Penerbit Haru Pastikan Rilis Novel Hyouka 5 Tahun Ini

Avatar
Hyouka Kyoto Animation
Serial Hyouka, yang pernah diadaptasi oleh Studio Kyoto Animation menjadi anime

Setelah merilis empat seri Hyouka atau seri Kotenbu dari tahun 2017 hingga 2019. Penerbit Haru dipastikan akan kembali merilis novel seri ke-5 Hyouka dengan judul aslinya Futari no Kyori no Gaisan tahun 2020 ini. Kepastian terbit dari kelanjutan seri Hyouka ini diumumkan lewat postingan video akun Facebook resmi dari Penerbit Haru pada Jumat (29/05) lalu.

https://www.facebook.com/223051994415907/videos/833785197030500

Lewat postingan video yang berdurasi 36 detik tersebut. Penerbit Haru memperlihatkan kilas balik seri Kotenbu yang telah mereka terbitkan sebelumnya dari tahun 2017 hingga 2019. Seperti dari seri pertama Hyouka, seri kedua Credit Roll of the Fool, seri ketiga The Kudryavka Sequence. Dan seri keempat The Doll That Took A Detour.

Di akhir video. Penerbit Haru mengumumkan akan menerbitkan seri kelima dari serial Kotenbu karangan Honobu Yonezawa pada paruh kedua tahun ini.

Sinopsis Seri Ke-5 Novel Hyouka

Seri kelima ini bakal menceritakan dua kisah yang saling berhubungan, yang berpusat pada Oreki saat ia tengah menjalankan perlombaan maraton di sekolahnya.

Namun, Oreki mengingat kejadian sebelum perlombaan dimulai, ketika Klub Sastra Klasik menyambut anggota baru bernama Tomoko Ōhinata, yang keluar dari klub tidak lama setelah dia bergabung.

Oreki mencoba mencari tahu alasan mengapa Tomoko meninggalkan klub sambil mengikuti perlombaan. Ia sedikit mencurigai percakapan dengan Chitanda yang terbiasa tenang dan memahaminya sebagai alasan Tomoko berhenti.

Seri kelima ini adalah seri yang belum pernah diadaptasi menjadi anime seperti seri pertama hingga keempat. Adaptasi anime dari seri ini diangkat oleh studi Kyoto Animation dengan sutradara Yasuhiro Takemoto pada tahun 2012 dengan episode berjumlah 22 dan satu episode OVA.

Serial Kotenbu atau yang lebih dikenal dengan seri Hyouka, merupakan novel karangan Honobu Yonezawa yang seri pertamanya dipublikasikan pada tahun 2001. Honobu Yonezawa pernah mendapatkan penghargaan Mystery Writers of Japan Awards, dan Shugoro Yamamoto Prizes. Pernah diadaptasi menjadi anime yang diproduksi Kyoto Animation pada tahun 2012 dan film layar lebar pada tahun 2017.

Animenya sendiri hanya mengadaptasi 4 buku pertama dari seri ini. Sedangkan filmnya hanya mengadaptasi buku pertamanya, Hyouka. Buku keempat ini adalah sumber cerita terakhir yang didaptasi oleh Kyoto Animation. Hingga saat ini, terdapat 6 buku Kotenbu Series yang sudah diterbitkan di Jepang.

Penerbit Haru menjadi penerbit yang menerbitkan seri Hyouka dalam bahasa Indonesia sejak tahun 2017, dari seri pertama hingga keempat. Dan di tahun ini, Penerbit Haru akan kembali menerbitkan seri kelima dari serial Kotenbu pada paruh kedua tahun 2020.


Nawala Karsa pernah memprediksi bahwa Penerbit Haru akan berencana untuk menerbitkan Novel ke-5 dari seri Hyouka di tahun 2019. Anda dapat membacanya pada link berikut.