Preview Final Closed Beta Genshin Impact

Avatar
preview genshin impact

miHoYo baru saja memulai Final Closed Beta untuk game tebarunya, yakni Genshin Impact. Nawala Karsa berkesempatan untuk mencoba game-nya di periode testing ini, seperti apa kesannya?


Disclaimer: Preview ini berdasar pada pengalaman Final Closed Beta Genshin Impact. Preview ini tidak mewakilkan kualitas final product game-nya.


Apa Itu Genshin Impact?

preview genshin impact

Dikutip dari press release miHoYo, Genshin Impact adalah game Open World Action RPG yang menempatkan pemain di daratan Teyvat, sebuah dunia fantasi yang luas, dengan karakter bervariasi, pertarungan berbasis elemen, dan berpusat pada permainan eksplorasi bebas yang dipenuhi kisah – kisah menarik. Pemain akan berperan sebagai “Traveler” misterius yang memulai perjalanan untuk menemukan saudaranya yang hilang, dan bersamaan dengan itu, sang Traveler perlahan mengungkap mister-misteri yang tersembunyi di dalam Teyvat.

Genshin Impact dapat dimainkan secara Co-op dengan pemain dari PS4, PC, iOS, dan Android.

Kesan pertama bermain

preview genshin impact

Ini merupakan pertama kalinya saya melakukan preview game Genshin Impact. Kesan pertama saat mencoba game-nya tentu saja grafik apiknya yang menyambut pemain saat pertama memulai permainannya.

Kalian akan diberikan pilihan untuk memilih satu diantara dua saudara untuk dijadikan Player Character. Ini menentukan gender dari karakter yang kalian pilih, laki – laki atau perempuan.

Setelah memilih karakter, kalian akan disambut dengan lanjutan cut scene dengan animasinya yang sangat indah.  Tentu saja tak lama kemudian, kalian akan bisa mengontrol karakter kalian dan mulai berpetualang di dunia Teyvat.

Memukau, grafis gim Genshin Impact sangat menarik!

preview genshin impact

Ini hal yang saya tidak tahu saat awal bermain, Genshin Impact adalah game Free to Play. Kenapa kaget? Dari sejak awal bermain dam memasuki dunia Teyvat, game ini sangat dipenuhi dengan konten yang berkualitas tinggi.

Kesan awal pertama kalian dengan grafik pada game ini pasti akan tertuju pada suatu game terkenal dari platform Nintendo Switch, The Legend of Zelda: Breath of the Wild.

Memang benar, shading dari game ini sangat mirip dengan Breath of the Wild. Dari desain dunia, musuh, peletakan desain markas musuh, sangat sulit untuk bilang bahwa game ini tidak terinsipirasi dengan Breath of the Wild. Sedikit perbedaan, desain karakter dari game ini lebih mirip dengan gaya Anime, cek Honkai Impact, game miHoYo sebelumnya.

Gameplay Overview

preview genshin impact

miHoYo tidak berhenti di grafik dalam mengambil inspirasi dari Breath of the Wild. Dari sisi gameplay, combat dari game ini mengandalkan efek environmental destruction dan kebebasan serta kreasi pemain untuk berinteraksi dengan musuh.

Selain itu, fitur character switching dari Honkai Impact memulai debutnya disini. Dalam petualangannya di dunia Teyvat, pemain akan mendapat party tambahan dari karakter – karakter lain yang akan bergabung.

Masing – masing dari karakter ini memiliki keunikannya tersendiri. Sebut saja Amber dengan panah apinya yang mampu menghancurkan halangan – halangan yang butuh dihanguskan.

Karakter lain seperti Kaeya dengan elemen es nya juga dapat memberikan efek menarik jika digabungkan dengan elemen – elemen seperti air yang berada di lingkungan sekitar. Character switching ini dilakukan secara real – time, sehingga pemain dapat mengganti karakter didalam combat dan memanfaatkan kombo – kombo menarik. Bagi yang familiar dengan game miHoYo sebelumnya, Honkai Impact, pasti akan merasa nyaman dengan fitur character switching di game ini.

Combat di game ini memanfaatkan elemen – elemen dasar seperti api, es, angin, dan listrik. Pemain dapat memanfaatkan elemen – elemen ini  untuk melawan musuh. Contoh saja “Electro – Charged” efek ini terjadi jika air bertemu dengan listrik.

