Quantcast

Beranda » 5 Tips dan Trik Bermain Mobage Gacha Jepang Sebagai Pemain Free-to-Play!

5 Tips dan Trik Bermain Mobage Gacha Jepang Sebagai Pemain Free-to-Play!

Farming, farming, grinding, gacha waifu/husbando, diulang lagi, begitu terus siklusnya. Ini tips bermain mobage gacha buat para pemain Free-to-Play!

Bermain mobile games gacha atau disingkat mobage gacha dari Jepang sangatlah menyenangkan. Apalagi dengan berbagai godaan yang bisa membuat ketagihan, seperti gameplaystory dan paling penting adalah gacha waifu dan husbando favorit. Pada kali ini, saya memiliki tips dan trik bermain mobage gacha Jepang sebagai pemain Free-to-Play alias main secara gratis (tidak termasuk beli kuota internet).

Seperti apa tips bermain mobage gacha Jepang sebagai pemain yang hanya mengandalkan Free-to-Play? Yuk, kita cari tahu bersama!

Kenali Gameplay dan Fitur pada Mobage Gacha yang akan Kamu Mainkan

Sebelum kalian memainkan sebuah mobage gacha, cari tahu dulu seperti apa game tersebut. Apalagi jika game itu sudah lama rilis dan kalian baru pertama kali mencobanya. Dan seberapa tinggi kesulitan yang ada pada game yang ingin kalian mainkan.

Kalian harus perhatikan semua fitur-fitur gameplay yang ada pada game, mulai dari item, equipment dan kristal atau sejenisnya yang merupakan fungsi untuk melakukan gacha. Semua hal tersebut harus kalian pahami fungsinya agar kalian tidak salah menggunakan barang-barang tersebut terlebih pada kristal untuk gacha.

Menghitung Pendapatan Kristal Gacha yang Bisa Didapatkan Secara Gratis

Tips Trik Mobage Gacha Jepang Fate/Grand Order Granblue Fantasy Arknights

Setelah kalian mengetahui semua fitur-fitur dasar yang sudah saya jelaskan sebelumnya, tips dan trik selanjutnya adalah berkaitan dengan kristal gacha. Setiap mobage gacha Jepang pasti akan ada pemberian kristal secara gratis yang bisa didapatkan dari para pemain, seperti di game Fate/Grand Order (FGO), Granblue Fantasy (GBF) dan Arknight.

Biasanya, kristal tersebut bisa didapatkan hanya sekali dengan menyelesaikan story atau cerita, mulai dari cerita utama, cerita karakter dan cerita pada event khusus. Karena kristal ini sifatnya limited, terlebih untuk pemain Free-to-Play, perlu ada perhitungan tepat agar kalian bisa mendapatkan dan menyimpannya untuk tabungan kalian. Hal ini juga berlaku terhadap media lain pengganti gacha, seperti tiket gacha.

Untuk pemberian kristal ataupun tiket gacha dari Developer, ini harus kalian manfaatkan sebaik mungkin dan disimpan. Kenapa demikian? Karena sifatnya tidak bisa ditebak kapan waktu Developer akan memberikan kristal dan tiket kepada para pemain. Biasanya ini terjadi saat ada maintenance game atau sedang mengadakan event besar yang akan mereka selenggarakan.

Simpan dan Gunakan Kristal Gacha di Saat Kalian Membutuhkannya

Tips Trik Mobage Gacha Jepang Fate/Grand Order Granblue Fantasy Arknights

Setelah diperhitungkan pendapatan dan tabungan kristal serta tiket gacha yang dimiliki, kalian bisa menyimpan item tersebut di saat kalian membutuhkannya. Salah satu contoh umum di setiap mobage gacha Jepang adalah mengisi energi atau AP. Atau di beberapa game seperti FGO, kalian bisa menggunakan kristal tersebut untuk respawn atau mengulang kembali agar bisa mengalahkan musuh yang sulit tanpa perlu mengulang dari awal.

Karakter Waifu-Husbando atau Gameplay Wise?

Untuk gacha, kristal ataupun tiket kalian tidak harus sembarangan menggunakannya. Apalagi jika hal ini terkait pada karakter waifu/husbando yang ingin diincar. Setiap rate up gacha pada karakter dengan tingkat rarity paling tinggi, selalu ada perbincangan antara pemain mengenai “pilih karakter waifu/husbando atau gameplay wise?”.

(Source: Fate/Grand Order English Community)

Gameplay wise yang saya maksud disini adalah cara bermain dan menggunakannya. Dalam hal ini berhubungan dengan bagaimana fungsi suatu karakter dengan fitur dan skill yang dimiliki. Apakah karakter tersebut memiliki keunikan dalam semua kondisi bermain, tim ataupun memiliki gimmick tertentu. Biasanya karakter yang diminati karena gameplay wise yang bagus memiliki tier list atau urutan terbaik di setiap mobage gacha Jepang.

Jika kalian bertanya lebih baik gacha saat rate up waifu/husbando atau pilih karakter yang lebih baik dari itu? Jawaban saya adalah terserah kalian. Setiap orang memiliki cara sendiri untuk bermain, apakah itu bermain dengan karakter waifu/husbando ataupun karakter dengan tier list tertinggi. Manfaatkan sebaik mungkin apa yang kalian miliki untuk tetap fun dalam bermain mobage gacha Jepang.

Jangan Lupa Bertanya Kepada Sepuh

Tips Trik Mobage Gacha Jepang Fate/Grand Order Granblue Fantasy Arknights

Meskipun kalian sudah mengetahui semua fitur dan fungsi yang ada pada game, suatu saat kalian pasti akan mengalami kebingungan. Biasanya ini terjadi saat kalian kesulitan seperti melawan bos, membuat tim dengan karakter tertentu, farming dan grinding yang lebih efektif.

Di saat seperti ini, kalian harus rajin bertanya kepada seseorang yang sudah lama bermain dengan game yang dimainkan. Biasanya orang seperti ini kita sebut dengan Sepuh. Saya sendiri sampai saat ini sering bertanya kepada para sepuh di game FGO, GBF dan Arknight. Apalagi mengenai gameplay wise pada karakter waifu/husbando incaran saya. Jadi para sepuh ini sangat membantu sekali buat para pemain yang sedang mengalami kesulitan.

Para se-sepuh ini mudah dicari di grup sosial media seperti Facebook. Kalian bisa bergabung disana dan bertanya mengenai masalah yang sedang dialami saat bermain mobage gacha yang sedang kalian mainkan. Atau mungkin kamu bisa bertanya kepada temanmu yang merupakan sepuh di game tersebut.

Itulah tips dan trik bermain mobage gacha Jepang sebagai pemain Free-to-Play alias tidak mengeluarkan uang. Semoga penjelasan saya ini bisa membantu kalian yang tidak ingin mengeluarkan uang sama sekali. Kalian boleh saja mengeluarkan uang untuk mendapatkan karakter waifu/husbando yang kalian inginkan. Selama hal itu bisa membuat kalian senang, itu tidak masalah.

Loading...