Jepang menyatakan negara dalam keadaan darurat pandemi virus corona (COVID-19) 7 April lalu secara resmi. Situasi darurat tersebut berpengaruh signifikan pada beberapa event pop kultur yang sudah direncanakan beberapa bulan sebelumnya.

Darurat COVID-19 Jepang Sudah Diumumkan!

covid-19 darurat jepang PM abe

Pada 7 April lalu, Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, mengumumkan status gawat darurat pada tujuh prefektur di Jepang. Melansir dari NHK, daerah yang terdampak besar COVID-19 meliputi Tokyo, Kanagawa, Saitama, Chiba, Osaka, Hyogo, dan Fukuoka. Situasi darurat tersebut akan tetap diawasi hingga 6 Mei jika kondisi sudah dapat terkendali.

Deklarasi diatas diambil setelah rapat konsultasi dengan gugus tugas COVID-19 Jepang dan para ahli jika perlu dilakukan pembatasan sosial.

PM Abe mengatakan bahwa langkah tersebut akan berakibat sangat masif bagi perekonomian Jepang secara keseluruhan begitu juga dengan masyarakatnya. Ia juga menyatakan bahwa tidak ada langkah lockdown diambil agar roda perekonomian negara tetap berjalan.

Pernyataan gawat darurat berakibat besar juga di ranah industri pop kultur Jepang, terutama di bidang anime, manga dan mobile game.

OreGaIru Musim Ketiga Kena Reschedule!

Akun Twitter resmi dari anime Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru (My Youth Romantic Comedy is Wrong, As I Expected, OreGaIru) mengumumkan akan menunda penyiarannya di Jepang.

Dari pernyataan resmi tertulis dalam cuitannya, pihak produksi memilih untuk meningkatkan kualitas animenya ketimbang ditayang pada musim semi ini. Pengumuman serupa juga dikeluarkan oleh Wataru Watari, penulis novelnya sendiri. Belum dipastikan kapan pemindahan jadwal ini terungkap kepada publik terhadap musim ketiga ini.

No Guns Life Musim Kedua Ditunda!

Situs resmi anime No Guns Life mengumumkan penundaan penayangan anime musim keduanya menyusul pandemi COVID-19 di Jepang. Hingga saat ini, belum ada konfirmasi resmi tentang jadwal baru untuk penayangan perdana musim keduanya. Anime ini seharusnya ditayangkan pada hari ini pukul 01:58 pagi waktu Jepang di beberapa stasiun TV Jepang.

Penjualan Blu-ray untuk anime No Guns Life juga terkendala pada volume ketiga dan keempat. Staf resmi mengemukakan bahwa jadwal rilis Blu-ray terkini akan diumumkan bersamaan dengan jadwal baru musim keduanya. Penundaan ini juga mempengaruhi jadwal streaming dari Muse Asia, yang memegang hak lisensi dari anime tersebut.

Kouhaku Uta Gassen Versi Seiyuu Ditunda!

Senin lalu, pihak resmi Seiyuu Kouhaku Uta Gassen membatalkan acara tahunan tersebut. Acara ini seharusnya digelar pada 2 Mei ini di Pacifico Yokohama National Convention Hall, kemudian dibatalkan secara sepihak atas alasan mengikuti himbauan dari pemerintah Jepang seiring pandemi virus corona.

Acara adu nyanyi Kouhaku Uta Gassen ini terbilang istimewa setelah salah satu seiyuu veteran, Jouji Nakata, mengusulkan adanya konten bakat menyanyi mengadu dengan para pengisi suara Jepang. Pertama kali digelar pada 2019, Seiyuu Kouhaku Uta Gassen menghadirkan jajaran seiyuu papan atas terkenal di dalam pop kultur jejepangan.

Majalah Weekly Shonen Jump Libur Dulu Menyusul Darurat COVID-19 Jepang!

Penerbit Shueisha mengumumkan dalam Twitter editor Weekly Shonen Jump-nya bahwa majalah tersebut akan menunda penerbitannya minggu depan.

Hal ini berkaitan dengan salah satu karyawan di divisi editorialnya terkonfirmasi positif virus corona seminggu lalu. Pihak penerbit mengatakan bahwa karyawan tersebut tidak diletakkan pada jabatan posisi yang mengharuskan kontak dengan para mangaka Jump disana.

Atas insiden tersebut, Shueisha memerintahkan untuk melakukan kerja remote mulai Senin lalu. Divisi editorial majalah tersebut menghentikan pekerjaannya untuk sementara waktu agar menekan resiko tertular virus corona di lingkungan kantor Jump sendiri.

Weekly Shonen Jump akan terbit lagi dengan format double-issue, untuk jilid ke-21 dan 22 sekaligus pada 27 April dua minggu kedepan.

Granblue Fantasy Masih Online, Tetap akan Memonitor Kinerjanya

covid-19 jepang gbf

Cygames, selaku pengembang utama dari gim browser Granblue Fantasy, menyatakan akan meningkatkan protokol keselamatan dan merombak pengoperasian seiring dengan darurat COVID-19 di Jepang.

Beberapa event dalam gim akan terkena reschedule, atau pemindahan jadwal, dan berpotensi akan tertunda nantinya. Tanggal event terbaru akan tetap diumumkan di Twitter resmi mereka, bersamaan dengan informasi lainnya yang berkaitan.

Event Penayangan OVA OreSuki Dibatalkan!

covid-19 darurat jepang oresuki

Event spesial dan penayangan khusus OVA Ore wo Suki Nano wa Omae Dake ka yo (OreSuki, Are you the only one who loves me?) dibatalkan, tulis situs resmi dari anime tersebut. OVA dari OreSuki seharusnya ditayangkan pada 23 Mei mendatang setelah diumumkan pada anime musim pertamanya yang berakhir tahun lalu.

Pihak penyelenggara event tersebut mengatakan akan pentingnya kesehatan pengunjung di kala pandemi virus corona berlangsung. Mereka juga menanggalkan periode refund bagi mereka yang terlanjut membeli tiketnya, mulai 11 April hingga 17 Mei mendatang.

Nawala Karsa NK Kurio