Pada hari Selasa (20/10) lalu, perusahaan penyiaran Jepang terkemuka Nippon TV resmi melakukan ekspansi dalam dunia animasi dengan membentuk departemen Anime.

Departemen anime akan dikepalai Kako Kuwahara

Departemen Anime Nippon TV Kako Kuwahara
Kako Kuwahara | FOTO: Nippon TV

Dalam rilis pers, Nippon TV turut memaparkan bahwa Kako Kuwahara akan menjadi kepala departemen yang berada dalam lingkup divisi pengembangan bisnis perusahaan. Kuwahara sendiri sebelumnya menjabat sebagai Managing Director dalam divisi International Business. Kini, ia didapuk sebagai Wakil Presiden Eksekutif dari divisi pengembangan bisnis.

Presiden Business Development Nippon TV, Keiichi Sawa menyatakan bahwa perusahaan yang bergerak di industri penyiaran tersebut perlu memiliki departemen tersendiri yang berfokus dalam bidang anime.

“Selama bertahun-tahun, anime telah menjadi produk unggulan Nippon TV dan kami telah memproduksi sejumlah serial anime terkenal seperti Lupin the 3rd, Death Note, Hunter x Hunter, dan masih banyak lagi,” ujar Sawa, “namun kini adalah waktu yang tepat bagi kami untuk membentuk departemen yang berfokus pada anime sebab genre tersebut sangat disukai banyak orang di seluruh dunia.”

Keiichi Sawa turut menyatakan bahwa Nippon TV, melalui departemen tersebut, akan memproduksi sekaligus mendistribusikan anime yang mereka buat, baik di dalam maupun luar negeri.

Siap distribusikan anime Tsukimichi secara global

Sebagai langkah pertama, departemen anime Nippon TV akan mendistribusikan anime TSUKIMICHI -Moonlit Fantasy- secara global. Anime yang diadapdasi dari novel berjudul serupa itu diproduksi oleh Studio C2C.

TSUKIMICHI sendiri diadaptasi dari novel karya Kei Azumi. Yang menceritakan tentang seorang pelajar biasa bernama Makoto Misumi, yang secara tiba-tiba ‘ditarik’ ke dunia lain untuk menjadi seorang pahlawan. Meski begitu, para dewa menjelekkannya dan membuangnya ke alam liar. Dengan kekuatan magis serta keterampilan bertempur yang luar biasa, ia berusaha bertahan di dunia lain tersebut serta membuka gerbang reformasi sosial dalam dunia fantasi tersebut.

Apa itu Nippon TV?

Tokyo Nippon TV Virus Corona COVID-19
Stasiun televisi Nippon TV Tower, Tokyo

Nippon TV adalah salah satu perusahaan penyiaran swasta terbesar di Jepang. Perusahaan tersebut telah memproduksi program-program menarik termasuk anime, seperti Lupin the 3rd, Death Note,Hunter x Hunter, Chihayafuru, Parasyte the Maxim dan masih banyak lagi.

Nippon TV sendiri memiliki dua studio produksi anime, yakni MADHOUSE, dan Tatsunoko Production. Tak hanya itu, perusahaan swasta tersebut menjalin kerjasama jangka panjang dengan Studio Ghibli, dan Studio Chizu guna menghadirkan konten anime Jepang yang berkualitas dan tersebar di penjuru dunia.

Nippon TV merupakan pemilik dari layanan platform Hulu Japan. Konten-konten yang diproduksi oleh perusahaan penyiaran tersebut juga dapat ditonton melalui GEM.

 

Koreksi: Penulisan judul yang seharusnya ialah “Nippon TV Bentuk Departemen Anime, Pegang Hak Distribusi Tsukimichi” dan bukan “Nippon TV Bentuk Departemen Anime, Pegang Hak Cipta Tsukimich“. Redaktur Nawala Karsa meminta maaf atas kesalahan penulisan tersebut.

Nawala Karsa NK Kurio