Jaringan bioskop kenamaan Jepang, TOHO CINEMAS bakal mencabut aturan pembatasan kursi penonton demi film Kimetsu no Yaiba: Mugen Train. Pencabutan aturan yang dibuat saat pandemi COVID-19 tersebut akan dilakukan mulai tanggal 16 hingga 18 Oktober mendatang.

Cabut aturan masa pandemi demi film

Aturan tersebut dicabut jelang perilisan film Kimetsu no Yaiba: Mugen Train di Jepang pada tanggal 16 Oktober mendatang. Aturan yang membatasi jumlah okupansi penonton selama pandemi COVID-19 itu pertama kali diterapkan pada bulan Mei 2020.

Sejak 19 September lalu, bioskop-bioskop di Jepang termasuk TOHO Cinemas sudah diperbolehkan menjual tiket film dengan okupansi tempat duduk sebanyak seratus persen.

Sebelumnya, pembatasan jumlah penonton tersebut disepakati oleh pemerintah Jepang pada awal pandemi merebak guna mengurangi penyebaran virus di teater film seantero negeri sakura tersebut.

Tetap diminta menggunakan masker

Harga Masker Naik Karena Virus Corona
Masker yang dijual secara umum, yang sebelumnya sempat langka di pasaran | FOTO: Istimewa

Namun, penayangan film Kimetsu no Yaiba: Mugen Train di bioskop jaringan TOHO Cinemas tetap dibatasi dengan sejumlah aturan. Penonton dilarang makan selama penayangan berlangsung, berbicara antar penonton, serta diwajibkan untuk menggunakan masker.

Aturan tambahan tersebut dibuat guna memastikan penyebaran virus COVID-19 tidak terjadi selama screening film Kimetsu no Yaiba berlangsung.

Sinopsis Kimetsu no Yaiba: Mugen Train

Film Kimetsu no Yaiba LiSA
Foto: Official key visual film Kimetsu no Yaiba | © 吾峠呼世晴/集英社・アニプレックス・ufotable

Dikutip dari Aniplex Amerika, film Kimetsu no Yaiba: Mugen Train kembali menceritakan tentang Tanjiro dan kawan-kawannya yang telah selesai melakukan latihan rehabilitasi di Butterfly Mansion. Tanjiro dan yang lainnya kini mendapat misi baru, yakni di Mugen Train dimana lebih dari 40 orang telah menghilang disana dalam waktu yang cukup singkat.

Dalam Mugen Train, Tanjiro, Nezuko, serta Zenitsu dan Inosuke menggabungkan kekuatan dengan pendekar pedang dari afiliasi Demon Slayer, yakni Hashira Kyojuro Rengoku, guna membasmi para setan yang berada dalam Mugen Train tersebut.

Kamu dapat menyaksikan trailer film tersebut melalui link berikut.

Tentang Kimetsu no Yaiba

kimetsu no yaiba mugen train new schedule
FOTO: Aniplex

Kimetsu no Yaiba, atau juga yang dikenal dengan judul Demon Slayer, merupakan seri manga karangan Koyoharu Gotouge. Manga ini pertama kali diserialisasikan pada 15 Febuari 2019, di majalah mingguan Shonen Jump milik Shueisha. Di Jepang, manga ini sudah diterbitkan hingga jilid ke-17 dan masih bersambung.

Manga ini juga sudah mendapatkan adaptasi serial TV Anime yang tayang pada musim penayangan Spring 2019. Adaptasi serial TV anime ini mendapat jatah 26 episode. Anime ini dibintangi oleh Akari Kito, Natsuki Hanae, Yoshitsugu Matsuoka dan masih banyak lagi.

Anime ini sangatlah populer di kalangan penggemar anime. Pasalnya, anime ini mendapatkan peringkat 1 “Best TV Anime”, “Best Female Character”, “Best Male Character”, “Best Female Seiyuu”, “Best Male Seiyuu”, “Best Theme Song”, “Best Director”, hingga “Best Character Desaign” di Newtype Anime Awards 2019. Hasil ini merupakan hasil voting penggemar yang disebarkan melalui majalah dan voting online dari Newtype. Anime yang disertakan merupakan anime dan film anime yang mulai tayang dari Juli 2018 hingga April 2019.

Anisong Kimetsu no Yaiba yaitu “Gurenge” juga telah meraih peringkat yang mengesankan di situs unduh lagu Mora. Lagu tersebut masuk dalam peringkat pertama dari Anisong yang Paling Banyak Diunduh di tahun 2019, dan peringkat kedua dari single yang paling banyak diunduh di tahun tersebut.

Manga Kimetsu no Yaiba sendiri telah diterbitkan di Indonesia lewat penerbit ELEX Media Komputindo pada 5 Mei 2020. Komik tersebut dijual dengan sistem Pre-order disaat pandemi COVID-19 yang merebak di Indonesia.

Nawala Karsa NK Kurio