Kastil Shuri yang Terbakar Ternyata Pernah Masuk Love Live!

Avatar

Kobaran api dan asap pekat terlihat saat Kastil Shuri terbakar di Okinawa, Jepang Selatan. Situs Warisan Dunia UNESCO yang ikonik dan pernah muncul dalam serial Love Live ini telah memerangi kobaran api sejak awal Kamis (31/10) dini hari.

Sejauh ini tidak ada korban cedera yang dilaporkan, namun bangunan itu hampir sepenuhnya hancur dalam pertempuran kobaran api ini.

“Penyebab kebakaran belum ditentukan, tetapi alarm kebakaran bebrunyi sekitar pukul 02:03 pagi” – Ryo Kochi, juru bicara kepolisian prefektur Okinawa kepada kantor berita AFP.

Kastil Shuri (Shurijo Castle) adalah kastil bersejarah yang dibangun 500 tahun yang lalu di Dinasti Ryukyu dan ditetapkan sebagai harta nasional Jepang pada 1933. Kastil ini sendiri pernah masuk dalam salah satu episode di serial Love Live.

Kastil Shuri terletak di atas bukit yang menghadap kota Naha, ibukota Okinawa dan dikelilingi oleh dinding-dinding batu yang melengkung. Namun bangunan ini di rekonstruksi ulang lantaran bangunan itu hampir sepenuhnya hancur dalam pertempuran selama Perang Dunia II.

Love Live Kastil Shuri

Kastil Shuri pernah masuk dalam scene Anime Love Live – School Idol Project” karena Kastil Shuri merupakan salah satu situs bersejarah yang ikonik di Jepang.

Pasca Kastil Shuri Terbakar

Mengutip dari NHK News, dalam wawancara dengan NHK di Paris, Direktur Pusat Warisan Dunia UNESCO, Mechtild Rossler, mengungkapkan syok atas terjadinya kembali kebakaran Kastil Shuri. Faktanya, kastil ini pernah terbakar tiga kali pada saat Dinasti Ryukyu dan dibakar lagi dalam Perang Dunia II selama Pertempuran Okinawa.

Tak lama dari kejadian itu, UNESCO menyatakan siap mendukung rekonstruksi Kastil Shuri.

Rossler menyatakan bahwa Kastil Shuri yang terbakar itu merupakan simbol bagi Jepang dan rakyat Okinawa. Beliau siap untuk mengirim tim ahli jika pemerintah Jepang meminta.  Tanggapan ini disambut oleh Walikota Mikiko Shiroma bahwa kota itu akan “melakukan segalanya”.

 


Hai, NawaReaders dan OtaCool! Jangan lupa untuk akses terus Nawala Karsa untuk informasi pop kultur dan teknologi terkini, serta Indonesian Otaku untuk dosis harian wibu kalian!