Melalui presentasi terbaru di livestreaming Inside Xbox kemarin (7/5), Microsoft resmi mengumumkan bahwa seri gim Yakuza, yakni Yakuza 7: Like a Dragon dipastikan rilis di konsol Xbox One, Series X, serta PC lewat Steam.

Ryu Ga Gotoku 7 Bakal Rilis Bareng di Barat

Peluncuran seri Yakuza: Like a Dragon di konsol milik Microsoft tersebut juga dipastikan bebarengan dengan peluncurannya pada konsol Playstation 4 di Amerika serta Eropa. Pemesanan secara pre-order telah tersedia di sejumlah di kawasan Amerika Utara dan Eropa.

Ryu Ga Gotoku 7 sendiri akan menjadi launch title atau judul gim yang akan diluncurkan bebarengan dengan konsol Xbox Series X. Dan nantinya bagi yang sudah memiliki gim tersebut pada versi Xbox One dapat memainkannya juga pada Xbox Series X, begitu pula sebaliknya.

Rilis Januari 2020 di Jepang

Yakuza Like a dragon Xbox ps4

Ryu Ga Gotoku sendiri sudah rilis di tahun 2005 untuk PlayStation 2 untuk seluruh dunia, namun baru benar-benar terkenal setelah Sega merilis Yakuza 0 yang merupakan permulaan dari seri Yakuza diikuti dengan remake Yakuza 1 yang berjudul Yakuza Kiwami yang dirilis untuk PlayStation 4 dan PC.

Yakuza 7: Like A Dragon direncanakan akan rilis untuk Playstation 4 pada tanggal 16 Januari 2020 di Jepang, Cina, dan Korea Selatan, kemudian di tahun yang sama untuk Amerika Utara dan Eropa. Seri ini sendiri bisa dimainkan di Tokyo Game Show 2019 pada tanggal 12 – 15 September 2019.

Berbentuk Turn Based RPG

Pada pagelaran Tokyo Game Show 2019, Sega memperlihatkan gameplay pertama Yakuza: Like a Dragon (atau Ryu ga Gotoku 7 di Jepang), sebelum ditampilkan di presentasi Inside Xbox 2020.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, Yakuza kali ini mengambil tindakan drastis yakni merubah gameplay dari beat ‘em up menjadi turn-based RPG. Hal ini menuai kontroversi dikalangan penggemarnya dikarenakan perubahan drastis yang diambil oleh Studio Ryu Ga Gotoku. Namun, hal ini tidak menyurutkan ambisi tim studio untuk tetap mempertahankan keputusan mereka.

Dalam trailer tersebut, kita bisa lihat Kasuga Ichiban bertarung dengan peran berbeda, termasuk peran dasarnya ‘hero’, dan peran lainnya seperti ‘dancer’ yang bisa dia ganti di Hello Work (perusahaan lowongan kerja Jepang yang fokus pada pemindahan kerja).

Kita juga melihat beberapa mini game andalan Yakuza yang tentunya menjadi favorit para penggemarnya seperti karaoke, klub karbaret, darts, golf, mahjong, batting centre, dan masih banyak lagi. Sega juga mengonfirmasi bahwa game retro akan kembali hadir seperti OutRun, Fantasy Zone, Space Harrier, Virtua Fighter 2, Virtua Fighter 5 yang nantinya akan bisa kalian mainkan di Sega Club. Sega Club adalah gedung arcade milik Sega yang tersebar di wilayah Jepang.

Terlihat bahwa SEGA menggunakan sistem real time RPG  dalam Yakuza: Like a Dragon ini. Dimana pemain bebas menggerakan karakter lalu memasukan tombol perintah seperti Kingdom Hearts. UI nya terlihat seperti Persona 5 dimana tiap tombol merupakan tombol perintah. Tidak heran mengingat Sega telah membeli Atlus.

Yakuza: Like a Dragon mencertikan sepak terjang Kasuga Ichiban di Ijinchou, Yokohama dalam misinya yakni pembuktian diri. Dikabarkan bahwa Ijincho 3-4 kali lebih luas dibanding Kamurocho yang merupakan setting utama Yakuza.

Nawala Karsa NK Kurio