Manga Yakusoku No Neverland Ditunda, Akan Kembali 10 Mei Nanti

Avatar
yakusoku no neverland anime

Manga Yakusoku No Neverland Ditunda – Penerbitan edisi terbaru manga Yakusoku No Neverland (The Promised Neverland) akan ditunda satu edisi dan kembali pada 11 Mei 2020. Berita tersebut disampaikan pada majalah Weekly Shonen Jump (WSJ) edisi ke-20.

Manga Yakusoku No Neverland Berlanjut di Edisi ke-23 Weekly Shonen Jump

Mengutip pemberitaan dari ANN, serial manga tersebut akan rehat pada edisi ke-21 yang terbit pada 20 April 2020. Kemudian akan kembali sebagai gabungan edisi ke-22 dan 23 yang terbit pada 27 April 2020.

Akan tetapi, penerbitan majalah Weekly Shonen Jump edisi ke-21 telah diundur mengingat perihal wabah virus Corona (COVID19) di Jepang. Sehingga Shueisha selaku penerbit majalah memutuskan untuk menerbitkan double issue majalah tersebut untuk edisi ke-21 dan ke-22 pada 27 April 2020.

Hal itu telah mengubah rencana jadwal terbit edisi terbaru Yakusoku No Neverland menjadi tanggal 10 Mei 2020, yakni tanggal penerbitan edisi ke-23 Weekly Shonen Jump.

Pernah Cuti Sebanyak Tiga kali

The Promised Neverland
Fisik The Promised Neverland edisi cetak Elex Media (Sumber: Twitter Editor Elex Media)

Perihal penerbitan edisi terbaru Yakusoku No Neverland ditunda selama satu edisi ini bukanlah yang pertama kali terjadi. Sebelumnya serial tersebut pernah mengambil jeda satu edisi pada Oktober 2019 lalu untuk keperluan riset. Kemudian pada Desember 2019 dan Februari 2020 lalu juga melakukan hal yang sama.

Pada majalah Weekly Shonen Jump edisi 47 yang dirilis senin lalu memberitakan bahwa kreator mangaka The Promised Neverland, Kaiu Shirai dan Posuka Demizu akan beristirahat selama seminggu dengan alasan untuk melakukan sebuah penelitian.

Tetapi manga tersebut akan tetap dilanjutkan dan akan rilis pada 2 November di edisi 49 Weekly Shonen Jump. Shirai dan Demizu merilis manga ini pada Agustus 2016 di majalah Weekly Shonen Jump dan seri ini sudah mencapai arc terakhir pada September 2018.

Sebuah interview yang diakukan pada Agustus 2018, Shirai mengatakan bahwa dia terlalu suka dengan jumlah volume yang banyak, bagi dia idealnya adalah 20 sampai 30 Volume manga untuk sebuah cerita.

Tentang Yakusoku No Neverland

Yakusoku No Neverland berkisah tentang perjuangan hidup tiga orang anak dengan kecerdasan di atas rata-rata; Emma, Ray, dan Norman. Mereka bersama anak-anak lainnya kabur dari sebuah “peternakan manusia” berkedok panti asuhan.

Manga Yakusoku No Neverland diterbitkan pertama kali di majalah manga mingguan Weekly Shonen Jump pada Agustus 2016. Manga tersebut telah diterjemahkan ke bahasa Indonesia oleh Elex Media Komputindo pada 2019.

Manga Yakusoku No Neverland telah memasuki tahap akhir (final arc) sejak September 2018. Dalam sebuah wawancara pada Agustus 2018, Shirai mengatakan bahwa ia menginginkan cerita dalam manga tersebut dianggap “tidak terlalu dipanjang-panjangkan” menurut editor.

Yakusoku no Neverland telah diadaptasi menjadi anime pada awal 2019 lalu. Musim ke-2 untuk anime tersebut dijadwalkan akan tayang pada Oktober 2020.

Yakusoku No Neverland juga telah mendapatkan adaptasi film live action yang akan hadir pada Desember 2020. Film tersebut dibintangi oleh Hanabe Minami sebagai Emma dan Watanabe Naomi sebagai Sister Krone.