Broadcasted by Galau Jikan FM

Dibalik Layar Viral-nya Meme ‘Iri Bilang Bos’ atau ‘Hina Aja Terus’

Avatar
meme iri bilang bos
Nawala Karsa - Dibalik layar viralnya meme "iri bilang bos"

Belakangan ini, netizen cukup diramaikan dengan gambar seseorang berpose dengan menghadapkan tangannya kedepan serta ditambahkan caption “Iri bilang bos” atau “hina aja terus”.

Dikutip dari Know Your Meme Indonesia, rupanya meme tersebut terinspirasi dari video “editan berkelas” yang sudah menjadi meme lebih dulu.

Awal kemunculan meme tersebut berasal dari screenshot video “editan berkelas” yang memakai karakter dari game ponsel Free Fire berpose dengan menghadapkan satu tangannya kedepan disertai caption “Iri bilang bos”. Sayangnya tidak diketahui asal video tersebut.

Tapi ‘tak ada angin, tak ada hujan’, dalam waktu singkat gambar tersebut justru menjadi viral setelah sejumlah netizen membuat meme menggunakan screenshot tersebut.

Diketahui salah satu netizen yang mempopulerkan meme tersebut adalah akun Facebook bernama Unkl Mitbal dengan mengunggah gambar dari screenshot tersebut, namun caption asli pada gambar tersebut diubah menjadi “Rukun Islam ada 5”.

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=867956377039064&set=a.133404427160933&type=3

Selain itu, ada juga netizen yang membuat meme serupa, namun memakai foto ataupun gambar yang bukan berasal dari game ponsel “battle royale” tersebut.

Seperti yang diunggah oleh Fan Page Facebook “Pengamen Maksa Si Kasumi” dengan mengunggah gambar Kitazawa Hagumi dari anime “Bang Dream” berpose mirip dengan meme yang asli, serta ditambahkan caption “Iri bilang bos”.

https://www.facebook.com/527888997722702/photos/a.527949717716630/855540268290905/?type=3

Pelopor Viral-nya Meme “Iri Bilang Bos”

Dalam postingan terpisah, Know Your Meme Indonesia menjelaskan meme tersebut sebenarnya merupakan salah satu dari meme yang dinamai “Video Editor Freefireposting”.

Dijelaskan bahwasanya meme tersebut berasal dari netizen yang memiliki kertertarikan dalam meng-edit video yang diambil dari game ponsel pintar bernama Free Fire, lalu video tersebut diedit se”wah” mungkin serta ditambahkan caption berupa “quotes“.

Salah satu netizen yang gemar dan paling dikenal dalam membuat video edit tersebut adalah akun Instagram bernama @story_kuii. Akun tersebut diketahui sebagai trendsetter viral-nya video tersebut.

Selain menyediakan transaksi jual-beli diamond (mata uang di game Free Fire), @story_kuii juga rajin mengunggah video yang telah diedit menggunakan karakter dari game tersebut. Seperti salah satu contoh video yang dia unggah di bawah ini.

https://www.instagram.com/p/B72m3H6gD0t/

Karena editannya yang “wah”, malah memancing netizen untuk membuat video serupa, namun dengan tujuan menyindir mereka yang membuat video tersebut. Seperti video yang diunggah oleh Fan Page Facebook ENUNK 82, dengan menggunakan video seseorang mengamuk di depan komputernya setelah melihat video tersebut.

https://www.facebook.com/Enunk82/videos/228720551518598/


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.