Eiga Dorobou Kembali Merajalela di Jepang Setelah “Disekap” 6 Tahun

Seno Triadi
eiga dorobou Jepang

Industri perfilman bioskop Jepang kembali terancam pembajakan lagi dikarenakan Eiga Dorobou akhirnya berkeliaran lagi setelah enam tahun lamanya “disekap”. Namun, Ia tak sendirian lantaran ada Pak Polisi terus mengejar kemanapun Pak Kamera berlari!

Eiga Dorobou Kembali Setelah “Disekap” 6 Tahun!

Dilansir dari Nikkan Sports via SoraNews24, Eiga Dorobou (Movie Thief) kembali beraksi di Jepang setelah “ditahan” selama enam tahun lamanya. Kali ini, Ia memiliki banyak aksi lainnya tidak hanya kucing-kucingan dengan seorang polisi anti pembajakan.

Promosi kembalinya Movie Thief pun diumumkan di media sosial Twitter-nya, yang menceritakan bagaimana Ia bisa lepas dari tahanan polisi. Hingga artikel ini diangkat, cuitan tersebut menuai lebih dari 73.000 retweet dan komentar, beserta lebih dari 140.000 likes sejak cuplikannya diunggah 17 Juli kemarin.

Mengenai Eiga Dorobou yang Baru Kembali di Jepang!

Menurut salah satu bank meme untuk komunitas pecinta meme, Know Your Meme, Eiga Dorobou adalah salah satu maskot untuk kampanye pemerintah dalam promosikan anti pembajakan film. 

Dinamakan, “NO MORE Eiga Dorobou (NO MORE 映画泥棒)”, kampanye tersebut diluncurkan pada tahun 2007 oleh komite “Let’s Go to the Movie Theater,” bentukan berbagai organisasi industri film Jepang. Cuplikan iklan tersebut berisikan sebuah video pendek tentang peringatan akan merekam film di dalam bioskop. 

Ciri khas daripada video tersebut adalah seorang maskot yang secara resmi disebut Camera Otoko (Pak Kamera) menggunakan camcoder, dan merekam film secara ilegal sambil menari-nari saat filmnya berlangsung. Dari situ, penggemar pop kultur menamakannya Eiga Dorobou (Movie Thief) karena perbuatannya.

Tahun 2010, kampanye Eiga Dorobou pun kedatangan tokoh terbaru, yaitu seorang polisi atau disebut sebagai Patorampu Otoko (Pak Polisi). Pak Polisi berperan dalam mengejar dan menangkap Pak Kamera kala kegep melakukan aksi ilegalnya tersebut. 

Mulai dari situ, setiap kali sebelum filmnya dimulai di bioskop Jepang, iklan layanan masyarakat tersebut selalu ditayangkan dengan menggambarkan aksi keduanya untuk beritahukan penonton agar tidak membajak film yang ditonton secara ilegal.

Sudah Menjadi Meme, Ada Mainannya Pula!

eiga dorobou kembali dan pak polisi cosplay c94

Popularitas dari kampanye tersebut menumbuhkan banyak pernak pernik tersendiri hingga beberapa rela meng-cosplay di setiap event pop kultur sekalipun. Sebagai contoh, Bandai pada 2014 merilis action figure yang didedikasikan untuk dua karakter Eiga Dorobou, yaitu Pak Kamera dan Pak Polisi.  Setiap figure toko tersebut dibanderol oleh Bandai sebesar 3240 Yen untuk satu unitnya.