Quantcast

Beranda » Pop Kultur » Bangkitnya Trend “Salaman Online” Kala Pandemi COVID-19

Bangkitnya Trend “Salaman Online” Kala Pandemi COVID-19

Salaman online yang viral setahun sekali selama Hari Raya Idulfitri menjadi terasa berbeda selama pandemi COVID-19 saat ini.

Salaman Online – Pada Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriyah kali ini terasa sangat berbeda dengan Idulfitri sebelumnya, karena pada salah satu Hari Raya umat Islam saat ini, terjadi di saat pandemi COVID-19 masih berlangsung.

Karena pandemi ini, hampir semua orang tidak bisa melakukan halal bi halal, Sholat Ied berjamaah, silaturahim ke tetangga, dan menyelenggarakan open house seperti yang biasa dilakukan saat Hari Raya Idulfitri karena rawan memicu keramaian dan penyebaran COVID-19.

Namun hal ini tidak menurunkan semangat Hari Raya karena pastinya netizen tidak kehilangan akal untuk tetap bersilaturahim di tengah-tengah pandemi. Salah satunya adalah melalui video call.

Selain itu, bagi netizen yang ingin saling meminta maaf satu sama lain sambil bersalaman tidak perlu khawatir tertular COVID-19, karena netizen menemukan cara alternatif untuk saling bermaaf-maafan, yaitu dengan melakukan salaman online.

Mengenal “Salaman Online

meme salaman online

Salaman online adalah salah satu cara alternatif dimana netizen bersalaman satu sama lain secara online dengan mengunggah foto tangan mereka dengan berpose layaknya ingin bersalaman.

Lalu netizen lain yang melihat unggahan gambar tersebut akan merespon dengan mengunggah foto tangannya dengan pose yang sama.

Dikutip dari Cinta Damai (Telah diarsipkan di archive.org). Awalnya trend ini dicetuskan oleh akun Twitter @Askmenfess (sayangnya akun tersebut telah di-suspend) setelah mengunggah cuitan untuk bermaaf-maafan secara online dengan mengunggah foto tangan netizen dengan berpose seperti sedang ingin bersalaman.

Cuitan tersebut langsung menjadi viral dimana tidak sedikit netizen yang ikut-ikutan mengunggah foto tangannya sambil berpose seperti bersalaman. Seperti yang diunggah oleh akun Twitter @aprettygrass dengan mengunggah foto tangannya disertai cuitan “Maap ya aku suka salty”.

Meme-nya Beragam!

Selain itu, ada saja netizen kreatif yang membuat meme dengan memanfaatkan momentum salaman online ini. Seperti dalam cuitan akun Twitter @AVSTRELLIA dengan mengunggah foto tangan miliknya dan berpose layaknya ingin bersalaman di depan foto presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Hikmah Dibalik Salaman Online Selama Pandemi COVID-19

Walau trend ini sudah ada sejak tahun 2018, tapi entah rasanya trend ini menjadi sangat berbeda di tahun ini, karena hanya pada tahun ini saja, kita benar-benar tidak bisa bersalaman satu sama lain karena rawan menyebarkan COVID-19 yang kini menjadi pandemi.

Loading...