Open world di Teyvat

preview genshin impact

Selain combat, terdapat juga eksplorasi Open World di Genshin Impact dimana pemain bebas berkeliling di dunia Teyvat. Salah satu fitur menarik di dunia Open World adalah memasak.

Mirip dengan Breath of the Wild, pemain dapat mencari cooking pot untuk mulai memasak. Bahan – bahan untuk memasak dapat kalian dapatkan dari looting di dunia Open World, contoh saja, apel yang bisa diambil dari memanjat pohon.

Kalian juga dapat mengambil ikan yang ada di sungai, ataupun kepiting yang berjalan – jalan bebas. Hasil masakan kalian akan dinilai dengan rating bintang, semakin banyak bintangnya, semakin bagus efek yang kalian dapatkan.

Quest dan Leveling Genshin Impact

preview genshin impact

Quest di Genshin Impact terdiri beberapa macam, contoh saja character story quest. Character story quest adalah quest yang akan membawa pemain mengenal lebih dekat karakter – karakter di dunia Teyvat.

Selain itu, ada juga Archon Quest yang bisa dibilang adalah main story utama dari game ini. Oh iya, untuk level di game ini terbagi menjadi dua, character level dan adventure rank.

Character level adalah level dari masing – masing karakter yang kalian punya. Contoh saja Amber dan Lisa adalah dua karakter berbeda yang bisa kalian rekrut. Mereka memiliki level masing – masing yang bisa kalian naikan secara individual.

Adventure Rank sendiri adalah level global dari akun kalian. Menaikan adventure rank berguna untuk melakukan ascension pada karakter kalian, ataupun menaikan tingkat kesulitan dan hadiah yang kalian dapatkan dari open world.

Overall Impression Genshin Impact

preview genshin impact

Saya sendiri mendapat pengalaman yang cukup positif dari CBT Genshin Impact ini. Walaupun performance-nya tidak bisa dibilang bagus (frame rate drop dan beberapa crash), pengalaman mengulang kembali open world ala Breath of The Wild memang cukup menyenangkan.

Kalian pasti heran, dari tadi kok Genshin Impact kelihatannya mirip banget dengan Breath of The Wild? Dan tentu saja saya bisa menjawab, Ya! Game ini memang sangat terinspirasi berat dari Breath of the Wild dari sisi gameplay ataupun grafik.

Apakah ini hal buruk? Menurut saya tidak. Begini, di tahun 2020 ini, game open world sudah sangat banyak memenuhi pasar. Dari open world ala Ubisoft dengan gaya “radio tower” nya maupun game open world dengan prinsip bebas total ala Bethesda.

Saat rilis di Nintendo Switch, The Legend of Zelda: Breath of The Wild membawa inovasi yang cukup wah di genre open world. Dengan kebebasan serta fokus pada kreasi pemain dalam berinteraksi dengan suatu kegiatan ataupun combat, masih sedikit sekali game yang memanfaatkan fitur ini. Saya sendiri sangat welcome untuk game lain membawa bumbu Breath of the Wild masuk ke pasar.

preview genshin impact

Walaupun dimulai dengan kontroversi, Genshin Impact membawa legacy dari Breath of The Wild, tentu saja dengan kualitasnya yang terjaga. Ini bukan game asal jiplak dengan kualitas yang pas – pasan. Kalian pasti bisa merasakan saat mencoba game ini, dari animasi, grafis, kualitas combat, semuanya tidak mencerminkan game yang dibuat dengan setengah hati.

Dan ini membawa kita ke faktor terakhir, kok bisa game dengan kualitas tinggi begini gratis? Tentu saja jawabannya…

Preview Genshin Impact: GACHA!

preview genshin impact

Ya, tentu saja game dengan kualitas tinggi seperti ini tidak akan memberikan pengalamannya dengan cuma – cuma. Beberapa saat setelah bermain, kalian akan dikenalkan dengan halaman seperti diatas ini.

Di gacha ini, kalian bisa melakukan summoning senjata ataupun karakter dengan rarity-nya masing – masing. Saya baru merasakan 10 roll di 1 banner saja, jadi belum bisa bicara banyak tentang separah apa gacha di game ini.

Kalian bisa melihat sendiri info persentase dari berbagai karakter dan senjata di dalam game-nya. Berharap saja kalian bisa dengan mudah mendapat karakter favorit kalian ya?

Itulah preview dari Genshin Impact dari saya. Dan ingat, ini pengalaman saya bermain closed beta, masih banyak yg mungkin akan berubah, jadi anggap saja sebagai intipan sedikit sebelum bermain game final-nya ya?