Musik  

Mengenal Nanjolno, Sosok Vokalis Dibalik Band fripSide

Matias Arvino Andrhasa
fripside nanjolno header

Siapa sih yang nggak mengenal band fripSide? terutama untuk kalian yang menyukai anime. Band fripSide ini sudah sering mengisi banyak lagu-lagu dalam anime terkenal loh seperti, A Certain Scientific Railgun, Seraph of The End dan Boarding School Juliet.

Nah namun, apakah kalian sudah mengenal salah satu vokalisnya yaitu Nanjolno? tanpa basa-basi mari kita simak.

Siapa itu Nanjolno?

Yoshino Nanjo (南條 愛乃) atau yang lebih dikenal dengan “Nanjolno”, merupakan seorang Seiyuu (atau pengisi suara) sekaligus Vokalis dari Band fripSide. Namun , karir awal Nanjo sebagai seorang vokalis pada tahun 2009, dimana Nanjo menggantikan Lead vokalis fripSide terdahulu yaitu Nao.

Lagu pertamanya sebagai band fripSide adalah “My Only Railgun” yang dimana adalah tema lagu dari anime A Certain Scientific Railgun dari sinilah awal mula fripSide semakin dikenal luas karena sering mengisi lagu untuk seri anime tersebut.

Selain itu, Nanjo juga mengisi suara salah satu tokoh dari anime Love Live! School Idol Project yaitu Eli Ayase pada tahun 2010. Tak sampai di sana, dalam karirnya di 2015, Dia bersama anggota dari Love Live! School Idol Project, berhasil memenangkan Award di 9th Seiyuu sebagai best performance grup musikal.

Daftar Lagu Buatan Band fripSide

Nah, untuk kalian yang kurang tahu seperti apa lagu-lagu yang biasa dinyanyikan oleh band fripSide ini, kalian bisa nih cek beberapa album yang mungkin bisa bikin kalian jatuh hati sama suara Nanjolno:

  1. My Only Railgun (2009) – dari seri anime A Certain Scientific Railgun
  2. Sister’s Noise (2013) – dari seri anime A Certain Scientific Railgun S
  3. Black Bullet (2014) – dari anime Black Bullet
  4. Two Souls – Toward the Truth (2015) – dari seri anime Seraph of The End
  5. Final Phase (2019) – dari seri anime A Certain Scientific Railgun T

Umumkan Berhenti Akhir Oktober Lalu

Gimana, sudah tertarik mendengarkan lagu-lagu dari fripSide? Namun, sangat disayangkan pada Minggu, 31 Oktober 2021 yang lalu Nanjolno, sudah menyatakan kelulusan dirinya dari fripSide pada Nico Nico Live dan hal ini diperkuat oleh berita resmi dari nbcuni-music.

Tetapi kabar baiknya Nanjolno, masih akan melakukan tur terakhirnya pada tahun 2022 mendatang dengan tema “fripSide Virtual Live 2022 in Vark” pada januari mendatang dan fripSide Phase2 FINAL ARENA TOUR pada April 2022 di jepang sana.


Penulis: Matias Arvino