Quantcast

Beranda » Pop Kultur » Viral! Lagu Baka Mitai Kini Kembali Populer Berkat Meme Deepfake!

Viral! Lagu Baka Mitai Kini Kembali Populer Berkat Meme Deepfake!

Lagu Baka Mitai “Dame Da Ne” dari video game Yakuza 0 dan Yakuza 5 kembali populer setelah digunakan pada meme yang memakai teknik Deepfake.

Setelah belakangan ini teknik manipulasi foto Deepfake kembali viral, di saat yang bersamaan teknik tersebut ‘melahirkan’ meme baru yang kini cukup populer. Meme dengan Deepfake tersebut menggunakan lagu yang terdapat pada video game Yakuza 0 dan Yakuza 5 yang berjudul Baka Mitai.

Lagu Baka Mitai “Dame Da Ne” Kembali Populer Berkat Meme dan Deepfake

Dikutip dari KnowYourMeme, diketahui akun Twitter @Tortokhod mengunggah contoh pertama dari meme tersebut dengan menggunakan foto YouTuber Linus Tech Tips yang kemudian dengan menggunakan Deepfake seolah-olah Linus sedang menyanyikan lagu Baka Mitai.

Siapa sangka bahwa unggahan tersebut menginspirasi netizen lainnya untuk membuat meme serupa bahkan menyebar hingga ke sosial media lain. Seperti contohnya setelah akun Facebook Rifaldy Agsan dengan menggunakan foto Yagoo.

Sasuga best gurl😳

Dikirim oleh Rifaldy Agsan pada Minggu, 26 Juli 2020

Selain itu, meme ini juga menyebar di situs YouTube, seperti contohnya yang dilakukan oleh akun YouTube Azura dengan mengunggah video sejenis dengan menggunakan foto seorang pria berotot yang dikenal dengan nama GigaChad.

Mengenal Lagu Baka Mitai “Dame Da Ne”

Baka Mitai adalah lagu yang terdapat pada mini game di video game Yakuza 0 dan Yakuza 5 dimana pemain bermain sebagai karakter utama game tersebut yang bernama Kiryu untuk bernyanyi di suatu tempat Karaoke. Dari berbagai lagu yang ada, lagu Baka Mitai adalah lagu yang paling dikenal banyak orang, bahkan mereka yang tidak memainkan game tersebut tahu lagu ini.

Baka Mitai sendiri jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yang berarti “Aku Tertipu”. Selain itu, lagu ini juga dikenal dengan lirik yang khasnya yaitu “Dame da ne” yang berarti “Tak berguna”.

Dari Alat Propaganda Menjadi Alat Membuat Meme

mengenal teknik manipulasi foto deepfake

Deepfake adalah teknik manipulasi suatu foto dimana netizen dapat membuat suatu foto “dapat berbicara” dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan.

Teknik ini ditemukan sekitar tahun 2017 setelah akun Reddit dengan nama yang sama mengunggah video-video pornografi dimana pada video tersebut ternaya wajahnya telah diedit dengan menggunakan wajah aktris seperti Gal Gadot, Taylor Swift, dan masih banyak lagi.

Teknik ini sempat dikhawatirkan akan digunakan untuk menyebarkan konten propaganda, misleading, hingga hoax. Seperti pada video di bawah ini, dimana pada video tersebut menampilkan mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama mengatakan hal tidak senonoh pada presiden Amerika Serikat saat ini Donald Trump yaitu “complete dipshit“.

Loading...