Quantcast

Beranda » spam detection » Fakta Menarik Tentang Terbitnya The Promised Neverland dari Elex Media

Fakta Menarik Tentang Terbitnya The Promised Neverland dari Elex Media

Pada Rabu, 26 Juni 2019, pihak Elex Media membagikan detail terbaru dari judul The Promised Neverland. Sebelumnya kami sudah mengkonfirmasi bahwa judul ini akan diterbitkan oleh Elex Media. Bahkan kami juga sempat mewawancari salah satu editor tentang judul ini sebelum pengumuman resminya keluar. Ternyata, saat ini edisi Indonesia-nya sudah siap cetak dan dikabarkan akan diterbitkan pada jadwal 3 Juli 2019. Hal ini kami kabarkan dari informasi yang diberikan melalui akun Twitter resmi dari Editor Elex Media.

Tapi, ternyata ada beberapa fakta mengejutkan yang berhasil kita ketahui setelah tweet ini muncul. Apa sajakah itu, berikut fakta menarik yang bisa diperhatikan serta klarifikasi dari pihak Elex Media;

Dicetak Reguler

Ternyata, judul ini tersedia dengan edisi reguler. Apa itu edisi reguler? Edisi reguler adalah sebutan untuk edisi cetak komik penerbit Gramedia, yang komiknya dicetak dengan kertas koran. Sedangkan edisi yang semi-premium adalah edisi cetak, di mana komiknya dicetak dengan bookpaper. Kadang edisi ini juga disebut premium. Harga dan kualitas edisi ini tentu sangatlah berbeda. Contoh edisi semi-premium bisa kamu lihat di komik Black Clover milik Elex Media, My Hero Academi milik m&c! dan masih banyak lainnya.

Hal ini cukup disayangkan fans, tapi ada juga fans yang merasa lega karena harganya menjadi tidak terlalu membuat dompet semakin tipis. Banyak fans yang mengira komik ini akan diterbitkan secara semi-premium. Melihat judul dari Majalah Mingguan Shonen Jump sebelumnya, Black Clover, dan judul Shonen Jump lainnya, Boruto dan Dragon Ball Super diterbitkan semi-premium.

Diterbitkan Dengan Logo Elex Media Bukan Level Comics

Ternyata tidak hanya harganya yang mengejutkan, tapi ternyata juga diterbitkan dengan logo apa. Komik ini diterbitkan dengan logo Elex Media. Keputusan untuk memasukan judul ini ke Elex Media Komputindo pun juga dikomentari fans, karena dirasa tema komik ini juga sudah cocok untuk memasuki bagian Level Comics, katanya. Level Comics adalah bagian komik dewasa dari Elex Media Komputindo.

Di Amerika, label usia untuk judul ini adalah ‘Teen Plus‘. Keterangan tentang label usia label Teen Plus bisa kamu lihat di sini. Label ini memang hal yang sangatlah subyektif, tapi di beberapa negara yang budayanya dirasa kurang cocok dengan negara Indonesia. Bahkan paling kecil label usia yang diberikan adalah ‘PG untuk beberapa episode’ untuk adaptasi animenya yang ditayangkan di Amerika.

Klarifikasi dari Pihak Elex Media Komputindo

Sebelum artikel ini selesai disusun, kami pun meminta klarifikasi pihak Elex Media Komputindo tentang terbitan The Promised Neverland ini. Pertama, mengenai harga / edisi cetak komik terkait. Hal ini mereka putuskan untuk mengurangi protes komik yang ‘terlalu mahal’ dari para pembaca. Memang harganya hampir 2 kali lipat dari harga komik reguler jika diterbitkan secara semi-premium. Kedua, tentang label penerbitnya. Jika diterbitkan dengan logo Level Comics, ukuran dan harganya akan semakin mahal. Sebisa mungkin digunakan logo Elex Media agar bisa menekan harga. Dengan demikian, di jilid kedua nantinya label umur akan diganti menjadi 15+.

Itu saja beberapa fakta menarik yang kami bisa bahas dan diklarifikasikan untuk saat ini. Jangan sampai ketinggalan untuk membeli komik ini di toko buku terdekat atau toko online yang tersedia. Komik ini sudah ada untuk jadwal terbit 3 Juli 2019. Kamu bisa membelinya dengan harga 25.000 Rupiah.

 

Loading...