Belakangan ini netizen berlomba-lomba memotret momen mereka membeli PlayStation 5 (PS5) lalu diunggah ke sosial media Instagram masing-masing meskipun nyatanya konsol tersebut baru resmi dirilis pada tanggal 12 November mendatang.

Namun sebaiknya netizen harus lebih jeli dan tidak mempercayai semua foto netizen yang beredar. Itu karena mungkin saja foto yang diunggah merupakan hasil edit atau filter.

Netizen Pamer Punya PlayStation 5 di Instagram

filter augmented reality playstation 5 instagram PS5 PS 5

Akun Instagram @aroneverything membuat filter untuk fitur Stories di sosial media Instagram dengan judul “PS5 BOX”. Filter tersebut berupa kardus PlayStation 5 yang dibuat dengan menggunakan teknologi Augmented Reality (AR). Hasilnya dengan membuat filter ini tampak seperti asli sehingga tidak sedikit netizen yang terkecoh.

Cara Memakai Filter

Caranya masih sama seperti Anda memakai filter di aplikasi Instagram, namun untuk satu ini, Anda harus mengetik kata “PS5 BOX” terlebih dahulu pada fitur pencarian filter, atau cukup klik di sini.

Setelah itu, pilih posisi foto yang tepat untuk menaruh kardus PlayStation 5 sesuai keinginan Anda. Misal ingin ditaruh di atas lantai, maka Anda cukup men-klik satu titik pada lantai tersebut.

Setelah diklik, Anda juga dapat mengatur ukuran kardus PlayStation 5 tersebut sesuai dengan keinginan, mau diubah menjadi ukuran kecil ataupun ukuran normal menyerupai bentuk aslinya, hingga ukuran raksasa.

Setelah dirasa sudah sesuai, Anda cukup menekan tombol bertuliskan “PS5” pada ponsel, lalu klik tombol “send to” dan “Share” untuk membagikan foto hasil jepretan Anda melalui fitur Stories.

PS5 Mendapat Restu dari Kemenkominfo

Sempat khawatir PS5 tidak dapat resmi di Indonesia karena masalah regulasi, namun kini netizen bisa bernafas lega. Itu karena Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah “merestui” peredaran konsol tersebut.

Dikutip dari Detik, melalui situs Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI), PT Sony Indonesia telah mendaftarkan lima perangkat terbarunya pada hari Senin (2/11) dimana salah satunya adalah PS5, dan dinyatakan telah lolos uji.

Kelima perangkat yang didaftarkan yaitu:

  • CFI-1018A (PS5 versi reguler)
  • CFI-1018B (PS5 versi digital)
  • CFI-ZCT1G (DualSense Wireless Controller)
  • CFI-ZWH1 (PS5 Pulse 3D wireless headset)
  • CFI-ZMR1 (PS Media remote)

Maka dari itu, sudah bisa dipastikan bahwa PS5 bisa rilis secara resmi di Indonesia, namun belum diketahui tanggal resmi perilisannya, antara tanggal 12 November atau mengikuti perilisan secara global tanggal 19 November mendatang.

Nawala Karsa NK Kurio