi, pertunjukan langsung keempat yang diadakan oleh VTuber AZKi di Theater Harevutai menjadi batu lompatan baginya dengan harapan agar semakin bertumbuh dan menjadi pelopor bagi para fans-nya yang dikenal dengan nama Keitaku(開拓) menuju 2020 yang lebih baik. 

Dibuka dengan Overture sebagai lagu pembuka, kemudian dilanjutkan dengan Kotonoha, siluet penyanyi virtual tersebut menyambut para penggemarnya dari layar hologram yang berada pada atas panggung. 

AZKi menampilkan kedua sisinya pada album barunya, yaitu AZKi BLaCK yang berfokus pada genre rock dengan karakter suara yang kuat seperti pada lagu Kotonoha serta sisi AZKi WHiTE yang berfokus pada lagu bergenre ballad dan pop dengan karakter suara yang lebih lembut seperti pada lagu Niji Wo Kakenukete. Tidak ketinggalan dengan lagu-lagu terkenalnya seperti Hikari no Machi E dan Minna De yang bergema dalam seantero Theater Harevutai.

“Saya lahir dan dibesarkan di ENTAS,” begitulah kalimat pembuka yang disampaikan oleh AZKi. Hal tersebut memberikan kilas balik pada ENTAS yang telah tiga kali menjadi tempat pertunjukan langsung oleh AZKi. Sementara itu, dirinya merasa terkesan kepada perbedaan antara para fansnya yang memenuhi Theater Harevutai yang terasa sangat berbeda jauh dengan ketika dia tampil di ENTAS yang terletak pada Akihabara. “Kelihatannya banyak yang baru kali ini datang pada pertunjukan saya, namun mari kita bersenang-senang bersama!,” lanjutnya dengan nada yang canggung kepada para penggemarnya.

Rasanya tidak berlebihan jika mengatakan bahwa pada pertunjukan kali ini, AZKi terlihat tampil lebih wah dari yang sebelumnya. Terlebih lagi ketika salah satu lagu barunya dinyanyikan yang berjudul Reflection, seluruh penonton asik berdansa mengikuti irama lagu. Kemudian lagu ballad Starry Regrets dinyanyikan, disusul dengan alunan pop elektronik yang syahdu pada lagunya yang berjudul Midnight Song.

Setelah AZKi bercerita tentang pengalaman menyenangkannya di Comiket, dirinya membocorkan lagu terbarunya kepada para audiensnya, yang berjudul Neko Naraba Ikeru. Bagi penonton yang telah membeli tiket tier 1st Pioneer, mereka mendapatkan bonus CD lagu terbaru AZKi, Neko Naraba Ikeru. Para penggemar kembali dimeriahkan dengan AZKi yang membawakan lagu Kawaiisa No Bouryoku yang dibawakan pertama kali oleh AZKi ke khalayak publik.

Kemudian, dirinya menyanyikan lagu milik VTuber Tokino Sora, Hurray Hurray Love, dilanjutkan dengan Shiny Smily Story, lagu tema Hololive Idol. Banyak yang tidak menyangka, dari sekian banyaknya lagu, AZKi memilih untuk menyanyikan lagi Hurray Hurray Love milik teman baiknya tersebut. Nantinya Hololive Fes pertama akan diadakan pada tanggal 24 Januari 2020 yang bertajuk Nonstop Story. 

Selanjutnya, dia menampilkan lagunya, Eternity Bright. Dengan suara yang lebih nge-bass, AZKi terdengar jauh lebih berbeda pada lagu ini. Variasi suara AZKi yang terdengar sangat beragam pada lagu-lagunya, membuat lagu-lagu orisinilnya terdengar lebih menarik dan tidak monoton itu-itu saja.

