Pukul 7 malam WIB, Twitter resmi dari akun Yoshinori Ono, eksekutif produser untuk Street Fighter, menyatakan telah hengkang dari Capcom Jepang. Adakah alasan dibalik pengunduran dirinya tersebut?

Produser Street Fighter hengkang dari Capcom?

Eksekutif produser Yoshinori Ono, yang dikenal dengan keterlibatannya di gim Street Fighter, umumkan bahwa Ia keluar dari perusahaan tersebut. Lewat Twitter pribadi, Ia unggah pernyataan dalam dua halaman yang menginformasikan bahwa Ia sudah berhenti dari posisi eksekutif produser dalam gim tersebut.

Ono tanggapi pandemi CoVID-19 yang berdampak sekali pada panggung e-sports terutama di kancah komunitas fighting game. “Sejak Capcom Cup pada 2013, Capcom Pro Tour (CPT)  terlaksana berkat dukungan dari komunitas fighting game di seluruh dunia.”, ujar Ono.

Ia menyinggung soal format CPT tahun ini dan mengaku butuh proses panjang untuk tentukan format tersebut. “Saya mengerti banyak kritik berdatangan soal format yang akan Kami pakai untuk event ini. Namun Saya yakin bahwa upaya tersebut akan memberikan harapan agar kelangsungan tren fighting game ini tetap hidup.”, tulis Ono.

“Saya sudah di Capcom selama 30 tahun.”

Lanjut Ono, Ia mengaku telah kembangkan merek Street Fighter sejak lama berkancah di industri fighting game Jepang. Ia sangat apresiasi dukungan sekian banyak fans yang telah menyokong gimnya selama beberapa tahun ini dan telah membuatnya semakin sukses di seluruh dunia.

“Dan kini, saatnya Saya umumkan bahwa Saya mengundurkan diri dari Capcom setelah 30 tahun. Yang berarti, Saya akan meletakkan jabatan saya sebagai brand manager dari beberapa judul gim yang diusung Capcom, tidak terkecuali Street Fighter.

Produser yang dikenal sekian fans dari gim fighting tersebut yakin Capcom lanjutkan franchise-nya dan tetap meningkatkan kualitas yang sudah dibangunnya.

“Saya sudah mengontak beberapa kolega tentang pengunduran diri Saya ini, namun tidak semuanya dapat dihubungi. Oleh karena itu, Saya ingin menghaturkan salam hangat dan apresiasi bagi insan yang telah bekerja sama dengan Saya selama tiga dekade ini.”

Terakhir, Ono mengucapkan terima kasih atas para gamer pecinta franchise gim fighting, khususnya Street Fighter yang telah mendukungnya selama ini. “Saya sesalkan tidak bisa berteriak “SHORYUKEN” bersama-sama tahun ini, jadi mengakhiri pernyataan Saya, salam SHORYUKEN!!”, tutup Ono.

Mengenai Yoshinori Ono

Ia adalah produser eksekutif dan brand manager untuk beberapa waralaba franchise beberapa gim Capcom, studio pengembang gim di Jepang. Selama karirnya di perusahaan tersebut, Ia pertama kali terlibat pada Juni 1998 dalam gim Street Fighter Alpha 3. Sejak saat itu, Ia dipercayai sebagai produser untuk gim tersebut selama lebih dari 30 tahun dan melahirkan beberapa judul spin-off Street Fighter lainnya, seperti Marvel vs. Capcom: infinite.

Selain Street Fighter, beberapa judul gim yang Yoshinori Ono produseri selama berada di Capcom antara lain Breath of Fire IV, Dino Crisis 2, Monster Hunter Frontier Online, dan lain sebagainya.

Nawala Karsa NK Kurio