Seorang Ibu Kesal dengan Manga Kobayashi-san Chi No Maid Dragon! Alasannya?

Seno Triadi

Bagaimanakah reaksimu saat Ibumu menemukan komik yang Kamu pinjam dari perpustakaan dianggap sampah dan tidak senonoh? Lebih-lebih itu adalah dari franchise terkenal seperti dari Kobayashi-san Chi No Maid Dragon? Setidaknya momen ok boomer ini datang dari negara bagian Omaha, Amerika Serikat, mengalami demikian.

 

“Manga Maid Dragon Tak Cocok untuk Anak”

Pada 30 Oktober  waktu Omaha, dikutip dari berita lokal KETV berafiliasi dengan stasiun TV ABC, seorang anak SD beranjak SMP meminjam manga Maidragon dari sekolahnya, Monroe Middle School. Ibunya, Monica King, mengklaim kepada reporter KETV bahwa anaknya meminjamkan buku tersebut khawatir akan isinya yang mungkin Ibunya tidak suka.

“Dia bilang ada banyak kata kasar dan sebagainya, menganggap buku ini terbilang keren sama teman sekolahnya,” kata Monica. Ia prihatin manga tersebut mengumbar banyak gambar erotis seperti dada yang tergambar sangat besar pada satu chapter. Ia menyayangkan pihak perpustakaan sekolah bahwa manga ini terbilang sangat tidak senonoh diperbolehkan untuk dipinjam kepada anak-anak SD.

maidragon ibu protektif

Pihak Omaha Public School yang menangani sirkulasi buku di perpustakaan sekolah negara bagiannya menanggapi hal tersebut bahwa semua buku sudah ditinjau dengan baik. Mereka menambahkan bahwa manga tersebut direkomendasikan kepada audiens 15 tahun keatas dan memaklumi jika ada keluarga yang memiliki opini lain akan isi manga tersebut.

Hingga berita tadi diunggah oleh kanal resmi KETV NewsWatch 7 30 Oktober lalu, tayangan ini mendapatkan lebih 2.600 thumbs-down berbanding dengan sekitar 1.000 jempol atas. Berita tentang Ibu menyesalkan manga Maidragon ini terangkat ke publik melalui media sosial dan Reddit. Salah satunya adalah kenbolido, kameraman dari salah satu kanal tech reviewer ternama di YouTube, Austin Evans:

Saya belum membaca manganya, namun jika anime adaptasinya ini serupa dengan manga, seri ini memang sangat menarik. Di satu sisi, Saya mengerti berbagai lelucon yang digambarkan di manganya. Di sisi lain, anak ini mungkin merusak minat membaca manga di sekolah. Hehehe…

Kemudian, beberapa tanggapan senada dilayangkan beberapa netizen lainnya dari beberapa platform berbeda:

“Saya kira dari judul beritanya Ibu ini bisa memaklumi sama situasi seperti ini. Ia menjelaskannya juga secara dewasa, sih. Gak pernah baca manganya, tapi dari sepengetahuanku memang ada sedikit banyak fanservice, jadi kerasa kaget kenapa manganya bisa berada di sekolah anak-anak gitu.

Jujur, sih, permasalahan Saya dengan ini hanya beritanya aja. Kayaknya emang agak lamban belakangan ini buat stasiun berita televisi  sekarang. Wkwkwkwk”

“Ibunya belum tahu sama karakter Kanna di ini manga wkwkwk”

“Memang artwork-nya agak mesum, namun ceritanya terasa ada kesan filosofis. Lambat laun Kamu ga perlu kuatir dengan perihal dada atau sebagainya.”

“Ok boomer.”

Kobayashi-san Chi no Maid Dragon (Miss Kobayashi’s Dragon Maid) adalah serial manga karya COOL Kyoushinsha yang diterbitkan oleh Futabasha, Jepang. Manga ini diterbitkan dalam kumpulan manga bulanan Gekkan Action. Franchise Maidragon ini pernah diadaptasi oleh Kyoto Animation pada tahun 2017 sepanjang 12 episode, dan menjadi salah satu serial unggulan produksi KyoAni tersebut. Maidragon ini telah mencetak lebih dari 1.2 juta kopi manga pada Februari tahun lalu.

Maid Dragon menceritakan seorang pekerja bernama Kobayashi, dipertemukan secara takdir kepada seorang naga menjelma menjadi manusia berpakaian meido sebagai wujud balas budi. Naga yang bernama Tooru ini tinggal seatap bersama Kobayashi dan menjadi pembantu rumah tangganya, walaupun segala pekerjaannya tidak sesuai yang ia kerjakan. Bersama makhluk naga lainnya, seperti Kanna Kamui, Elma, dan beberapa karakter menarik lainnya, kehidupan Kobayashi menjadi berwarna, meski terkesan acakadut.

Sumber: KETV 7 Omaha