Dalam rangka peringatan ulang tahun ke-35 game Super Mario Bros (NES) sebagai game pertama dari seri Super Mario, Nintendo mengadakan siaran dadakan Super Mario Bros 35th Anniversary Direct melalui kanal Youtube resmi pada Kamis (3/9). Apa saja hal terkait Super Mario yang diumumkan oleh Nintendo selama siaran khusus berdurasi sekitar 16 menit ini?

Game & Watch Edisi Super Mario Bros

Game & Watch adalah konsol game handheld Nintendo yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1981 dengan layar monokrom. Kali ini, Nintendo menghadirkan kembali Game & Watch edisi khusus Super Mario Bros. 35th Anniversary yang dilengkapi dengan tiga macam game: Super Mario Bros, Super Mario Bros 2 (Lost Levels), dan Ball versi Mario.

Game & Watch edisi khusus ini memiliki warna merah marun dan emas klasik, namun perbedaannya terletak pada layarnya yang sudah diupgrade menjadi color LCD. Sebuah konsol game edisi terbatas yang patut menjadi koleksi oleh kolektor game!

Game & Watch edisi Super Mario Bros. akan dijual mulai tanggal 13 November 2020 hingga Maret 2021. Harga satu unitnya adalah 4980 yen (sekitar Rp 690.000).

Super Mario 3D World + Bowser’s Fury

super mario 3d world switch

Satu lagi game dari WiiU yang mendapatkan port ke Nintendo Switch, Super Mario 3D World. Aslinya, game ini dirilis pada tahun 2014 dan dikenal dengan kemunculan Cat Mario yang super lincah. Untuk versi Nintendo Switch, Super Mario 3D World mendapatkan update cerita terbaru yang diharapkan semakin seru. 

Super Mario 3D World + Bowser’s Fury akan dirilis pada 12 Februari 2021. Nintendo juga berencana meluncurkan figur Amiibo Cat Mario dan Cat Peach bersamaan dengan gamenya.

Super Mario Bros. 35

super mario bros 35 battle royale

Ingin mencoba bermain Super Mario Bros rasa Battle Royale? Nintendo menghadirkan Super Mario Bros. 35, sensasi bermain game Mario klasik bersama 35 orang pemain secara online!

Pemain dapat mengirimkan berbagai disrupsi ke layar pemain lain untuk menjatuhkan lawan secara cepat, juga menambahkan aturan permainan. Jadilah pemain terakhir yang bertahan supaya dinobatkan sebagai “Mario sejati”!

Untuk memainkan Super Mario Bros. 35, pemain wajib berlangganan Nintendo Switch Online. Selain itu, game edisi khusus yang bisa dimainkan secara gratis ini dibuka mulai 1 Oktober 2020 hingga 31 Maret 2021.

Super Mario All-Stars

Koleksi game Super Mario klasik mendapatkan port untuk konsol SNES sebagai Super Mario All-Stars. Terdiri atas Super Mario Bros., Super Mario Bros. 2 (Lost Levels), Super Mario Bros. USA (2), dan Super Mario Bros. 3 yang sudah disesuaikan grafiknya untuk SNES.

Super Mario All Stars akhirnya hadir di aplikasi SNES Online, eksklusif bagi yang berlangganan Nintendo Switch Online efektif 3 September 2020.

Super Mario 3D All Stars

super mario 3d all stars

Game Super Mario format tiga dimensi (3D) lintas generasi hadir dalam satu paket, Super Mario 3D All Stars. Super Mario 64 (N64), Super Mario Sunshine (Gamecube), dan Super Mario Galaxy (Wii) dapat dimainkan sekaligus dengan peningkatan resolusi di Nintendo Switch.

Super Mario 3D All Stars akan dirilis pada 18 September 2020 dalam bentuk fisik maupun digital. Akan tetapi, paket game Mario legendaris tersebut menjadi rilisan terbatas hingga akhir Maret 2021.

Mario Kart Live: Home Circuit

mario kart live banner

Setelah Lego Super Mario, kali ini Mario Kart hadir sebagai mainan interaktif bersama Nintendo Switch. Mario Kart Live: Home Circuit memungkinkan pemain membuat trek balap berdasarkan tempat di dunia nyata dan memainkannya lewat Nintendo Switch.

Set pertama mainan Mario Kart yang diluncurkan adalah Mario dan Luigi. Mario Kart Live: Home Circuit akan dirilis pada 26 Oktober 2020.

Kolaborasi Super Mario dengan Game Nintendo Lain

splatfest super mario

Game Nintendo lainnya mendapat giliran untuk berkolaborasi bersama Super Mario pada peringatan khusus ini. Super Smash Bros. Ultimate (SSBU) akan mengadakan online tournament event bertemakan Super Mario pada November – Desember 2020.

Splatoon 2 akan mengadakan Splatfest edisi “Mushroom vs Star” pada Januari 2021. Animal Crossing: New Horizons (ACNH) akan mendatangkan barang furnitur di dalam game yang bertemakan Super Mario pada Maret 2021.

Selain itu, Nintendo menghadirkan berbagai macam merchandise edisi Super Mario Bros. 35th Anniversary untuk Nintendo Store New York (NY) dan Nintendo Tokyo. Juga merchandise terbaru bertemakan Super Mario lainnya, seperti permainan papan Monopoly, jam tangan, hingga sepatu basket.

Anggota klub MyNintendo di Amerika, Eropa, dan Jepang mendapatkan kesempatan untuk mengklaim set pin koleksi edisi terbatas Super Mario Bros 35th Anniversary. Caranya, pengguna cukup mengikuti berbagai tantangan bertemakan Super Mario yang telah disediakan oleh MyNintendo.

Super Mario Bros x Hoshino Gen

Nintendo Jepang menghadirkan rangkaian iklan pendek untuk peringatan istimewa ini. Kali ini, penyanyi kondang Hoshino Gen membintangi iklan Super Mario Bros 35th Anniversary yang menampilkan Mario dari awal hingga kini.

Demikian rangkuman dari Super Mario Bros 35th Anniversary Direct. Dengan umur yang telah mencapai 35 tahun dan menjadi salah satu franchise game terpopuler, nampaknya Nintendo masih akan memberikan kejutan terbaik lainnya terkait dengan Super Mario di waktu yang akan datang. Wow!

 

Nawala Karsa NK Kurio