Selain Kimetsu no Yaiba, Soundtrack Noragami Pernah Pakai Adzan!

Avatar

NORAGAMI – Bagi yang sudah mendengar salah satu soundtrack anime Kimetsu no Yaiba yang saat ini ramai diperbincangkan karena ada suara adzan pada soundtrack tersebut sehingga menuai protes. Namun sadarkah bahwa kejadian ini bukan pertama kalinya? Karena pada sekitar tahun 2015 silam. Sempat ada kejadian serupa. Bahkan sampai diliput media nasional.

Seperti yang dikutip dari Republika, netizen terkejut dengan salah satu soundtrack anime Noragami Aragoto yang berjudul “Push Button” dimana pada soundtrack tersebut terdengar suara adzan atau syahadat.

Berawal saat akun YouTube AeonCaelum mengunggah soundtrack tersebut pada tanggal 28 November 2015 dengan judul “Noragami Aragoto OST 31 – Push Buttons“.

Meski terdengar samar-samar karena melewati proses editing, tapi tetap saja terdengar seseorang seperti mengucapkan “Asyhadu alla ilaha illallah” di detik ke-0:29 dan “asyhadu anna Muhammadar rasulullah” yang lumrah didengar saat adzan dan mengucapkan syahadat.

Push Button adalah salah satu soundtrack dari anime Noragami Aragoto yang diaransemen oleh Taku Iwasaki yang terdapat pada CD kedua dengan urutan nomor track ke-13 dalam album Original Soundtrack 2, Noragami no Oto. Kejadian ini menjadi yang pertama, sebelum kasus Soundtrack Kimetsu no Yaiba yang memiliki Adzan.

Menuai Protes

soundtrack kimetsu no yaiba adzan

Dikutip dari Liputan6, Karena tidak sedikit yang memprotes soundtrack tersebut, tim produksi Noragami Aragoto meminta maaf atas kejadian itu langsung melalui situs resminya. Selain itu, penjualan DVD dan Blu-ray anime tersebut sempat ditunda karena kejadian ini.

“Tidak pernah ada niat untuk menghina umat Islam atau menghujat Islam,” ujar perwakilan produser.

“Suara itu direkam dan dipublikasikan tanpa mempelajari maknanya, yang mengakibatkan (tanpa disengaja) kurangnya pertimbangan terhadap Islam dan para pemeluknya. Kami sangat meminta maaf atas penggunaan suara di dalam karya kami yang telah berpotensi menyebabkan penghinaan terhadap kaum Muslim dan orang-orang terkait,” tambahnya.

Tim produser pun berjanji akan mempelajari Islam lebih mendalam untuk menghindari kejadian serupa di masa yang akan datang.

Noragami, anime dengan soundtrack adzan tersebut, adalah sebuah anime yang diadaptasi dari manga dengan judul yang sama, manga tersebut diterbitkan oleh Kodansha. Anime tersebut memiliki tema dewa yang cukup kental yang kemudian sempat mencuri perhatian pecinta anime, dan dilanjut dalam season dua dengan judul Noragami Aragoto.

 


Hai, NawaReaders dan OtaCool! Jangan lupa untuk akses terus Nawala Karsa untuk informasi pop kultur dan teknologi terkini, serta Indonesian Otaku untuk dosis harian wibu kalian!