Pada Desember 2020 lalu, telah dibuat sebuah akun resmi Twitter untuk studio animasi ternama asal Jepang, Studio Ghibli. Sejak akun tersebut dibuat, staf-staf produksi yang bekerja di sana mengunggah banyak foto dan informasi mengenai behind the scene dari sebuah film dan juga sedikit detail tentang pekerjaan mereka di studio di Tokyo, Jepang.

Tidak hanya mengunggah informasi dan foto tentang karya-karya Studio Ghibli, para staf juga kerap kali memberikan gambar-gambar lainnya yang menarik seperti sebuah gambar kolaborasi mereka dengan studio animasi asal Amerika, Pixar. Salah satunya telah menarik perhatian banyak fans Ghibli dan Pixar, lho!

Totoro dengan Mike dan Sulley

Pada 13 Mei 2021 lalu, Studio Ghibli mengunggah sebuah gambar yang menampilkan adegan ikonik dari Tonari no Totoro atau My Neighbor Totoro, yaitu Totoro yang tengah memegang payung di halte bus saat hujan lebat di malam hari. Namun, alih-alih Satsuki dan Mei, kali ini Totoro ditemani oleh Michael “Mike” Wazowski dan James P. “Sulley” Sullivan dari film animasi produksi Pixar yang juga amat terkenal, Monsters, Inc..

Gambar ini diunggah begitu saja oleh Studio Ghibli melalui akun resmi Twitter mereka, tanpa kata-kata atau caption apapun. Ini telah menarik perhatian para penggemar Ghibli dan Pixar. Buktinya, unggahan ini menjadi populer saat akhir minggu kemarin dan memperoleh 160.000 likes dan 25.000 retweet.

Para penggemar pun bertanya-tanya, apakah kedua raksasa animasi ini akan berkolaborasi? Semua tebakan dan terkaan dari para penggemar terangkum dalam sejumlah pertanyaan dan juga komentar yang mereka tinggalkan dalam unggahan Studio Ghibli yang satu ini. Berikut ini adalah sejumlah pertanyaan dan komentar tersebut.

“Apakah mereka sedang membuat sebuah pengumuman resmi kolaborasi?”

“Aku pasti akan menonton film ini!”

“Monsters dan Totoro! Betapa indahnya dunia itu!”

“Wah, jadi Totoro dan Sulley kira-kira memiliki tinggi yang sama, ya!”

“Teman-teman Totoro di halte bus telah bertumbuh!”

“Aku ingin tersesat di dunia seperti ini.”

“Kasih yang saling dimiliki oleh dua studio animasi ini adalah segalanya!”

Asal mula gambar Totoro, Mike, dan Sulley yang diunggah Studio Ghibli

Ilustrator yang menggambar Totoro, Mike, dan Sulley memang belum diketahui. Namun, gambar ini pernah muncul sebelumnya dalam sebuah acara dokumenter tentang industri anime yang disiarkan oleh stasiun televisi NHK pada Desember 2019 lalu.

Gambar ini digantung dalam sebuah dinding di gedung kantor Studio Ghibli di kawasan Mitaka, Tokyo. Gedung kantor ini berada di kawasan yang sama dengan Museum Ghibli. Salah seorang penggemar Studio Ghibli dengan akun @andersenzart memberikan foto gambar ini yang muncul di acara dokumenter industri anime tersebut.

Bukan yang pertama kalinya terjadi

Meskipun unggahan ini banyak merebut perhatian para penggemar, sebenarnya ini bukan kali pertama Studio Ghibli mengunggah sebuah gambar yang menampilkan karakter-karakter dari Pixar. Hal ini ditunjukkan oleh para penggemar yang jeli dan mengunggah sebuah adegan yang menunjukkan boneka Totoro dengan sejumlah mainan dalam film lainnya yang diproduksi Pixar, Toy Story 3.

Pada 14 April 2021 lalu, Studio Ghibli juga pernah mengunggah gambar serupa. Dalam gambar tersebut, gadis cilik bernama Earwig (atau Aya) dari film anime Earwig and the Witch melihat foto Totoro, Mike, dan Sulley yang tengah memegang payung sembari menunggu bus di halte.

Kedekatan Hayao Miyazaki dan John Lasseter

Semua gambar kolaborasi yang diunggah oleh Studio Ghibli di akun resmi Twitter mereka bukan tanpa alasan. Terlepas dari pertanyaan atau bahkan rumor tentang kolaborasi film animasi di antara keduanya, hal tersebut dapat tercipta karena hubungan pertemanan yang baik antara kedua sutradara kenamaan Ghibli dan Pixar, Hayao Miyazaki dan John Lasseter.

Dilansir dari SoraNews24, Miyazaki dan Lasseter pertama kali bertemu pada tahun 1980 dalam sebuah acara diskusi pra-produksi untuk program animasi Little Nemo. Ketika Lasseter berkunjung ke Jepang, beliau memastikan untuk datang ke Museum Ghibli. Di sana, Lasseter menggambar sketsa dari Woody dan Buzz Lightyear dari film Toy Story di sebuah dinding yang terletak di sebuah ruang proyeksi yang ada dalam Saturn Theatre. Sketsa tersebut masih bisa dilihat oleh para pengunjung Museum Ghibli hingga saat ini.

Jadi, apakah ada kolaborasi antara Studio Ghibli dan Pixar?

Meski sudah beberapa kali mengunggah gambar yang disertakan berbagai karakter Pixar, sepertinya gambar-gambar tersebut tidak mengindikasikan sebuah kolaborasi antara Pixar dan Ghibli. Studio Ghibli juga belum memberikan keterangan atau pengumuman terkait hal ini, sehingga tidak dapat dikatakan bahwa akan ada kolaborasi antara Studio Ghibli dan Pixar dalam waktu dekat.

Menurut beberapa orang, bisa jadi Studio Ghibli hanya memberikan fan service dan juga sebagai ekspresi cinta mereka terhadap karya-karya Pixar. Namun, sepertinya bukan tidak mungkin kalau kedua studio ini akan bekerja sama di masa depan, karena film-film Ghibli di luar Jepang selalu pertama kali dihadirkan di Studio Pixar.

Bagaimana menurut kalian? Jika kedua studio animasi ini bekerja sama, film seperti apa yang ingin kalian lihat?

Nawala Karsa NK Kurio