Pada Selasa (17/11), pihak komite gelaran budaya pop terbesar di Jepang, Comic Market atau Comiket memberi kan informasi terbaru. Event tersebut mengumumkan bahwa pergelaran Comiket 99 akan tetap diselenggarakan dan rencana berlangsung pada tahun 2021!

Aturan Baru Comiket pada Masa COVID-19

Dalam pengumuman tersebut juga dijelaskan juga bahwa karena terdapat pembatasan kapasitas pengunjung, penggunaan sistem lotre. Kemungkinan besar sistem ini akan dipakai untuk menentukan para partisipan. Para partisipan yang dimaksud tidak hanya menyangkut circle, namun juga para perusahaan yang berpartisipasi dalam acara ini, pengunjung biasa, dan para cosplayer.

Selain itu, meskipun pada akhirnya sistem lotre akan menjadi penentu siapa-siapa saja yang dapat datang ke gelaran Comiket 99, semua partisipan harus memiliki sertifikat. Sertifikat tersebut berupa sertifikat partisipasi agar dapat masuk ke dalam gelaran tersebut.

Karena gelaran ini diadakan pada masa COVID-19, pihak panitia mengimbau para partisipan untuk selalu menggunakan masker dengan benar di area acara. Selain itu, para pengunjung harus menggunakan aplikasi tracing kontak yang sebelumnya telah dikeluarkan oleh pemerintah Jepang.

Para partisipan yang tidak menggunakan masker dengan benar tidak diperbolehkan untuk memasuki area acara. Selain itu orang-orang yang ingin datang ke gelaran tersebut namun tinggal di prefektur atau daerah lainnya tempat kasus COVID-19 melonjak di Jepang juga dilarang. Dan juga bagi mereka yang tinggal di luar Jepang saat ini tidak mengeluarkan visa tidak bisa diizinkan datang ke Comiket 99.

Rencananya, Comiket ke-99 akan diadakan pada tanggal 2 – 5 Mei 2021.

Sempat Dibatalkan

Pada Juli lalu, pihak komite gelaran Comiket mengumumkan bahwa mereka berniat memindahkan jadwal Comiket 99. Awalnya event tersebut berlangsung pada musim dingin tahun ini ke Golden Week 2021 mendatang. Pihak komite juga menjelaskan bahwa pemindahan jadwal ini dipengaruhi oleh pemindahan jadwal Tokyo Big Sight’s East Exhibition. Hal ini baru bisa diselenggarakan pada musim gugur 2021 nanti. Selain itu adanya karena kesulitan untuk menerapkan pembatasan jumlah pengunjung di gedung-gedung pertemuan selama pandemi COVID-19.

Karena Comiket 98 juga dibatalkan untuk mencegah penyebaran virus COVID-19, pihak komite menyatakan bahwa mereka saat ini tengah mempertimbangkan proyek ulang tahun ke-45 Comiket pada musim dingin dengan konsep “Air Comiket” yang telah diusulkan sebelumnya.

Tentang Comiket

Comic Market, biasa disebut dengan Comiket, merupakan sebuah gelaran yang menampilkan karya-karya budaya populer di Jepang. Mulai dari doujinshi atau fan-comic yang dibuat oleh circle atau perorangan, dan juga berbagai kompetisi cosplay. Selain menampilkan budaya populer Jepang, Comiket juga menjadi sarana bagi para pengunjung untuk melakukan networking atau membangun jaringan dengan menyediakan berbagai booth untuk perusahaan-perusahaan ternama di sana.

Nawala Karsa NK Kurio