Quantcast

Beranda » Pop Kultur » Pembangunan Ghibli Park akan Dimulai Pada Bulan Juli 2020!

Pembangunan Ghibli Park akan Dimulai Pada Bulan Juli 2020!

Sebuah taman hiburan bertemakan dari anime Studio Ghibli dari Jepang bernama Ghibli Park akan mulai dibangun pada bulan Juli 2020.

Pembangunan taman hiburan bertemakan Studio Ghibli, Ghibli Park di prefektur Aichi, Jepang akan dimulai. Rencananya, destinasi wisata Studio Ghibli teranyar tersebut akan dibuka pada tahun 2022.

Pembangunan 3 Area Pertama Ghibli Park Memakan Biaya 10 M Yen

Menurut laporan dari Nikkei News melalui ANN, pembangunan Ghibli Park akan dimulai pada Juli tahun ini. Perusahaan konstruksi Kajima Corporation berada di bawah kontrak untuk membangun tiga area pertama Ghibli Park. Jumlah dana yang dikucurkan untuk membangunnya mencapai ¥ 10.657.900.000.

Rencananya Ghibli Park akan dibuka pada musim gugur 2022. Pihak pengembang mengantisipasi tidak adanya gangguan selama pembangunan berlangsung yang diakibatkan oleh pandemi virus Corona. Stasiun televisi Nagoya TV juga memberikan laporan berita terkini terkait pembangunan Ghibli Park. Berdasarkan laporan tersebut, diperlihatkan video konstruksi taman beserta desain konsep taman secara eksklusif.

Pembangunan Ghibli Park Telah Direncanakan Bersama Prefektur Aichi

Taman hiburan bertemakan anime dari Studio Ghibli sudah direncanakan sejak 2017 dan pada mulanya akan dibuka pada tahun 2020. Rancangan dasar taman tersebut telah diperlihatkan pada tahun 2018.

Pemerintah prefektur Aichi telah mengucurkan dana sebesar 31 M yen untuk pembangunan taman yang akan berlangsung 2 – 3 tahun lamanya. Dana tambahan sebesar 3 M yen untuk biaya perencanaan dan desain taman juga digelontorkan.

Pihak Studio Ghibli dan Pemerintah Prefektur Aichi telah bekerja sama untuk membangun taman hiburan tersebut di sebuah area di Nagakute, Aichi Expo Park (Moricoro Park). Di area luas tersebut pernah diselenggarakan Pekan Raya Dunia (World’s Fair) pada tahun 2005.

3 Area Taman Pertama Dibuka 2022, 2 Area Tambahan Menyusul

Saat pembukaan perdana, ada tiga macam area yang akan dibuka; Dondoko Mori (Dondoko Forest), Ghibli no Daisokou (Giant Ghibli Storehouse), dan Seishun no Oka (Hill of Youth). Adapun Dondoko Mori merupakan area yang terinspirasi dari anime My Neighbour Totoro (Tonari no Totoro).

Rencananya pihak pengembang akan membuka dua area tambahan yang terinspirasi dari anime Princess Mononoke (Mononoke Village) dan Kiki’s Delivery Service (Majo no Tani). Area tersebut akan dibuka pada tahun 2023.

Pihak pengembang memprediksi bahwa theme park Studio Ghibli akan dikunjungi sebanyak 1 juta orang sejak pembukaan pertama dan akan berkemabang hingga 1,8 juta orang ketika semua area telah dibuka. Untuk mengantisipasi membludaknya pengunjung di masa mendatang, pihak pengembang akan menambahkan area parkir berkapasitas 1.500 kendaraan di sekitar area taman dan jalan.

Pameran Tertunda Akibat COVID-19

Studio Ghibli mengadakan pameran bertajuk “The Great Ghibli Exhibit ~Two More Years Until the Ghibli Park’s Opening~”. Di dalamnya akan dipamerkan detil seperti apa nantinya isi dari taman hiburan tersebut yang terakhir kalinya sebelum berlanjut ke realisasinya.

Pameran tersebut seharusnya diselenggarakan pada 25 Juni hingga 16 September 2020 di Museum Seni Prefektur Aichi, namun ditunda karena kekhawatiran akan merebaknya virus Corona. Hingga saat ini pihak penyelenggara belum mengumumkan jadwal terbaru pameran.

Pilihan Alternatif Destinasi Wisata Studio Ghibli

Di sekitar area yang nantinya akan dibangun Ghibli Park, telah dibangun replika rumah Satsuki dan Mei dari anime My Neighbor Totoro. Rumah tersebut pernah menjadi lokasi pameran Studio Ghibli pada tahun 2008 dan 2015.

Destinasi wisata penting lainnya adalah Museum Studio Ghibli di Mitaka, pinggiran Tokyo. Museum tersebut dipenuhi berbagai replika dan pameran interaktif berdasarkan anime produksi Studio Ghibli.

Bagaimana tertarik untuk mengunjungi Taman Hiburan Ghibli Park? Mungkin kalian harus buat rencana liburan kesini setelah pandemi COVID-19 di seluruh dunia sudah berakhir.

Loading...