Quantcast

Beranda » Manga Rock, Situs Aplikasi Layanan Baca Manga Online Ditutup Hari Ini!

Manga Rock, Situs Aplikasi Layanan Baca Manga Online Ditutup Hari Ini!

Sebagai komitmen dari pengembang Manga Rock yang ditutup hari ini, mereka mengumumkan bahwa layanan legalnya sudah dibuka versi betanya.

Pada pengumuman resmi dari aplikasi Manga Rock, terungkap bahwa layanan online reading untuk koleksi manga mereka akan ditutup. Mengapa demikian?

Manga Rock Tutup Layanan Baca Online!

manga rock tutup inkr manga plus manhua manhwa

Mulai hari ini, sejak pukul 12:00 WIB, seluruh pengguna aplikasi Manga Rock tidak dapat membaca manga favorit terkini mereka. Hal ini merupakan langkah lanjut dari pengembang aplikasinya, Not A Basement Studio, setelah terkena tuntutan dari sejumlah penerbit Jepang atas tuduhan penyediaan manga secara ilegal. Not A Basement Studio, atau NABS, beranggotakan beberapa orang yang berasal dari Ho Chi Minh, Vietnam.

Keputusan penutupan akses ke server database Manga Rock ini membuat para netizen tercengang akan tidak dapat membaca manga dari aplikasinya lagi. Namun, NABS Studio telah persiapkan app alternatif legal untuk mengganti manga tersebut.

Langkah Pengembang Selanjutnya: App Manga Berlangganan!

manga rock tutup inkr manga plus manhua manhwa

NABS Studio kemudian menginisiasikan proyek selanjutnya, yaitu MR Comics dan INKR. Menurut situs baru MR Comics, situs tersebut merupakan situs aggregator media penyampaian update terkini seputar proyek baru mereka. Situs ini menggantikan versi web yang mereka telah tutup sejak 2019 lalu.

Sedangkan dari INKR disebutkan untuk menyuguhkan sejumlah manhwa dan webtoon dari Korea Selatan, langsung dari penerbitnya sendiri. Mereka akan mengangkat beberapa judul manhua dari Tiongkok dan manhwa Korea Selatan yang akan ditampilkan dalam app bebayar ini nantinya.

Saat artikel ini diangkat, versi beta sudah dapat diunduh oleh beberapa akun Manga Rock yang telah teregistrasi sebelumnya. Namun jika ada yang berminat untuk berlangganan demi mendukung para penyedia maupun pihak penerbitnya, publik dapat mengakses aplikasi versi beta yang dapat diunduh disini.

INKR Membutuhkan Penerjemah!

manga rock tutup inkr manga plus manhua manhwa

Mengutip blog Medium dari INKR Comics, mereka telah mempersiapkan berbagai judul yang didatangkan dari Tiongkok dan Korea Selatan. Diantaranya adalah manhua Doupu Cangqiong (Battle Through The Heavens) dari penulis Heavenly Silkworm, Su Brother’s School Life, dan A World Ruled By Cats.

Untuk saat ini staf INKR membutuhkan penerjemah jarak jauh yang dapat dihubungi secara daring. Bagi Kamu yang memiliki kemampuan diatas tak ada salahnya kamu daftar dirimu untuk berkontribusi untuk kemajuan cerita bergambar favoritmu, bukan? Kamu bisa temukan tautan lowongan tersebut disini.

Manga Rock Tutup Atas Tuntutan Penerbit Jepang!

Sebelumnya, Manga Rock terkena tuntutan dari berbagai penerbit manga Jepang terkait tuduhan penyediaan manga ilegal. Aplikasi tersebut, menurut Takahashi, menyuruh para penggunanya untuk berlangganan per bulan seharga 4.99 dolar Amerika Serikat, untuk membaca gratis. NABS kemudian memposting pernyataan resmi mereka dalam media berita daring Jepang:

Pada saat itu, Kami belum paham tentang industry manga dan tidak mengetahui darimana asal scanlation itu berada (termasuk tanpa lisensi resmi).

Setelah waktu berlalu, Kami mengerti besar kerugian yang ditanggung oleh mangaka dan penerbit mereka. Dengan Manga Rock yang kini semakin populer di kalangan netizen pecinta manga, besar pula kerusakan yang dialami oleh penerbit resmi sendiri.

Oleh karena itu, kami menghaturkan maaf yang sedalam-dalamnya atas peran kami dalam menunjang popularitas scanlation ini. Kami pun meminta maaf kepada penerbit, mangaka dan korban-korban lainnya yang terkena imbas dari perbuatan kami.

Oleh hal tersebut, Kami akan mematikan layanan dan aplikasi scanlation kami dan menyarankan situs lainnya untuk melakukan hal yang serupa. Kami memohon maaf sebesar-besarnya karena meciptakan masalah dalam perindustrian manga Jepang.

Hingga kini beberapa aplikasi legal untuk membaca manga tersebut masih terbatas untuk dalam negara Jepang saja. Meskipun begitu, satu app yaitu Manga Plus dari Shueisha, membuka layanan baca manga gratis dan resmi dari penerbit sendiri terbuka untuk pengguna mancanegara.

Loading...