Pada beberapa hari lalu, angket untuk pemilihan light novel atau novel ringan yang akan dimasukkan dalam buku panduan light novel tahunan Kono Light Novel ga Sugoi! tahun 2021 telah dibuka. Semua orang yang mengisi angket tersebut dapat mengajukan judul light novel apa saja. Namun, ada empat judul light novel yang telah dibanned atau diskualifikasi dari kompetisi tersebut.

Sword Art Online di Banned Dalam Ajang Kompetisi Kono Light Novel ga Sugoi!

Kono Light Novel ga Sugoi! baru saja mengumumkan beberapa waktu yang lalu bahwa ada 4 judul light novel yang di-banned atau diskualifikasi. Alasan tersebut disebabkan karena 4 judul light novel terlalu populer dikalangan para pembaca maupun penggemarnya.

Dengan alasan itulah, pihak panitia mendiskualifikasi 4 judul light novel dengan tujuan agar kompetisi bisa dilaksanakan dengan adil dan judul light novel lainnya bisa ikut bersaing. Salah satu light novel yang populer tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah Sword Art Online atau biasa disingkat SAO.

Diskualifikasi Karena Terlalu Populer

Kono Light Novel ga Sugoi
(Sumber: Amino Apps)

Selain Sword Art Online ada judul lainnya yang didiskualifikasi, mereka adalah Toaru Majutsu no IndexRyuou no Oshigoto!, dan Oregairu (Yahari Ore no Seishun Rabukome wa Machigatteiru). Judul-judul tersebut tidak dapat dimasukkan ke dalam daftar peringkat kompetisi tersebut untuk tahun 2021 mendatang karena dianggap terlalu populer.

Meskipun para penggemar light novel tidak dapat memasukkan judul-judul tersebut lagi, mereka telah memasuki daftar Hall of Fame alias light novel dengan tingkat penjualan dan popularitas terbanyak per tahun. Di masa depan, tiap judul light novel yang memasuki daftar Hall of Fame tidak akan dapat diikutsertakan ke dalam daftar kompetisi tersebut.

Tentang Kono Light Novel ga Sugoi!

Kono Light Novel ga Sugoi

Kono Light Novel ga Sugoi! adalah sebuah buku panduan yang dirilis secara tahunan dan berisi peringkat judul-judul light novel yang populer di Jepang pada tahun tertentu. Buku panduan yang dibuat oleh penerbitan Takarajimasha dan telah diterbitkan sejak 2004 lalu ini memiliki 5 jenis kategori peringkat light novel terpopuler, yaitu Top 10 Light Novel, Top 10 Female Characters, Top 10 Male Characters, Top 10 Illustrators, dan Top 10 Light Novels of the Decade.

Proses pemilihan sejumlah judul light novel untuk dapat masuk ke dalam kompetisi adalah melalui pemungutan suara atau angket yang dapat diisi oleh para pembaca dan pemungutan suara oleh para kolaborator, yaitu kritikus, influencer, dan orang-orang yang berhubungan dengan industri light novel di Jepang.

Setiap judul light novel yang muncul dalam daftar ajang tersebut akan memiliki kolom pengenalan singkat masing-masing. Termasuk dengan wawancara dengan penulis yang karyanya telah menduduki posisi pertama dalam daftar peringkat tersebut. Banyak dari judul light novel yang ditampilkan dalam daftar ini telah diadaptasi menjadi serial anime dan menjadi lebih populer.

Nawala Karsa NK Kurio