“Lockdown” Di Tokyo Imbas Corona, Seiyuu Jepang Pada Ngapain?

Seno Triadi
lockdown seiyuu jepang header

Pandemi virus corona di Jepang membuat kegiatan para seiyuu (pengisi suara) sempat terhambat seiring dengan pembatasan sosial atau setengah “lockdown” di Tokyo, tempat banyak studio rekaman anime berada. Bagaimanakah kegiatan mereka di kala pembatasan sosial yang berlangsung di Tokyo saat ini?

Tokyo Lockdown, seiyuu Tomokazu Sugita Debut Jadi VTuber!?

pembatasan sosial seiyuu jepang tomoko

Dikabarkan sebelumnya bahwa Tomokazu Sugita telah mengakhiri kontrak dengan agensinya, Atomic Monkey, awal April lalu. Ia berniat untuk mematangkan agensi yang Ia bentuk sendiri, AGRS, untuk mengundang para talenta Jepang bekerja dengannya.

Video pertamanya sendiri telah terunggah Rabu kemarin dengan bertajuk debut YouTube-nya, memakai model virtual YouTuber-nya. Pada video tersebut, selain memperkenalkan dirinya pakai “vtuber”-nya, Ia mereview beberapa jajanan masa kecil yang dibelinya serta melakukan challenge pribadi. Mengatakan kepada penggemarnya, Ia akan menyebarkan konten-konten “bermutu” serupa dengan ini untuk mengisi waktu luangnya di kala Sugita diam di rumah.

Sebelum video terlampir diatas, model vtuber-nya telah “debut” terlebih dahulu di sebuah livestream talk-show tahun 2018. Kala itu, Ia berkolaborasi dengan Vtuber Dennou Shoujo Siro untuk mempromosikan mobage Jepang, Magatsu Wahrheit, yang pernah ramai dimainkan oleh peminat gim gacha.

Nana Mizuki: “Nyanyi bareng Aku, yuk~?”

Berbeda dengan Sugita, Nana Mizuki mengambil langkah yang menjadi ciri khas dia dalam hal tarik suara. Pelantun lagu Eternal Blaze sekaligus seiyuu legendaris yang mengisi banyak karakter di anime dan gim tersebut mengunggah videonya di Twitter.

Dalam blog pribadinya dan cuitan di Twitternya tertanggal 13 April lalu, Mizuki menyanyikan lagu Ai no Hoshi tanpa musik. Ai no Hoshi adalah lagu penutup dalam serial film Uchuu Senkan Yamato 2199.

https://twitter.com/NM_NANAPARTY/status/1248551793258139648

Di cuitan dan blog tersebut, Ia mengajak para penggemarnya untuk “beradu karya” mengunggah kreasi mereka, mulai dari tarik suara hingga musik, kemudian balas tweet tersebut dengan bentuk video kreasi mereka. Langkah ini kemungkinan inspirasi dari gerakan viral Gen Hoshino, yang mengunggah lagu Uchi de Odorou di Twitter dan YouTube resminya.

Banyak respon pun didapat pasca diunggah pertama kali di Twitter resminya. Yang unik, salah satu respon tak terikat utas tersebut datang dari Atsuko, personil angela pelantun lagu Zenryoku Summer untuk anime Aho Girl. Diiringi dengan gitar sebagai backsound, Ia “mendampingi” Mizuki  menyanyikan lagu penutup Yamato 2199 tersebut dalam videonya.

Kotori Koiwai: “Rekaman? Di rumah aja…”

Seiyuu Renge Miyauchi di anime Non-Non Biyori, Kotori Koiwai, diam-diam membangun studio pribadi di rumahnya. Mengaku dalam Twitter resminya, Koiwai dapat mengisi suara untuk beberapa proyek animenya di kediamannya, begitu juga dengan rekaman lagu dan narasi.

Spesifikasi ruang rekaman Koiwai berupa mikrofon Neumann U87Ai, Focusrite ISA 430 MkII, Universal Audio 1176LN, dan Neve 33609. Ia menggunakan ruang rekaman ini di masa yang sulit seperti sekarang ini jika tidak dapat ke studio rekaman untuk merekam suaranya untuk produksi anime.

Koiwai juga berkolaborasi dengan Tomokazu Sugita “meramaikan” kanal resmi YouTube Sugita. Ia menyumbangkan lagu latar pada sebuah video Sugita membacakan cerpen karya Kenji Miyazawa, Gauche the Cellist. Video tersebut juga tersedia di kanal YouTube Sugita.

Grup Seiyuu Jepang TrySail Bekerja dari Rumah

seiyuu jepang lockdown

Momo Asakura, Sora Amamiya, dan Shiina Natsukawa, bergabung dalam grup musik seiyuu mereka, TrySail, baru-baru ini mencoba livestream di YouTube. Pada kanal resmi grup mereka, satu personilnya mengadakan siaran langsung dari studio milik masing-masing anggotanya.

Saat ini baru Momo Asakura dan Shiina Natsukawa yang mencoba siaran YouTube dari kediaman rumah mereka secara langsung. Asakura telah melangsungkan stream-nya kemarin, sedangkan Natsukawa akan menyiarkan secara langsung di kanal YouTube pribadinya besok pukul 5 sore WIB.

Yuki Kaji: “Sini, Kakak dongengin…”

Penyanyi sekaligus pengisi suara Eren Jaeger di anime Shingeki no Kyojin, Yuki Kaji, membuat kanal YouTube-nya seiring dengan pandemi Covid-19 di Jepang.

Dalam kanalnya tersebut, kegiatan yang seiyuu Jepang ini lakukan adalah mengunggah beberapa video storytelling berupa dongeng cerita rakyat Jepang, contohnya kisah Momotaro dan kisah lainnya.

Tomokazu Seki: “Senam Pagi Bareng Gue, Kuy!”

Veteran seiyuu Tomokazu Seki baru mengunggah videonya seminggu lalu dengan tema senam di rumahnya. Setidaknya baru dua video yang Seki telah muat dalam kanal YouTube-nya untuk saat ini.

Aya Uchida

Aktif di Twitter, pengisi suara Kotori Minami di Love Live! dan Kaban di Kemono Friends, Aya Uchida, mengunggah videonya sehari-hari sebagai Lucky Beast dari Kemofure.

Dan masih banyak Seiyuu Jepang lainnya!

Selain beberapa nama diatas, banyak sekali para pengisi suara yang memutuskan untuk beralih ke YouTube maupun mengandalkan media sosialnya. Contohnya adalah Inori Minase yang mencoba livestream radio di YouTube resminya, dan Tomoyo Kurosawa yang nge-live di Instragram-nya untuk merayakan ulang tahunnya.

Adakah seiyuu atau pengisi suara favoritmu yang belum absen dalam artikel ini? Jangan lupa sampaikan favoritmu dan kegiatan seiyuu Jepang kalian di kolom komentar Nawala Karsa, ya!

Sumber: NanaParty, AGRS Company, Hachima Kiko
Via: Anime News Network, Crunchyroll