Quantcast

Beranda » Pop Kultur » Masalah Hak Cipta, Agensi Virtual Youtuber Hololive Minta Maaf

Masalah Hak Cipta, Agensi Virtual Youtuber Hololive Minta Maaf

Video yang telah dihapus atau di set ke private, akan dikembalikan.

Agensi Hololive meminta maaf perihal izin hak cipta. Hal ini disampaikan oleh pikah manajemen, perusahaan Cover Corp melalui situs resminya.

Sebuah insiden terjadi pada hari rabu, 29 juli 2020 dimana para penggemar mengetahui banyak arsip video live stream dan lagu cover dari para virtual youtuber Hololive yang hilang atau tidak bisa diakses secara publik di YouTube.

Hilangnya arsip-arsip terdahulu

Seperti yang telah disebutkan, para penggemar kaget manakala banyak video dari virtual youtuber Hololive yang tidak bisa diakses di kanal masing-masing virtual youtuber di YouTube. Banyak yang berspekulasi bahwa masalah hak cipta adalah biang keladinya.

Sempat ada spekulasi juga dimana pihak Hololive menerima gugatan hak cipta palsu dimana ada oknum tidak bertanggungjawab yang ingin menjatuhkan Hololive. Tentu hal ini membuat para penggemar cukup emosional.

Agensi Hololive akui lalai dalam produksi

Pada hari kamis, 30 Juli 2020, pihak Cover secara resmi menunggah pernyataan maaf melalui situs resminya karena menunggah video tanpa izin hak cipta.

Menurut pernyataan tersebut, pihak perusahaan telah menerima peringatan pelanggaran hak cipta di beberapa kanal Youtube virtual youtuber Hololive yang menyebabkan terjadinya penghapusan maupun pembatasan akses video pada kanal tersebut. Hal tersebut dilakukan demi menjaga kelancaran aktivitas streaming para virtual youtuber.

Pihak perusahaan berjanji akan lebih berhati-hati dan lebih waspada terhadap kejadian ini agar tidak terulang lagi. Tentu saja hal ini membuat tidak hanya penggmar marah, namun juga salah satu virtual youtuber mengekspresikan kekecewaannya, yakni Tokino Sora. Melalui akun Twitternya, ia mengungkapkan kekecewaan dan kesedihannya terhadap pihak perusahaan.

Sayangnya, hal ini bukan pertama kalinya. Hal serupa juga terjadi pada bulan Juni dimana pihak Cover Corp mengeluarkan pernyataan resmi dimana mereka meminta maaf kepada Nintendo lantaran tidak bisa mematuhi panduan streaming Nintendo.

Dapat ijin Nintendo, secercah harapan muncul

Pada hari Sabtu (1/8), Cover Corp mengumumkan bahwa pihaknya telah menandatangani kontrak dengan Nintendo dan telah mendapatkan izin untuk livestream game Nintendo. Izin tersebut juga berlaku untuk stream sebelumnya. Penugumuman ini disampaikan melalui situs resmi Cover Corp. Tentu ini sebuah berita bahagia ya. Akhirnya para virtual youtuber Hololive bisa membuat konten game Nintendo lagi.

Nantinya, video yang telah dihapus maupun di-private, akan dikembalikan ke publik ketika video tersebut sudah bersih dari urusan hak cipta. Setidaknya dengan ini, mereka bisa mengurangi kerusakan yang sudah ada.

Akhirnya agensi Hololive meminta maaf perihal izin hak cipta dan ternyata dari kejadian ini, terdapat berita baik ya. Mari kita senantiasa mendukung virtual youtuber idola kita tertutama jika kalian menyukai Hololive. Dukungan kalian adalah kekuatan terbesar bagi mereka.

Loading...