Sempat tanpa kepastian, akhirnya distributor film ODEX resmi mengumumkan bahwa mereka akan menayangkan film anime Kimetsu no Yaiba di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Diumumkan Langsung Lewat Sosial Media

film anime kimetsu no yaiba
FOTO: @odex_id

Hal tersebut diungkapkan ODEX melalui platform media sosialnya, salah satunya Instagram ODEX. Pengumuman tersebut diumumkan pada hari Sabtu (9/5) malam kemarin, dan diumumkan di seluruh media sosial ODEX di Asia Tenggara.

Meskipun demikian, belum ada tanggal yang pasti terkait perilisan film Kimetsu no Yaiba: Mugen Train, termasuk di Indonesia.

ODEX Private Ltd merupakan perusahaan distribusi film dan animasi yang berbasis di Singapura. Perusahaan distribusi film tersebut memiliki tujuan untuk menghadirkan konten anime yang berkualitas kepada publik, serta melindungi hak lisensor di Jepang.

Hak Tayang Kimetsu no Yaiba: Mugen Train Sempat Diambil Feat Pictures

film anime kimetsu no yaiba
FOTO: @featpictures

Sebelum resmi diambil oleh ODEX, hak tayang Kimetsu no Yaiba: Mugen Train sempat hendak diboyong oleh distributor film independen asal Indonesia, yakni Feat Pictures. Hal tersebut pertama kali menguat berkat voting yang diadakan di Twitter distributor tersebut.

Cuitan tersebut mendapatkan respon yang sangat antusias dari penggemar Jejepangan. Setidaknya terdapat 1.815 orang yang telah melakukan voting, dengan hasil 92.2 persen menyatakan “Beli”, dan 7.8 persen menyatakan “Jangan Beli”.

“Saya akan beli seberapa harganya itu nanti saya akan nonton sepuas mungkin mau beberapa kli diulang gpp yng penting sy bisa nonton demon slayernya dibioskop ato dimana mungkin,” ujar netizen @natsumichan051 saat menanggapi voting tersebut.

“Jgnkan beli woy gw bakal nonton 3x minimal. Gila ini anime kaga ada lawan, anime nomer satu di tahun ini,” ujar netizen @mochnintanga.

Kendati demikian, Feat Pictures tidak menanggapi voting itu kembali, dan ODEX yang kini akan menayangkan film anime Kimetsu no Yaiba: Mugen Train tersebut di Asia Tenggara.

Sinopsis Kimetsu no Yaiba: Mugen Train

film anime kimetsu no yaiba mugen train
FOTO: Ufotable, Aniplex

Dikutip dari Aniplex Amerika, film Kimetsu no Yaiba: Mugen Train kembali menceritakan tentang Tanjiro dan kawan-kawannya yang telah selesai melakukan latihan rehabilitasi di Butterfly Mansion. Tanjiro dan yang lainnya kini mendapat misi baru, yakni di Mugen Train dimana lebih dari 40 orang telah menghilang disana dalam waktu yang cukup singkat.

Dalam Mugen Train, Tanjiro, Nezuko, serta Zenitsu dan Inosuke menggabungkan kekuatan dengan pendekar pedang dari afiliasi Demon Slayer, yakni Hashira Kyojuro Rengoku, guna membasmi para setan yang berada dalam Mugen Train tersebut.

Tentang Kimetsu no Yaiba

menjiplak kimetsu no yaiba

Kimetsu no Yaiba, atau juga yang dikenal dengan judul Demon Slayer, merupakan seri manga karangan Koyoharu Gotouge. Manga ini pertama kali diserialisasikan pada 15 Febuari 2019, di majalah mingguan Shonen Jump milik Shueisha. Di Jepang, manga ini sudah diterbitkan hingga jilid ke-17 dan masih bersambung.

Manga ini juga sudah mendapatkan adaptasi serial TV Anime yang tayang pada musim penayangan Spring 2019. Adaptasi serial tv anime ini mendapat jatah 26 episode. Anime ini dibintangi oleh Akari Kito, Natsuki Hanae, Yoshitsugu Matsuoka dan masih banyak lagi.

Anime ini sangatlah populer di kalangan penggemar anime. Pasalnya, anime ini mendapatkan peringkat 1 “Best TV Anime”, “Best Female Character”, “Best Male Character”, “Best Female Seiyuu”, “Best Male Seiyuu”, “Best Theme Song”, “Best Director”, hingga “Best Character Desaign” di Newtype Anime Awards 2019. Hasil ini merupakan hasil voting penggemar yang disebarkan melalui majalah dan voting online dari Newtype. Anime yang disertakan merupakan anime dan film anime yang mulai tayang dari Juli 2018 hingga April 2019.

Anisong Kimetsu no Yaiba yaitu “Gurenge” juga telah meraih peringkat yang mengesankan di situs unduh lagu Mora. Lagu tersebut masuk dalam peringkat pertama dari Anisong yang Paling Banyak Diunduh di tahun 2019, dan peringkat kedua dari single yang paling banyak diunduh di tahun tersebut.

Manga Kimetsu no Yaiba sendiri telah diterbitkan di Indonesia lewat penerbit ELEX Media Komputindo pada 5 Mei 2020. Komik tersebut dijual dengan sistem Pre-order disaat pandemi COVID-19 yang merebak di Indonesia.

Nawala Karsa NK Kurio