Pada Sabtu, 24 April 2021 lalu, gelaran Japan Science Fiction Convention atau Nihon SF Taikai ke-60 telah mengumumkan sejumlah judul novel yang dinominasikan untuk beragam penghargaan dalam ajang Seiun Sci-Fi Awards ke-52. Ajang penghargaan yang memiliki 9 kategori ini juga telah mengumumkan judul-judul novel yang dinominasikan sebagai pemenang dalam kategori Japanese Novel atau novel Jepang.

Sebanyak 9 novel dinominasikan sebagai pemenang dalam kategori tersebut. Beberapa judul novel bergenre science fiction ternama juga muncul dalam pengumuman tersebut, termasuk di antaranya Rail Wars! dan Mahouka Koukou no Rettousei atau The Irregular at Magic High School. Berikut adalah 9 judul novel yang dinominasikan sebagai calon pemenang Seiun Sci-Fi Awards dalam kategori Japanese Novel.

Seikai Izumo no Heitan (The Logistics of Star System Izumo) karya Jouji Hayashi

One More Nuke karya Taiyou Fujii

Rail Wars! karya Takumi Toyoda

Kanki no Uta: Hakubutsukan Wakusei III (Ode to Joy: Museum Planet III) karya Hiroe Suga

Titan karya Mado Nozaki

Sono Hate wo Shirazu (Without Knowing That End) karya Taku Mayumura

Seikai Izumo no Heitan, One More Nuke, Rail Wars!, Kanki no Uta: Hakubutsukan Wakusei III, Sono Hate wo Shirazu, Mahouka Koukou no Rettousei, Jinkouchinou de 10-oku Get-suru Kanzen Hanzai Manual, Shuri no Uma,

Shuri no Uma (A Horse from Shuri) karya Haneko Takayama

Jinkouchinou de 10-oku Get-suru Kanzen Hanzai Manual (The Perfect Crime Manual to Getting One Billion Yen via AI) karya Jinzou Takeda

Seikai Izumo no Heitan, One More Nuke, Rail Wars!, Kanki no Uta: Hakubutsukan Wakusei III, Sono Hate wo Shirazu, Mahouka Koukou no Rettousei, Jinkouchinou de 10-oku Get-suru Kanzen Hanzai Manual, Shuri no Uma,

Mahouka Koukou no Rettousei (The Irregular at Magic High School) karya Tsutomu Satou

Seikai Izumo no Heitan, One More Nuke, Rail Wars!, Kanki no Uta: Hakubutsukan Wakusei III, Sono Hate wo Shirazu, Mahouka Koukou no Rettousei, Jinkouchinou de 10-oku Get-suru Kanzen Hanzai Manual, Shuri no Uma,

Kategori lainnya

Selain Japanese Novel, beberapa judul novel untuk sejumlah kategori lainnya juga telah diumumkan. Dalam kategori Nonfiksi (Non-fiction), ada Nihon Anime Tanjou (The Birth of Japanese Anime) karya Aritsune Toyota dan Shoujo Manga no Busaku Joshikou (The Reports of a Plain Woman on Shoujo Manga) karya Yukiko Toyama yang dinominasikan.

Sementara itu, kompleks Gundam Factory Yokohama yang menampilkan patung Gundam yang dapat bergerak serta pandemi COVID-19 menjadi nominasi dalam kategori Bebas atau “Free”. Nominasi lainnya dalam kategori ini adalah peluncuran SpaceX Crew Dragon, kembalinya kapsul sampel asteroid Hayabusa, serta makhluk mistis Amabie yang dipercaya dapat menyembuhkan wabah penyakit dan sempat viral pada 2020 setelah pandemi COVID-19 melanda Jepang.

Para peserta acara Nihon SF Taikai ke-60 dapat memberikan suara melalui proses voting untuk para pemenang Seiun Sci-Fi Awards ke-52 secara daring. Proses pengambilan suara tersebut akan berlangsung mulai dari tanggal 24 April hingga 15 Juni 2021. Nama-nama pemenang dalam ajang penghargaan ini nantinya akan diumumkan dalam acara Seiun Sci-Fi Awards ke-52 yang akan diadakan di Takamatsu, Prefektur Kagawa, Jepang, pada 21 dan 22 Agustus 2021.

Tentang Seiun Sci-Fi Awards

Seiun Sci-Fi Awards atau Seiun Shou merupakan sebuah ajang penghargaan untuk karya-karya bermuatan spekulatif dan tidak harus bergenre science fiction dari Jepang. Ajang penghargaan ini memiliki 9 kategori, yaitu Novel (Japanese Novel), Cerita Pendek atau Cerpen (Japanese Short Story), Novel Terjemahan (Translated Novel), Cerpen Terjemahan (Translated Short Story), Media, Komik, Karya Seni, Nonfiksi, dan kategori Bebas.

Seiun Sci-Fi Awards merupakan ajang penghargaan yang unik di Jepang karena mekanismenya mirip dengan pelaksanaan Hugo Awards, sebuah penghargaan sastra untuk karya science fiction dan fantasi di Barat. Masing-masing peserta yang terlibat dalam Nihon SF Taikai diharapkan untuk memilih sendiri para pemenang untuk masing-masing kategori dalam penghargaan ini.

Beberapa karya ternama yang telah diadaptasi menjadi anime dan menjadi pemenang dalam ajang penghargaan ini adalah Kemono Friends, Shin Godzilla, Girls und Panzer, Full Metal Alchemist, Madoka Magica, dan Cardcaptor Sakura. Adapun beberapa kreator yang pernah menjadi pemenang dalam penghargaan ini adalah Makoto Shinkai, Masamune Shirow, dan Range Murata.

Nawala Karsa NK Kurio