Menaiki kereta api memang terasa lebih seru apabila tersedia on-board entertainment dalam gerbong. Tetapi, bagaimana jika tayangan yang dihadirkan merupakan Anime Garupan?

Viral di Facebook, Anime berjudul Girls Und Panzer tayang di televisi milik Kereta Api Indonesia, lebih tepatnya di KA Pangandaran, yang merupakan kereta api kelas penumpang relasi Gambir- Bandung – Banjar dengan kelas Eksekutif dan Ekonomi AC Premium.

Pada saat menaiki KA 12379 Tujuan Banjar ke Bandung, netizen bernama Aan Inka Ramadhan memang mengamati tayangan yang ada dalam on-board screen di langit-langit.

Terlihat pada gambar dibawah, anime Garupan tengah ditayangkan pada on-board screen. 

Girls Und Panzer TV KAI Genflix Ponimu
Foto Anime Garupan yang tengah diputar di on-board screen TV KAI. (Aan Inka Ramadhan/DKA Wave)

Anime Garupan dari Ponimu Tayang di TV KAI lewat Genflix

Genflix, perusahaan streaming film over-to-top dalam negeri, dikabarkan memang tengah menayangkan sejumlah konten yang ada pada aplikasi streaming mereka ke beberapa spot, termasuk gerbong kereta api dan KRL Commuterline.

Penayangan konten anime milik Ponimu di Genflix memang sudah lama dilakukan. Dihubungi oleh Nawala Karsa, Founder sekaligus Presiden Direktur PT. Ponimu Indonesia Utama Marco Armando menyebut bahwa Ponimu telah memberikan sublicense sejumlah Anime kepada Genflix.

“Ponimu juga bergerak sebagai distributor business-to-business (B2B), dimana beberapa anime (milik) Ponimu juga sudah di-sublicense ke Genflix,” ujarnya.

Ponimu Indonesia, platform streaming lokal yang menayangkan konten anime dari Jepang

Dengan adanya sublicense tersebut, wajar saja bagi Genflix untuk dapat menayangkan anime-anime yang telah dimiliki Ponimu di platform mereka sendiri, termasuk  juga menayangkan Girls Und Panzer di TV KAI.

Saat dikonfirmasi mengenai kerjasama antara Genflix dengan KAI, Marco menyebut hal tersebut murni kerjasama promosi antara Genflix dengan KAI. “Tapi Genflix memang meminta izin ke Ponimu dahulu untuk promosi itu,” sebutnya.

Hadirkan Pop Kultur Jepang secara Legal ke Berbagai Channel

Girls Und Panzer TV KAI Genflix Ponimu
Penayangan anime Garupan di TV KAI, Argo Parahyangan (Fernando Dioni/ISTIMEWA)

Dengan kerjasama dengan Genflix, Ponimu mempuyai visi yang kuat dalam membawa konten pop kultur Jepang secara legal ke pasar Indonesia. Hal tersebut termasuk dengan mendistribusikan lisensi ke seluruh Indonesia.

“Dan caranya tidak melulu harus dengan platform sendiri,” katanya, “salah satunya juga dengan mendistribusikan lisensi sebisa mungkin ke penjuru Indonesia melalui berbagai channel.” Hal tersebut termasuk dengan anime Garupan yang dilisensi oleh Ponimu kepada Genflix.

Garupan, atau yang biasanya disebut Girls & Panzer, adalah anime yang diproduksi oleh Studio Actas dengan pemegang lisensi Sentai Filmworks. Anime ber-genre Aksi, Olahraga, Sekolah, dan Militer ini tayang pertama kali pada 9 Oktober 2012 hingga 25 Maret 2013.

Mengambil cerita tentang seni bela diri tradisonal Jepang dengan menggunakan tank-tempur yang disebut dengan Sensha-do. Miho, seorang gadis yang baru saja pindah ke Orai Girls Academy di Prefektur Ibaraki, diperintahkan oleh ketua OSIS sekolah itu untuk bergabung dengan tim Sensha-do mereka untuk bersaing di kejuaraan Sensha-do tingkat nasional.

Nawala Karsa NK Kurio