Diatas panggung, AZKi menjelaskan definisi “Apa itu AZKi?” AZKi membayangkan tentang jiwa dari dunia virtual, dan dirinya secara optimis menerima akan baik dan buruknya dari dunia virtual. Layaknya hitam dan putih kehidupan, AZKi mengusung konsep ini menjadi AZKi WHiTE dan AZKi BLaCK dalam artian yang positif. Ketika lagu yang berjudul Hikari, Sekai wa Meguri, Yagate Kimi no Mono ni Naru, serta Inochi versi akustik ditampilkan sangat sukses. Memang lagu-lagu rock yang dibawakan oleh AZKi BLaCK adalah yang paling sukses, namun lagu-lagu ballad yang dibawakan oleh AZKi WHiTE juga tak kalah menarik.

Pada kali ini, lagu-lagu yang berjudul Nonbiri To, Real Melancholy, dan lagu-lagu pop lainnya terlihat jauh lebih berkembang dari sebelumnya. Real Melancholy menggambarkan sebuah antithesis pada kehidupan pada sosial media. Sebuah lagu yang bermakna cukup dalam, dan AZKi juga tampil dengan kostum pertamanya.

Dengan semangat penuh, AZKi membawakan lagu-lagu yang berasal dari album Mada Mada Koe Agete Ikemasuka? seperti Ziko Allergy, Uso Uso Uso Uso, serta FAKE FAKE FAKE di atas panggung. “Ini adalah pekikan terakhirku!” Serunya.

Pertunjukan terakhirnya pada tahun 2019 akan dimulai, Sebelum encore berkumandang, AZKI mengucapkan terimakasihnya kepada para penggemarnya yang telah datang dan mendukungnya hingga akhir. Pada encore suara para penggemarnya yang bernyanyi bersama menggaung pada seantero Theater Harevutai. AZKi tetap bersemangat meski total lagu yang telah dia nyanyikan berjumlah 20 lagu.

Lagu yang dinyanyikan pada encore pertama berjudul without U menampilkan ketika lagu tersebut dibawakan di Entasu. “Aku menyanyikan lagu ini karena aku tidak tahu!” Pekiknya dari atas panggung tersebut. Pada Frontier Rocks, para penggemar bertepuk tangan mengikuti alunan lagu.

Ketika pertunjukkan mulai berakhir, AZKi membacakan sebuah pesan penutup kepada para penggemarnya yang telah mendukungnya hingga sejauh ini, tentang kegiatannya yang telah dilakukan bersama-sama, serta tentang banyak hal lain yang telah dilakukan bersama dengan para penggemarnya. Bahkan tak hanya surat kepada para penggemarnya, namun juga kepada managernya, Tsuranimizu.

Setlist Lagu yang Dimainkan:

    1. Overture
    2. Kotonoha 
    3. Niji o kakenukete 
    4. Hikari no machi 
    5. Reflection
    6. Starry Regrets 
    7. Midnight Song 
    8. Nekonaraba ikeru 
    9. Hurray Hurray LOVE 
    10. Shiny Smily Story 
    11. Eternity Bright 
    12. Hikari 
    13. Sekai wa meguri, yagate kimi no mono ni naru 
    14. Inochi Acoustic ver 
    15. Nonbiri to, 
    16. Real Melancholy

“Sudah ada banyak sekali penggemar, dan staff yang telah mendukungku. Bukankah hal tersebut sangatlah keren?” AZKi membacakan pesan tersebut dengan terharu. Berkat dorongan para penggemarnya, AZKi yang bermula di Akihabara ENTAS sekarang dapat melangsungkan penampilan keempatnya di Theater Harevutai, dengan total pengunjung sebanyak 400 lebih orang. Saya merasa tersanjung dengan kalimat yang dilontarkan oleh AZKi.

Ditutup dengan Creating World sebagai lagu terakhir yang dinyanyikan oleh AZKi pada pertunjukan solonya, seluruh penonton menjadi sangat emosional. 

Dengan bantuan VJ osirasekita, pertunjukan langsung AZKi menjadi semakin meriah dengan tambahan latar visual yang mewarnai hingga penghujung acara. Pada hari yang sama, halaman Pixiv Fanbox FRONTIER telah diluncurkan. 


Rilis pers ini dibuat oleh Moriyama Dero dan foto disediakan oleh Ayo Kajino. Diterjemahkan dalam bahasa Indonesia oleh Vinsensa Roseline dan disunting oleh Naufal Alfarizy.

Loading...