Akhirnya, Blade & Soul Revolution sudah hadir di Indonesia dengan format smartphone oleh Netmarble! Bagaimana gimnya yang sudah ditunggu banyak penggemar Blade & Soul ini yang bahkan ditanggapi respons sangat positif di Korea Selatan dan Jepang ini?

Gameplay Asli Blade & Soul, Tapi Lebih Asyik!

Review Game Blade & Soul Revolution Netmarble

Blade & Soul Revolution (BNSR) merupakan mobile game diangkat dari gim MMORPG Blade & Soul yang dirilis untuk media PC. Gim yang diprakarsai tahun 2012 oleh NCSOFT, pengembang gim terbesar di Korea, diangkat menuju versi smartphone oleh Netmarble untuk dirilis di seluruh dunia.

Kontrol daripada BNSR ini terlihat berbeda karena disesuaikan dengan versi ponselnya. Pada mekanisme pertempuran, Kamu disajikan dengan beberapa tombol aksi dan jurus yang bisa NawaReaders keluarkan.

Dengan penyederhanaan mekanisme gameplay yang diadaptasi dari versi PC-nya tersebut, membuat para player lebih leluasa untuk memainkan gimnya tanpa mengurangi faktor daya tarik dari gim ini.

Blade & Soul Revolution Memberikan Fitur Customize Karakter Favorit atau Waifu-mu!

Review Game Blade & Soul Revolution Netmarble

Selama Kamu memilih ras dan kelas karaktermu, Kamu dapat mengatur secara persis bentuk tubuh dan wajah dari karaktermu. Pada pembuatan karakter, Kamu dapat memastikan beberapa anggota tubuh karaktermu sesuai yang Kamu inginkan. Mulai dari kepala hingga kaki, Kamu bisa atur sesuka hati hingga Kamu puas akan karaktermu yang dibuat.

Pembuatannya dibagi menjadi empat ras terdiri dari ras Gon, Jin, Yun dan Lyn, dan tersedia empat kelas pendekarnya; yaitu Blade Master, Force Master, Kungfu Master dan Destroyer. Satu server game hanya bisa memuat satu karakter, namun dapat ditambah jika Kamu membeli slot karakternya yang akan tersedia nanti.

Meski Mobile, Blade & Soul Revolution Memiliki Grafis Jangan Luar Biasa!

blade & soul revolution review village

Keseluruhan desain grafis dari gim tersebut terbuat dari Unreal Engine 4, sebuah game engine dipakai kebanyakan gim berstandar AAA. Kecantikan dari alam eksterior di dunia gim dan desain karakter yang mendetil membuatnya tidak kalah menarik dari versi PC-nya.

Saat NawaReaders inginkan daya grafis yang lebih ramah kepada ponselmu, Kamu dapat mengatur tingkat grafis dalam gim tersebut. Perlu diperhatikan bahwa gim ini lebih banyak memakan daya baterai yang akan cepat membuat baterai ponselmu habis, jadi manfaatkan selalu mode hemat daya, ya!

Beragam Gameplay dan Komunitas yang Komunikatif!

Review Game Blade & Soul Revolution Netmarble

Seling petualanganmu di dunia Blade & Soul Revolution ini NawaReaders dihadapkan dengan banyak tantangan untuk menjadi pendekar terkuat. Hal ini dibuktikan dengan semakin menantang mode grinding level karaktermu sehingga Kamu perlu menyusun strategi efisien mengumpulkan experience points yang cukup.

Jika dirasa sudah kuat untuk membuktikan kejagoanmu, Kamu juga bisa menantang pendekar lainnya untuk adu tanding bersamamu. Saat ini dibuka fitur PvP yang memfasilitasi seberapa kuat melawan player lainnya.

Jangan Lupa Hubungkan Akun-mu!

Kebanyakan pemain sering melupakan untuk hubungkan akun karakter gim mereka ke beberapa platform media sosial. Dalam gim ini, melakukan hal tersebut sangat mudah. Cukup menggunakan akun Facebook-mu atau Google Play sebagai alat untuk log masuk ke gim, dan hubungkan dengan akun yang Kamu pakai.

Nantinya, saat Kamu ingin memakai akun BNSR ganti ke ponsel lainnya, NawaReaders hanya tinggal menghubungkan salah satu platform diatasl. Oleh karena itu, jangan lupa untuk hubungkan akunmu daripada menyesal harus mengulangi dari awal lagi, ya!

Kesimpulan Blade & Soul Revolution

blade & soul revolution review graphics 2

Blade & Soul Revolution adalah gim ponsel yang membawakan nuansa franchise versi PC agar bisa dimainkan lebih luas oleh semua orang. Bagi penulis yang mengenal franchise-nya sejak lama, gim ini adalah remake yang tidak memerlukan pemainnya mengenal gimnya terlebih dahulu agar lebih paham cerita maupun keseruan gameplay-nya.

Dengan konten tidak kalah menarik dari versi MMORPG PC-nya, Blade & Soul Revolution adalah salah satu mobile game yang akan dikenang banyak orang sebagai gim tersukses di tahun 2020 ini. Menurut penulis, versi remake ini mendapatkan skor 4.5 untuk gim tersebut dengan gameplay yang lebih bersahabat dan grafis memukau di ponselnya, sementara pertahankan mekanisme tradisional gim aslinya.

 

Review Game Blade & Soul Revolution Netmarble

Nawala Karsa NK Kurio