Setelah Jepang menjalankan aksi new normal di negaranya, beberapa tempat-tempat umum di negeri sakura itu mulai kembail dibuka. Salah satunya di Tokyo, dimana tempat-tempat bisnis dan hiburan satu per satu kembali dibuka. Seperti bioskop Toho yang kini kembali dibuka untuk umum.

Status Siaga Coronavirus di Jepang Sudah Diangkat

Bioskop yang menampilkan deretan film-film anime di Jepang itu sebelumnya harus terpaksa ditutup akibat pandemi virus Corona. Akibatnya, beberapa film anime yang harusnya tayang tahun ini di bioskop Toho harus diundur hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Minggu lalu, Jepang mengangkat status siaga virus Corona di negaranya dan menerapkan aksi new normal. Meski demikian, pemerintah tetap memberlakukan protokol kesehatan guna mengantisipasi penyebaran virus Corona. Beberapa kantor dan tempat usaha lainnya pun juga mulai dibuka demi memperbaiki ekonomi serta kerugian yang cukup besar.

Studio Bioskop Toho di Tokyo Dibuka Kembali untuk Umum

Tak ketinggalan juga tempat-tempat hiburan yang menjadi destinasi favorit warganya, salah satunya adalah bioskop Toho. Dikutip dari crunchyroll, Bioskop Toho kembali dibuka kemarin, tepatnya pada tanggal 5 Juni. Bioskop yang sering memutarkan film anime ini sebelumnya harus ditutup akibat status siaga virus Corona.

Bioskop Toho berebcaba akan memutarkan film animasi AKIRA dengan versi resolusi 4K. Dimana seharusnya film tersebut tayang pada tanggal 3 April lalu dan harus ditunda akibat serangan COVID-19. Bioskop Toho juga menayangkan film lainnya seperti Weathering with You, Your name, Lu Over the Wall, dan Walk on Girl.

Tetap Mengaplikasikan Protokol Kesehatan

Kembali dibukanya bioskop Toho di Tokyo membuat karyawannya harus mematuhi protokol kesehatan yang diberikan. Selain berlaku untuk karyawan, protokol kesehatan juga akan diberlakukan untuk pengunjung. Hal ini dilakukan guna menghindari penyebaran virus Corona selama pandemi masih berlanjut.

Pihak bioskop Toho akan memberlakukan social distancing seperti memberi jarak pada kursi studio dan menghilangkan meja dan kursi lobby. Para pengujung juga harus wajib mengenakan masker dan akan melarang siapa saja yang tidak menggunakannya. Jam operasional bioskop pun juga akan dipersingkat, sehingga hanya akan buka sampai jam 10 malam.

Selain Toho, Bioskop-bioskop di Jepang Lainnya Ikut Dibuka Kembali

Selain bioskop Toho, bioskop lainnya seperti Cinema Sunshine dan SMT Theaters juga ikut dibuka pada tanggal 1 Juni lalu. Sama seperti bioskop Toho, mereka juga menerapkan protokol kesehatan guna menghambat penyebaran virus Corona. Film-film terbaru seperti live-action Sonic the Hedgehog juga akan tayang di bioskop Jepang pada tanggal 26 Juni nanti.

Tidak ketinggalan juga beberapa film-film terbaru lainnya yang sempat tertunda akibat pandemi virus Corona. Sebelumnya, Jepang harus menutup seluruh tempat hiburan dan kantor di negaranya akibat serangan COVID-19. Akibatnya beberapa perusahaan mengalami kerugian hingga bahkan harus terancam bankrut.

Nawala Karsa NK Kurio