Beranda » Pop Kultur » 5 Rekomendasi Rhythm Game yang Bisa Dimainkan di Rumah

5 Rekomendasi Rhythm Game yang Bisa Dimainkan di Rumah

Lima rekomendasi gim Rhythm dari penulis bakal bikin jarimu kejang-kejang selama di rumah!

Kangen pergi ke arcade center untuk bermain rhythm game tapi tidak bisa karena PSBB? Jangan khawatir! Kami akan memberikan 5 rekomendasi rhythm game yang dapat kalian mainkan di rumah. Yuk, cek apa saja game nya!

Muse Dash

Game ini cukup unik karena menggabungkan rhythm game dengan sedikit elemen action dimana kalian mengontrol 3 cewek cantik dan seksi (dan hampir ecchi) mengikuti ritme lagu untuk menghalau serangan dari musuh. kontrol game ini mirip seperti Taiko no Tatsujin dimana kalian akan menekan dua tombol masing-masing untuk mengarahkan karakter ke atas maupun ke bawah.

Lebih dari 48 lagu siap memanjakan telinga kalian termauk Xi- Freedom Dive, Noma – Brain Power, Sakuzyo – Destr0yer, Morimori Atsushi – MiLK, dan masih banyak lagi. Game ini dapat kalian mainkan di smartphone dan PC melalui Steam.

Beatmania IIDX Infinitas

beatmania iidx infinitas
FOTO: Beatmania

Game satu ini kerap dibanding-bandingkan dengan Osu terutama Osu Mania. Beatmania adalah rhythm game bertema simulasi DJ (Disc Jockey) dimana gimmick utamanya adalah memutar piringan hitam sembari memencet tombol untuk mengikuti ritme nya.

Berawal dari arcade, lalu sempat hadir di konsol, lalu sekarang hadir di PC. Kalian dapat memainkan game ini dengan keyboard. Jika kalian punya uang lebih, kalian dapat memainkannya dengan ASC (Arcade Style Controller). Nekomata Master, Kors K, Sampling Master MEGA, dan komposer-komposer terkenal lainnya siap menemani kalian.

Kalian dapat mengunduh game ini secara gratis di situs resmi Beatmania IIDX Infinitas. Namun, kalian harus perhatikan bahwa game ini berbasis langganan. Kalian harus membayar sekitar JPY 2160 (atau sekitar IDR 300,000) per bulan.

Sound Voltex III e-AMUSEMENT Cloud

Sound Voltex III e AMUSEMENT Cloud

Game rhythm satu ini cukup terkenal khususnya di Indonesia. Sound Voltex adalah rhythm game buatan Konami yang menonjolkan gimmick memutar knob kiri dan kanan untuk mengikuti arah laser note dari kedua sisi.

Kalau soal lagu, tenang saja karena lebih dari 100 lagu siap menemani kalian mulai dari Touhou, Vocaloid, maupun lagu original. Sama seperti Beatmania IIDX Infinitas, game ini gratis untuk diunduh dan dapat dimainkan dengan keyboard, dan tentu saja game ini juga mendukung ASC.

Fitur utama dari game ini adalah kalian bisa menghubungkan data dari PC ke arcade sehingga lagu yang kalian buka atau beli di PC maupun di arcade dapat dimainkan di kedua platform tersebut. Intinya, satu save data untuk PC dan arcade. Kalian dapat mengunduh game nya melalui situs resmi Sound Voltex.

DJ Max Respect V

DJ Max Respect V

Rekomendasi game rhythm berikutnya adalah Game asal Korea Selatan ini cukup terkenal dikalangan penggemar hampir di seluruh dunia utamanya Indonesia, Korea Selatan, dan Amerika. Kalian mungkin pernah mendengar nama ini dari event kolaborasi Girls Frontline.

Konsep game ini mirip seperti Beatmania, namun menawarkan fitur khas yakni fever dimana score dan combo kalian akan bertambah 2 – 5 kali lipat jika kalian tidak melewatkan satu note pun. DJ Max Respect V adalah game PC yang merupakan port dari game PS 4 yang berjudul DJ Max Respect dengan tambahan baru seperti fitur ladder match dan air mode.

Game ini adalah seri terbaru DJ Max setelah 9 tahun menghilang sejak DJ Max technika 3. Game ini dibuat sebagai bentuk apresiasi dan nostalgia dari seri DJ Max sebelumnya. Untuk lagu, game ini menawarkan kumpulan lagu terbaik yang diambil dari seri DJ Max terdahulu ditambah lagu original Respect.

Ada sekitar 150 lagu yang siap mendendangkan telinga kalian diantaranya ESTi – Oblivion, M2U – SIN, Sampling Master MEGA – Mulch, Peter Robinson – Sad Machine, K/DA – Pop/star, dan masih banyak lagi. Game ini dapat kalian mainkan di PC melalui Steam.

Clone Hero

Kalian kangen ama Guitar Hero? Ingin main lagu wibu di Guitar Hero? Tenang karena sekarang ada Clone Hero. Game yang dapat kalian unduh gratis ini adalah alternatif untuk Guitar Hero di PC yang mana sekarang sudah tidak ada lagi.

Kelebihan dari game ini adalah banyaknya komunitas yang rajin berkontribusi bahkan gitaris Herman Lee dari Dragonforce turut ikut meramaikan tumbuh kembangnya game ini. Karena ini game gratis, maka jangan heran jika banyak lagu-lagu yang susahnya minta ampun atau bahkan lagu meme.

Beberapa youtuber/streamer seperti Acai, UKOGMonkey, JasonParadise kerap memainkan game ini. Game ini dapat kalian mainkan dengan keyboard, gamepad controller, maupun guitar controller. Di game ini juga kalian dapat membuat chart dari lagu favorit kalian yang bisa kalian sebarkan melalui internet. Kalian juga bisa menambahkan video sesuka kalian.


Demikian 5 rekomendasi rhythm game yang bisa kalian mainkan di rumah dari kami. Jika kalian punya rekomendasi lain, silakan tulis di kolom komentar ya!

Loading...