Quantcast

Beranda » Youtube » Harga Komik ELEX Media dan M&C! Alami Perubahan Mulai 1 Januari 2020

Harga Komik ELEX Media dan M&C! Alami Perubahan Mulai 1 Januari 2020

ELEX Media Komputindo melalui cuitan Twitter-nya menyebut bahwa mereka akan melakukan penyesuaian harga komik ELEX Media Komputindo dan komik divisi ELEX yaitu M&C!. Penyesuaian harga tersebut akan mulai dilakukan pada tanggal 1 Januari 2020 mendatang.

Penyesuaian harga tersebut terjadi lantaran adanya penyesuaian biaya produksi untuk buku-buku manga tersebut. Komik yang mengalami perubahan harga ialah komik yang terbit sejak 1 Januari 2020 maupun komik yang diterbitkan ulang setelah tanggal 1 Januari 2020.

Harga Komik ELEX dan M&C! Pasca Penyesuaian

Harga komik sebelum dilakukan penyesuaian harga adalah sebesar Rp.25.000,- dan harga tersebut akan mulai disesuaikan dan otomatis naik menjadi Rp. 28.000,-. Harga yang disebutkan tersebut merupakan harga penyesuaian untuk regional pulau Jawa, Bali, kawasan Lampung, serta Lombok.

Untuk harga komik ELEX Media Komputindo dan M&C! di Kawasan SUMATERA dan Kawasan MAKASSAR akan disesuaikan menjadi sebesar Rp.30.800,- yang berbeda Rp.2.800,- dari harga di regional pulau Jawa, Bali, Lampung, serta Lombok. Penyesuaian harga di kawasan BANJARMASIN dan PONTIANAK sendiri sebesar Rp.32.200 dan berbeda Rp.4.200,- dari harga di regional pulau Jawa, Bali, kawasan Lampung, serta Lombok.

Penyesuaian harga komik di kawasan MAUMERE, KUPANG, TARAKAN, MANADO, GORONTALO, KENDARI, BALIKPAPAN, SAMARINDA sendiri ditetapkan menjadi Rp.33.600,- dan berbeda Rp.5.600,- dari harga di regional pulau Jawa, Bali, Lampung, serta Lombok.

Perubahan harga komik ELEX Media Komputindo di kawasan timur Indonesia mengalami peningkatan yang cukup maksimum dimana untuk harga komik di kawasan TERNATE dan MALUKU adalah sebesar Rp.35.000,- serta untuk di KOTA JAYAPURA mengalami penyesuaian harga menjadi Rp.36.400,-. Di kawasan tersebut, harga yang disesuaikan naik menjadi Rp.7.000,- dan Rp.8.400,- dibandingkan untuk regional pulau Jawa, Bali, Lampung, serta Lombok.

Berikut data yang lebih detil pada tabel berikut, yang dipublikasi melalui ELEX Media Komputindo :

HARGA

AWAL

HARGA

PENYESUAIAN

(PER 1 JANUARI 2020)

HARGA

JAWA, BALI, LAMPUNG, LOMBOK

HARGA

SUMATERA & MAKASSAR

HARGA

BANJARMASIN & PONTIANAK

HARGA

MAUMERE, KUPANG, TARAKAN, MANADO, GORONTALO, KENDARI, BALIKPAPAN, SAMARINDA

HARGA

TERNATE

& MALUKU

HARGA

JAYAPURA

Rp25.000

(Komik Reguler)

Rp28.000 Rp28.000 Rp30.800 Rp32.200 Rp33.600 Rp35.000 Rp36.400

Info dari ELEX Media Undang Respon Netizen

Cuitan yang di-retweet oleh Editor ELEX Media-Level Comics tersebut menuai respon yang cukup beragam dari berbagai netizen yang umumnya membeli komik ELEX Media maupun M&C! di toko buku terdekat:

“Kertasnya bisa dibagusin, typo juga dikurangin… Jangan naik harga, tp kualitas cetakan menurun ya, min… Di jaman skrg beli buku fisik itu sama kayak koleksi, bukan cuma krn pingin baca”

Cobaan berat tahun 2020.

“komik premium harganya berubah juga kah? atau hanya untuk yg reguler?”

“Siap~~ selama sesuai sama kualitasnya gk masalah mau harga naik pun”

“Gw rela harga naik asal Vinland Saga dilanjutin”

“Tolong gunakan kualitas kertas dan tinta yang lebih baik, saya gak masalah bayar lebih seperti premium Miiko. Daripada beli setengah harganya tapi kualitasnya sedih. Lebih baik lagi, tolong mulai komik digital aja”

“Dibanyakin dong komik versi premiumnya atau yg special edition gitu kayak Hai Miiko. Rela deh ngeluarin uang lebih demi cover ciamik serta kualitas kertas komik yg sama seperti aslinya. Lebih worth it sih”

Daftar Komik Premium yang Tidak Naik Harga!

Harga Komik ELEX Media Kimetsu no Yaiba Demon Slayer
Salah satu komik ELEX Media, Kimetsu no Yaiba atau Demon Slayer

Kendati demikian, ELEX Media melalui akun Twitter Editor Komik ELEX-Level Comics pada cuitannya menyebut bahwa sejumlah komik jenis bookpaper atau yang umumnya disebut sebagai komik versi premium tidak akan mengalami perubahan harga pada tahun 2020 mendatang.

Berikut adalah daftar Komik Premium dari ELEX Media yang telah terbit pada 2019 maupun yang akan terbit pada 2020 mendatang yang nantinya tidak akan mengalami perubahan harga:

Loading...