Akun resmi Twitter dari perusahaan layanan streaming Netflix mengabarkan pada hari Senin (12/4) bahwa mereka akan menayangkan film live action yang terinspirasi dari serial Gundam. Film live action Gundam ini merupakan film Hollywood dan diproduksi oleh studio Sunrise dan Legendary Pictures.

Sutradara dan staf

film live action gundam

Melalui pengumuman ini, dua staf kunci yang terlibat dalam produksi film live action ini telah disebutkan. Penulis komik Ex Machina dan Runaways, Brian K. Vaughan, akan menulis skrip untuk film ini. Sementara itu, Executive Vice President dari Legendary Pictures, Cale Boyter, akan mengawasi berjalannya proyek ini.

Hingga berita ini diturunkan, sayangnya belum ada informasi lebih lengkap mengenai sutradara dan juga para staf lainnya. Jika kalian ingin mencari tahu selengkapnya, informasi lebih lanjut mengenai perkembangan produksi live action ini ada di akun resmi NX dari Netflix di media sosial Twitter.

Awal mula proyek live action Gundam

Sebenarnya, berita mengenai proyek film live action untuk serial Gundam bukanlah hal yang baru. Proyek ini telah diumumkan sebelumnya oleh Boyter dan juga Presiden serta Direktur Representatif dari Bandai Namco Holdings, Mitsuaki Taguchi, dalam gelaran Anime Expo 2018. Panel mengenai film live action ini saat itu dimoderasi oleh mantan Director of Marketing dari Bandai dan sekarang menjabat sebagai Senior Vice President of Publishing dari Legendary Comics, Robert Napton.

Mengenai awal kerja sama antara studio animasi yang menggarap anime Gundam, Sunrise, dengan Legendary Pictures, Napton telah menceritakan hal ini bersama dengan Executive Expert untuk produksi film dari studio Sunrise, Ken Iyadomi, dalam sebuah acara presentasi Project Anime pada 2019 lalu. Mereka menyebutkan bahwa cameo dari Gundam Unicorn dalam Pacific Rim: Uprising membantu menciptakan kerja sama ini dan diskusi untuk proyek film live action Gundam.

Iyadomi juga mengungkap bahwa meskipun menghubungi orang-orang yang tepat untuk kesepakatan ini merupakan hal yang sulit, CEO dari studio Sunrise sangat mudah untuk diyakinkan mengenai proyek ini. Selain itu, salah satu alasan lainnya yang membuat proses negosiasi ini semakin mudah adalah karena jumlah staf Legendary lebih sedikit daripada Sunrise, sehingga proses tersebut dapat dibuat menjadi lebih cepat.

Masih ada proyek film Gundam lainnya dalam perencanaan

Selain proyek film live action, sebuah proyek tentatif lainnya bernama Mobile Suit Gundam UC2 (Kidou Senshi Gundam UC2) sempat diumumkan dalam acara Gundam Franchise’s New York Unveiling pada April 2018. Disebutkan bahwa proyek ini akan berformat sebuah drama luar negeri. Mobile Suit Gundam UC2 juga direncanakan akan berlatar dalam Universal Calendar 0104 dan akan dirilis pada 2022.

Meski begitu, belum jelas apakah proyek ini akan direalisasikan atau tidak. Pasalnya, setelah memperlihatkan rencana proyek terbaru dari serial franchise Gundam tersebut, MC (master of ceremony) dan salah satu tamu dalam acara tersebut, penulis novel Gundam Unicorn, Harutoshi Fukui, memberitahu penonton untuk “pura-pura tidak melihatnya”.

Tentang Gundam

film live action gundam

Gundam atau Gundam Series merupakan sebuah media franchise bergenre mecha dan science fiction. Serial ini diciptakan oleh Yoshiyuki Tomino dan studio animasi Sunrise. Program anime pertama Gundam, Mobile Suit Gundam, tayang pada 7 April 1979. Sejak saat itu, program ini menarik hati banyak penyuka anime di Jepang dan di seluruh dunia.

Nawala Karsa NK Kurio