Khilaf, Go Shiina Minta Maaf Terkait Soundtrack Adzan Kimetsu no Yaiba

Seno Triadi

Twitter resmi Go Shiina, musisi yang menggarap soundtrack dari anime Kimetsu no Yaiba, mengunggah cuitannya mengenai permasalahan atas lagunya yang dinilai menista agama Islam. Dalam album soundtrack terbaru animenya, salah satunya memiliki soundtrack adzan yang menimbulkan reaksi serius di media sosial.

Go Shiina, komposer soundtrack Kimetsu no Yaiba, mengaku khilaf

Dilansir dari Twitter resmi Go Shiina, ia melayangkan permintaan maaf atas kekeliruan pada masa produksi soundtrack anime Kimetsu no Yaiba.

“Kami sungguh memohon maaf atas ketidaknyamanannya dari berbagai pihak untuk kali ini. Kedepannya, Kami akan memperhatikan lebih pada proses produksi musik yang melibatkan berbagai sampel suara, agar tidak mengulangi kejadian serupa di kemudian hari.”

Twitter resmi Kimetsu no Yaiba meminta maaf

Dalam cuitannya tersebut, ia me-retweet tweet resmi dari Kimetsu no Yaiba dengan nada serupa:

Kami memohon maaf atas bonus dari bundle Blu-ray dan DVD volume 4 yang berupa CD lagu, dan kami telah mengunggah langkah-langkah koresponden pada situs resmi kami. Silakan untuk melihat dari dalam tautan ini.

Kami sungguh memohon maaf atas ketidaknyamanannya dari berbagai pihak untuk kali ini.

Di waktu yang sama, Aniplex merilis statement mengenai isu peletakan lantunan Adzan yang dianggap tak wajar. Mereka menyebut bahwa Adzan yang digunakan merupakan konten audio yang dijual tidak bermasksud untuk menyakiti perasaan umat Muslim di dunia. Mereka bahkan menyebut bahwa soundtrack Kimetsu no Yaiba yang kontroversial tersebut tak masuk dalam seri anime tersebut.

Sebelumnya, sempat dihebohkan oleh netizen arab tentang Adzan dalam album soundtrack Kimetsu no Yaiba track ke-51. Dalam lagu tersebut, Ia mendapati Adzan dipakai secara kurang wajar baginya, karena tidak dibolehkan untuk dipakai selain panggilan untuk Shalat. “Hal ini sangat ofensif terhadap kaum Muslim, bahwa aturan agama dilanggar. Di sisi lain, arti lirik ini sama sekali tak berhubungan dengan adzan ini.,” tanggap netizen tersebut.

Netizen Twitter atas nama Abdallah Kamel menambahkan bahwa melakukan hal ini sama artinya dengan menyinggung agama Islam dan umatnya, karena melanggar norma-norma Islam yang berlaku. Ia berharap pihak ofisial agar masalah ini segera ditangani sebelum melukai perasaan umat Muslim lebih lanjut.

Tanggapan netizen atas kekhilafan soundtrack mengandung adzan

Jadi bagaimanakah opini netizen soal kekhilafan atas kesalahan produksi musik Kimetsu no Yaiba? Berikut beberapa opini dari berbagai sumber:

Kami sangat berterima kasih atas respons cepat yang diberikan. Apa yang terjadi kemarin itu memang tidak disengaja, dan Kami tahu kalian tidak memiliki niat jahat untuk kasus ini. Semoga sukses!

Ngulang kejadian noragami……. ya emang langsung ditindak lanjuti sih tp masa ga belajar dr kejadian noragami dulu. Lagi pula potongan adzannya itu ada artinya. Artinya juga ga nyambung sama inti cerita.

that’s why you need to protest… stop being apologetic..

SAYA KHILAF! Oke, Sony.

Dengan ini masalah Soundtrack Adzan di Kimetsu no Yaiba sudah berakhir. Semoga tidak terulang lagi kasus serupa di kemudian hari, ya!

Sumber: Situs resmi Kimetsu no Yaiba, Twitter resmi Go Shiina
Header via Twinfinite


Hai, NawaReaders dan OtaCool! Jangan lupa untuk akses terus Nawala Karsa untuk informasi pop kultur dan teknologi terkini, serta Indonesian Otaku untuk dosis harian wibu kalian!