Quantcast

Beranda » Kominfo » Agensi Virtual Youtuber ENTUM Akan Tutup 31 Desember 2019

Agensi Virtual Youtuber ENTUM Akan Tutup 31 Desember 2019

Melalui cuitan di akun resmi mereka di Twitter, agensi Virtual Youtuber ENTUM resmi mengumumkan bahwa mereka akan berhenti beroperasi pada tanggal 31 Desember 2019. Virtual Youtuber Hero Minamori serta Mitsu Hanano dikabarkan juga akan mengakhiri karirnya bersamaan dengan tutupnya kantor agensi tersebut.

Cuitan dari agensi ENTUM perihal penutupan kantor mereka pada bulan Desember mendatang.

Perubahan Pasar jadi Penyebabnya

Dalam situs resmi mereka, ENTUM menyebut bahwa alasan ENTUM mengakhiri aktivitas mereka sebagai suatu agensi bagi para VTuber ialah karena adanya perubahan tren dalam industri VTuber yang tak mampu mereka kendalikan.

Agensi yang serupa dengan ENTUM ini didirikan pada April tahun 2018 silam merupakan salah satu agensi terbesar yang bermain dalam pangsa Virtual Youtuber. Selain mereka, ada perusahaan Activ8 yang menaungi Kizuna Ai. Perusahaan tersebut sempat tersandung masalah pada Agustus 2019 dikarenakan, kembali lagi, perubahan tren pada pasar.

Mengacu kepada rekap kronologi penggandaan VTuber Kizuna AI sebelum diusir, oleh u/Harmonyano di Reddit, Investor Activ8 membuat laporan terkait terhadap Activ8 dan produk dari upd8. Mereka mengakui bahwa lahan Virtual YouTuber memang sedemikian suburnya dan memungkinkan seluruh profit properti intelektual hampir 100% kembali ke Activ8.

Ketika Kizuna AI diwawancarai BuzzFeed Japan pada Februari lalu, Ia menanggapi bahwa hal tersebut lumrah jika ada “AI” lain yang menghiburi netizen. Lantas, sadar akan profit, Activ8 membuat langkah baru dengan menggandakan karakter ini. Mereka menamakannya “Multiple Kizuna AI”.

Dan video pengumuman Kizuna AI yang ‘ganti suara’ ini mulai berlaku pada 25 Mei kemarin. Dan selanjutnya Vtuber ini mulai digandakan sehingga bertambah 4 avatar: AI #2, AI #3, Black AI; dan Kizuna AI untuk pemirsa di Tiongkok.

Bagaimana Nasib Mirai Akari dan Virtual Youtuber Entum Lainnya?

Mengutip dari Nawala Karsa, Mirai Akari, merupakan VTuber yang ‘kabarnya’ merupakan seorang time traveller yang dikirim ke tahun 2017 tanpa alasan konkrit. Tanpa misi yang jelas, kini ia mencoba untuk menyatukan seluruh umat manusia melalui kanal YouTube miliknya yang sudah di-subscribe sebanyak 750.000 penggemar.

Akari sendiri tergabung dalam ahensi bernama Entum, bersama dengan Nekomiya Hinata dan sejawat lainnya. Tapi pasca agensi tersebut akan ditutup, lantas bagaimana nasib dari Virtual Youtuber ‘pengelana waktu’ tersebut?

Melalui statusnya di Twitter, Mirai Akari menyebut secara singkat bahwa ia akan terus berkarya secara Independen.

Mochi Hiyoko, salah satu Virtual Youtuber dari ENTUM turut memberikan sedikit cuitan di Twitter mengenai tutupnya ENTUM. “Karena kantorku ditutup, aku akan kembali ke circle asliku,” dikutip dari cuitan tersebut.

Hero Minamori Sungguh Pensiun?

Kendati dikabarkan bahwa Hero Minamori akan turut serta ‘mati’ bersama ENTUM, ia merespon bahwa ia saat ini belum pensiun. Minamori, dalam keadaan ‘gemetar’, menulis dua cuitan terkait tutupnya ENTUM dan masa depannya sebagai Virtual Youtuber.

I knew that I had to write a proper sentence for a long time, but I couldn’t write it because of various thoughts, and I still have a tremendous hand trembling, so I can’t do anything slowly. Please let me write a sentence. I’m not retired today!

Kendati demikian, belum ada kepastian apakah ia akan pensiun karena urusan kontrak atau bebarengan dengan ENTUM. Dalam sejumlah balasan dalam cuitan tersebut, ia bahkan meminta para penggemarnya untuk menunggu waktu yang tepat.

Adapun salah satu virtual youtuber yang belum memberikan tanggapan adalah Mitsu Hanano, yang merupakan virtual youtuber berperawakan seperti oneesan. Tak mengherankan apabila Mitsu Hanano dinyatakan akan pensiun bersamaan dengan tutupnya ENTUM, hal tersebut dibuktikan dengan tidak adanya aktivitas terbaru dari Twitter VTuber tersebut.

Loading...